Trend & Panduan

Dari Bioskop ke Rumah, Ini Alasan Mengapa Popcorn Pantas Menjadi Cemilan Rumahan

20 October 2017 | Theresia Clara

Banyak orang hanya makan popcorn ketika di bioskop, tapi tahukah Anda bahwa cemilan ini sebenarnya menyehatkan?

Setiap bulan pasti ada banyak film bioskop yang bagus. Bulan ini, para moviegoers dimanjakan dengan kehadiran Pengabdi Setan, “mother!”, “Kingsman: The Golden Circle” dan “Thor: Ragnarok”. Entah film bagus apa lagi yang akan datang bulan depan. Nonton bioskop terasa tidak afdol tanpa cemilan ikonik yang gurih, yaitu popcorn! Apakah Anda suka makan popcorn setiap kali nonton bioskop? Jika iya, mengapa Anda tidak makan popcorn di rumah? Cemilan bioskop ini ternyata sangat menyehatkan, lho!

Pada dasarnya, popcorn adalah cemilan sehat yang kaya akan biji-bijian penuh, serat dan antioksidan. Bahkan, popcorn mengandung protein yang lebih tinggi dari telur dan bayam! Banyak orang Indonesia tidak menyadari hal ini karena popcorn yang biasa mereka makan di bioskop sangat manis atau asin. Jika Anda memiliki mesin popcorn di rumah, Anda dapat menciptakan popcorn yang menyehatkan dan sesuai selera. Misalnya, menggunakan mentega rendah lemak atau dark chocolate lumer sebagai dressing, lada hitam tumbuk, keju parmesan, rumput laut atau dimakan begitu saja.

Ada banyak alasan mengapa Anda harus menjadikan popcorn sebagai cemilan rumahan. Selain menyehatkan, popcorn tidak lengket di tangan sehingga resiko mengotori majalah, meja, laptop dan sekitar lebih rendah. Popcorn juga gluten free serta dapat meredam rasa lapar diantara jam makan karena mengandung kadar udara yang tinggi. Yang lebih menarik lagi, popcorn juga sangat murah! Misalnya, mesin popcorn rumahan berkisar antara 200-500 ribu rupiah. Anda dapat membuat popcorn sebanyak apapun, kapanpun dan dimanapun. Sementara itu, satu kantong popcorn microwave harganya sudah 50 ribu rupiah!

Pada dasarnya, popcorn adalah cemilan sehat yang kaya akan biji-bijian penuh, serat dan antioksidan.

Apakah popcorn microwave dan popcorn yang dihasilkan mesin popcorn sama? Tentu tidak! Popcorn microwave diciptakan dengan bahan pengawet, minyak jenuh dan bahan-bahan berbahaya lainnya sehingga membuat popcorn tersebut berkalori tinggi dan tidak menyehatkan. Apalagi jika popcorn microwave yang berasa keju, cokelat atau caramel. Bisa dibayangkan betapa manisnya popcorn tersebut!

Berdasarkan penelitian, popcorn microwave adalah cemilan berbahaya karena bahan kimia yang menempel pada kantongnya dapat menyebabkan kanker. Selain itu, beberapa merek popcorn microwave menggunakan perasa buatan yang tidak jelas asal-usulnya. Bahkan, telah ada kasus seseorang yang sering ngemil popcorn microwave mengalami penyakit paru-paru karena sering menghidu bahan kimia yang dihasilkan cemilan tersebut!

Jika Anda adalah pencinta popcorn, Anda juga bisa memiliki mesin popcorn berukuran besar seperti yang ada di bioskop atau festival. Mesin popcorn jumbo ini akan memeriahkan pesta dan acara-acara lainnya. Jika sedang tidak ada pesta, Anda bisa membuka usaha berjualan popcorn deh, hehe! Nah, kapan Anda mau mulai ngemil popcorn di rumah?

Komentar Pengguna