Trend & Panduan

Insights

Teknologi

Produk Terbaik

iPrice Deals

Fashion & Kecantikan

Gaya Hidup

Keluarga & Anak

Produk

Kupon

Trend & Panduan

Buka Yang Baik, Gak Pakai Mahal! Ikuti Tips Hemat Selama Bulan Ramadhan

09 May 2018 | Theresia Clara

Bagi sebagian orang, Ramadhan artinya menyiapkan hati dan dana yang besar. Namun, sebenarnya buka yang baik gak harus mahal, lho!

Gak terasa, sebentar lagi kaum Muslim akan menyambut Ramadhan. Jika kamu adalah salah satunya, apa kamu sudah siap? Biasanya, sebagian besar orang akan nabung jauh-jauh hari demi mempersiapkan Ramadhan. Sebagai bulan yang suci dan perayaan besar umat Islam, Ramadhan berarti menyiapkan dana tambahan untuk buka puasa, sahur, mudik, bagi-bagi uang, baju baru dan lain-lain. Dengan kata lain, bukan hanya hati yang jadi lapang, dompet pun juga lapang! Hiks!

Eits, jangan khawatir! Siapa bilang buka yang baik harus mengeluarkan banyak uang? Ramadhan yang baik gak selalunya mahal jika kamu mengikuti tips-tips hemat berikut:

Buka Puasa Bareng ala Potluck

Foto: Shutterstock

Setelah seharian puasa menahan dahaga dan lapar, saat berbuka adalah saat yang spesial. Maunya makan sekenyang-kenyangnya, mulai dari makanan pembuka hingga penutup. Minuman pun berbagai macam, seperti air putih, sirup, soda dan lain-lain. Saat buka puasa biasanya ingin melahap berbagai macam makanan dan minuman karena kelaparan. Daripada kamu boros saat berbuka, gimana kalau kamu buka puasa bareng ala potluck?

Potluck adalah kegiatan ngumpul bareng dimana setiap orang membawa makanan sendiri untuk dimakan bersama. Tradisi ini seringkali diterapkan oleh etnis Tionghoa, namun sebenarnya potluck berasal dari Inggris, lho! Dengan begini, kamu gak harus selalu buka puasa di restoran dan bisa mencicipi berbagai macam makanan atau minuman, deh! Selain itu, saat berbuka pun jadi lebih seru karena ramai. Jadi hemat, deh!

Rencanakan Mudik Jauh-jauh Hari

Foto: AturDuit

Jika kamu akan mudik, rencanakan jauh-jauh hari agar lebih hemat dan semuanya berjalan dengan lancar. Misalnya, beli tiket pesawat atau kereta beberapa bulan sebelumnya saat harganya lebih murah. Apalagi jika ada travel fair, manfaatkan kesempatan ini untuk membeli tiket perjalanan! Kamu juga bisa mengecek promo dan kupon yang tersedia online, siapa tahu ada diskon.

Bagi pengemudi mobil atau motor, cek dulu apakah kendaraanmu dalam kondisi prima. Kalau kamu lakukan dekat-dekat hari H, tahu sendiri kan? Biasanya harganya akan dinaikkan oleh si pemilik bengkel. Aduh, sakit hati gak, sih? #wajahmiris

Tips hemat Ramadhan lainnya, coba kamu tanyakan teman kampus, kantor atau tetangga yang mudiknya satu kampung atau dekat dengan kampungmu. Kamu bisa numpang, bayar sebagian uang bensin atau sewa mobil bareng.

Tabung THR untuk Ramadhan Tahun Depan

Foto: Kompas

Di Indonesia dan beberapa negara lainnya, saat Ramadhan umat Muslim yang sudah bekerja akan mendapat THR. Umumnya sih, jumlah THR dua kali lipat dari gaji sebulan. Wow, kaya mendadak! Terbayang menu buka puasa di hotel, baju baru bermerek dan lain-lain. Nah, ini dia yang bikin kamu boros saat Ramadhan!

Tips hemat ketiga adalah menabung uang THR untuk Ramadhan tahun depan. Lhoo? Tenang, gak harus semuanya, kok! Setidaknya tabunglah setengahnya. Lebih bagus lagi jika kamu punya rekening khusus yang gak kamu sentuh-sentuh untuk keadaan spesial seperti Ramadhan. Dengan begini, setiap tahun pengeluaranmu untuk Ramadhan akan terasa ringan.

Masak Sendiri dalam Jumlah Banyak

Foto: she.id

Gak dipungkiri, masak sendiri buat kamu lebih hemat. Daripada setiap hari delivery, katering atau beli makanan, gimana kalau kamu masak sendiri? Masaklah dalam jumlah banyak sekaligus, lalu simpan dalam kulkas agar bisa dimakan hingga berhari-hari. Makanan seperti rendang, ayam opor, tempe orek dan sambal goreng hati bisa tahan lama jika kamu bekukan. Selain hemat, kamu juga gak usah pusing memikirkan menu sahur setiap harinya, hehe!

Selain makanan, kamu juga bisa buat kue Ramadhan sendiri untuk buka, sahur dan saat tamu berkunjung. Jadikan ini sebagai usaha kecil-kecilan, maka kamu pun bisa mendapat pemasukan tambahan. Hemat berganda, deh!

Promo BUKA YANG BAIK, Dapat Cashback Hingga 500 Ribu

Mau shopping? Catat dulu barang apa saja yang mau kamu beli, lalu mulailah berburu voucher, diskon dan promo! Ramadhan kali ini, Bukalapak menyediakan promo khusus BUKA YANG BAIK, yaitu cashback hingga 500 ribu rupiah untuk semua barang!

Benar, kamu gak salah baca! Barang apa saja yang ada dalam daftar shopping-mu, jika kamu shopping di Bukalapak maka bisa dapat cashback alias uang hingga 500 ribu rupiah. Sebagai catatan tambahan, ketentuan ini hanya untuk satu orang. Misalnya kamu punya banyak anggota keluarga dan sebuah daftar shopping yang panjang. Setiap anggota keluarga bisa belanja 6 kali sehari dengan voucher “BUKAYANGBAIK”. Jadi hemat, kan?

Klik ini untuk keterangan selanjutnya mengenai promo BUKA YANG BAIK

Raih Kebaikan Berlimpah di Bulan Ramadhan

Raih kebaikan berlimpah di bulan baik, cuma di Bukalapak! Daftar belanjamu tidak panjang? Tenang saja, kamu masih bisa mendapat cashback hingga 200 ribu rupiah hanya dengan belanja 2 kali sehari - dengan kode voucher "MAKINBAIK".

Klik ini untuk keterangan selanjutnya mengenai promo MAKIN BAIK

Gimana, bro dan sis? Jangan lupa di-bookmark atau “pin” halaman promo Bukalapak ini, ya! Selamat menyambut Ramadhan!

Komentar Pengguna