Trend & Panduan

Insights

Teknologi

Produk Terbaik

iPrice Deals

Fashion & Kecantikan

Gaya Hidup

Keluarga & Anak

Produk

Kupon

Trend & Panduan

7 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Mudik ke Kampung Halaman

12 June 2018 | Angga Permana

Mudik ke kampung halaman bisa menjadi hal bagai dua sisi mata uang. Seperti apakah dua sisi mata uang tersebut?

Pertama, pasti kamu akan sangat senang bisa kembali berkumpul bersama sanak saudara dan seluruh keluarga besar saat mudik ke kampung halaman. Selain itu, kamu juga bisa merayakan lebaran dengan orang-orang yang selalu kamu rindukan.

Di sisi lain, kamu mungkin akan merasa bosan jika mudik terlalu lama dan bingung untuk melakukan aktivitas yang bisa kamu kerjakan.

Buka Puasa Bersama Teman-teman Lama

Biasanya, kebanyakan orang akan mudik ke kampung halaman satu minggu sebelum lebaran tiba, nah di pertengahan waktu menjelang lebaran, kamu bisa janjian dengan teman-teman lamamu untuk mengatur waktu berbuka puasa Bersama, pasti seru tuh kumpul bareng lagi sembari mengenang kenangan di masa lalu.

Agar terlihat pangling, usahakan memilih pakaian atau baju yang sesuai dengan fashion zaman sekarang. Untuk kamu yang mengenakan jilbab, pilihlah jilbab yang sedikit bermotif agar suasana buka bersamamu lebih meriah, jangan lupa foto-foto yang banyak ya.

Membantu Ibu Membuat Kue dan Memasak Makanan Khas Lebaran

Untuk mengisi waktu menunggu lebaran tiba, membantu ibu di dapur membuat kue kering dan memasak rendang, opor dan ketupat bisa jadi hal yang menarik. Kamu pun bisa belajar langsung cara membuat opor ayam dan rendang kan.

Untuk menghasilkan rendang sapi dan opor ayam yang enak, jangan lupa juga untuk selalu melihat buku memasak atau youtube, nah kalau kamu dan keluargamu punya resep khusus keluarga, biasanya akan lebih baik.

Baca Juga: Benarkah Makanan Khas Lebaran Ini Selalu Ada di Rumahmu Saat Idul Fitri?

Menamatkan Bacaan Al-Quran

Menamatkan bacaan Al-Quran bisa menjadi salah satu hal yang sangat menyenangkan, selain mengisi waktu luangmu, juga bisa menambah pahala ibadahmu.

Membaca Al-Quran yang paling pas dan nyaman bisa kamu lakukan setelah selesai mengerjakan shalat wajib. Jadi, saat kamu masih mengenakan mukena, sarung atau peci, kamu pun siap untuk melantunkan ayat-ayat suci.

Membaca Buku Kekinian

Membaca buku kekinian pun bisa menjadi hal menarik pengusir bosan saat kamu mudik ke kampung halaman. Jika kamu senang membaca, maka pilihan buku-buku seperti buku riwayat hidup, buku drama, atau buku ilmiah bisa kamu baca sembari menambah ilmu pengetahuan.

Halal Bihalal dengan Teman-teman Lama

Halal bi halal, selain sudah menjadi tradisi tahunan setiap lebaran, juga menjadi ajang untuk bersilaturrahim yang bisa kamu lakukan untuk menjalin hubungan baik dengan teman-teman lama ataupun sanak dan saudara.

Selain di adakan di rumah, kamu pun bisa melakukan kegiatan halala bi halal di luar, seperti di mall atau di kafe dengan mengusung tema tertentu, pastinya akan sangat seru!

Eksplor Kampung Halaman

Kalau kamu banyak menghabiskan waktumu di rantau, tentunya akan ada banyak perubahan di kampung halamanmu yang belum seutuhnya kamu ketahui. Mengeksplor kampung halaman bisa jadi ide yang menyenangkan karena kamu bisa kembali mengenang masa lalu.

Baca Juga: 7 Tradisi Lebaran yang Selalu Bikin Kangen Rumah

Mempelajari Materi Pelajaran atau Melakukan Kerjaan Kantor

Nah, untuk hal yang satu ini, jika kamu memang benar-benar sudah bosan kurang kegiatan selama mudik, kamu bisa membaca kembali materi pelajaran sekolah atau melakukan pekerjaan kantor dengan memikirkan ide tertentu yang ingin kamu lakukan saat kembali ke kantor nanti.

Komentar Pengguna