Trend & Panduan

Insights

Teknologi

Produk Terbaik

iPrice Deals

Fashion & Kecantikan

Gaya Hidup

Keluarga & Anak

Produk

Kupon

Trend & Panduan

Ide Hadiah Selain THR untuk Asisten Rumah Tangga, Dijamin Anti Canggung!

28 May 2018 | Theresia Clara

Mereka adalah orang yang membuat kegiatan sehari-hari lebih nyaman dan lancar. Tahun ini, kamu bisa membuat Ramadhan mereka lebih bermakna.

Selain jumlah pulau yang beribu-ribu, Indonesia juga memiliki jumlah penduduk yang sangat besar. Tidak semuanya beruntung bisa sekolah atau mendapat pekerjaan di kantor. Untungnya, orang Indonesia kreatif dan rajin sehingga terciptalah berbagai macam lapangan pekerjaan – dari yang umum hingga unik!

Misalnya ball boy yaitu orang yang bertugas memungut bola, bisa disewa di klub-klub kebugaran. Pada umumnya, ball boy atau ball girls hanya ada di pertandingan olahraga, lho! Lalu, ada juga yang menciptakan usaha Gokil alias tukang gosok keliling. Sebagian orang memillih bekerja sebagai pembantu, baik lokal maupun internasional. #mbakani #adamlevine

Foto: Republika

Meskipun pembantu bukanlah pegawai kantoran, tapi mereka juga berhak mendapat THR, lho! Hal ini tertuang dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 2 Tahun 2015 tentang Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (PPRT). Menurut saya, pembantu wujud dalam bentuk apa pun. Misalnya tukang kebun, tukang urut langganan, pembantu di tempat kos dan kakak tukang bersih-bersih di kantor.

Sekarang sudah memasuki pertengahan bulan Ramadhan, nih, guys! Apa kamu memiliki pembantu di rumah? Atau, posisimu bukanlah majikan tapi memiliki seseorang yang senantiasa membantumu? Jika canggung memberikan uang, yuk intip ide hadiah pengganti THR berikut! Psst, kamu juga bisa patungan, lho!

HP Baru yang Lebih Canggih dan Dipilih Online

Foto: Pickaboo Blog

Ide ini muncul saat pembantu part time di rumah saya cerita, dulu HP jadulnya rusak lalu dibelikan HP baru oleh Nyonya A. Sayangnya, saat akan dibelikan HP baru dia tidak masuk kerja sehingga akhirnya dibelikan model yang sama. “Coba waktu itu saya masuk, saya mau pilih model lain yang lebih canggih. Yang bisa internetan.”

Nah, coba deh kamu intip HP yang dipakai oleh pembantumu. Apakah HP tersebut model basic, layarnya sudah retak atau tidak layak pakai? Jika iya, kamu bisa menawarkan membelikan HP baru yang lebih canggih. Kalian bisa memilih handphone bersama-sama secara online. Dengan begini, tidak buang-buang waktu dan bisa membandingkan harga, deh! Agar tidak tekor, dari awal sebutkan budget-mu.

Beberapa handphone canggih antara 600 ribu-1,9 jutaan rupiah adalah Xiaomi Mi4i, ASUS ZenFone 2 (ZE550ML), OPPO F1S, Smartfren Andromax A dan Samsung J7 (2017).

vivo
Y71
Dari Rp 1.599.000 Vivo Y71 Smartphone - Black [16Gb/ 2Gb] merupakan smartphone yang mengandalkan capture fun moment, yang memungkinkan Anda untuk mengabadikan setiap momen berharga dalam hari-hari anda. Perangkat yang hadir dengan design ukuran body smartphone yang lebih ramping, menambah nilai elegan untuk anda saat menggunakannya. Dukungan prosesor Snapdragon pada smartphone ini juga mempermudah penggunaan aplikasi agar tetap berfungsi dengan mulus dan tanpa hambatan. Kebutuhan multitasking kini dapat diakomodasi dengan lebih mudah hanya dalam genggaman tangan Anda.Hadir dengan sedikit lengkungan sehingga terlihat lebih ramping dan ringan, menjadikannya lebih nyaman digenggam. Teknologi high polymer nano-blasting terbaru, semakin elegan dan lembut disentuh. FullView Displaynya, dengan bezel yang tipis memberikan pengalaman visual tanpa batas yang mengagumkan. Y71 berukuran 6 Inci, terlihat 12.5% lebih padat, namun tetap praktis dan ringan untuk dioperasikan pada satu tangan.Vivo Y71 dilengkapi dengan kamera belakang 13Mp yang didukung dengan teknologi Pdaf, menjadikan Anda dapat mengabadikan momen dengan waktu yang singkat dan mudah. Dengan Fitur AI Face Beauty terbaru, Y71 dapat mengidentifikasi jenis kelamin, usia, warna dan tekstur kulit, kemudian diolah untuk memberikan efek yang akan terpancar alami. AI Face Beauty akan menyesuaikan kebiasaan fotografi Anda secara otomatis agar hasil selfie Anda semakin nyata dan natural. Vivo menyematkan prosesor Qualcomm Snapdragon yang kuat, menjalankan perintah komputasi lebih cepat dari perangkat lainnya. Dipadukan dengan RAM 2 GB, Anda akan menikmati performa yang lebih tangguh, menonton video maupun membuka aplikasi lebih cepat tanpa hambatan. Melakukan defragmentasi dan mengoptimalkan pemakaian memori, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan kinerja yang lambat. Dilengkapi dengan kapasitas baterai sebesar 3360 mAh, ditambah dengan OS Android 8.1 terbaru, smartphone ini akan memiliki performa pemakaian yang meningkat, namun penggunaan daya semakin efisien. Vivo smart engine terbaru, juga memiliki pengaturan daya tambahan sehingga daya tahan baterai Anda menjadi lebih lama lagi. Tentunya tidak perlu mengisi daya saat Anda sedang beraktivitas. Dilengkapi dengan memory internal ROM 16 GB.

Peralatan Rumah Tangga

Foto: Kitchen Gadgets

Peralatan rumah tangga seperti rice cooker, kipas angin, blender, setrika, mixer, dispenser, hair dryer dan kompor juga cocok diberikan sebagai pengganti THR. Selain harga yang terjangkau, peralatan rumah tangga juga bermanfaat. Jika ingin memberi rice cooker, pilihlah rice cooker yang juga bisa dipakai untuk membuat bubur, mengukus, memanaskan makanan dan lain-lain. Soal dispenser, tidak mesti dispenser listrik karena belum tentu pembantumu senang. Siapa tahu rumahnya tidak muat atau pembantu enggan memakainya karena takut tagihan listrik membengkak.

Beberapa pilihan peralatan rumah tangga lainnya pengganti THR yang bisa membuat pembantu sumringah adalah juicer, oven, popcorn maker, sandwich maker, ice cream maker, pembuat waffle dan mesin serut es. Lho, kenapa? Dengan peralatan rumah tangga ini, sang pembantu bisa membuka usaha jajanan, deh!

Laptop atau Tablet

Foto: Shutterstock

Jika pembantu tersebut masih muda atau memiliki anak yang berstatus pelajar, tentu ia akan senang mendapat laptop. Saat santai, ia bisa nonton film seri, baca berita, bayar tagihan atau belanja online lewat laptop. Anaknya pun ikut senang karena tidak perlu ke warnet setiap kali ingin mengerjakan tugas sekolah atau main internet. Selain laptop, tablet juga ide yang baik karena mudah dibawa kemana-mana. Misalnya saat mereka sedang rekreasi keluarga.

Beberapa pilihan laptop yang bisa kamu dapatkan dengan harga sejutaan rupiah adalah ASUS X54U, Dell Inspiron N4050, Dell Latitude E6230 dan Lenovo IdeaPad S215.

Klik untuk melihat pilihan laptop murah I Klik untuk melihat pilihan tablet murah

Aksesoris Sepeda Motor atau Mobil

Foto: HiConsumption

Apa pembantumu suka naik motor? Jika iya, aksesoris sepeda motor bisa jadi hadiah pengganti THR, lho! Misalnya, helm yang tersedia online dengan ragam desain, warna dan gambar. Mulai dari helm vintage, helm sporty hingga helm anak-anak bisa kamu temukan. Harga helm juga sangat terjangkau, rata-rata 100-200 ribuan rupiah saja! Agar pembantu lebih senang, biarkan ia memilih helm idaman secara online. Jika pembantumu sudah berkeluarga dan memiliki mobil pribadi, aksesoris mobil seperti GPS akan membantu saat mereka jalan-jalan.

Produk Kesehatan dan Kecantikan

Foto: spiceee.net

Tidak semua pembantu adalah ibu-ibu dan bapak-bapak. Banyak juga yang masih muda, bahkan mungkin seumur denganmu. Nah, jika pembantumu adalah wanita dan masih muda, kemungkinan besar mereka suka berdandan dan merawat tubuh. Ramadhan tahun ini, kejutkan ia dengan produk kesehatan dan kecantikan seperti makeup dan perawatan kulit.

Karena Ramadhan adalah bulan spesial, maka berikan makeup dan perawatan kulit yang berkualitas. Misalnya, kamu bisa memberikan produk Sephora, Bourjois, NYX dan Wardah. Untuk perawatan kulit, beberapa merek seperti The Body Shop, Innisfree, The Face Shop, Nivea dan Nature Republic pasti membuatnya senang. Kamu tidak perlu memberi banyak produk, utamakanlah kualitas daripada kuantitas.

Baca juga: “Selain Baju Lebaran dan Tiket Pesawat, Manfaatkan THR untuk Ini!”

Baca juga: “Beli HP HTC Baru dengan Bitcoin, Mengapa Tidak?”

Baca juga: “Album "Love Youself: Tear" Segera Rilis, Lirik Juga Koleksi BTS Ini!”

Komentar Pengguna