Trend & Panduan

Persiapan Mudik dengan Buka yang Baik

21 May 2018 | Theresia Clara

Banyak jalan menuju kampung tercinta, tapi apa persiapanmu sudah matang? Supaya semuanya lancar, baca dulu tips-tips mudik berikut!

Bagi yang merayakan Ramadhan, pasti sudah gak sabar untuk mudik, kan? Setelah berbulan-bulan belajar dan bekerja di kota atau negara lain, akhirnya bisa menjejakkan kaki ke kampung halaman! Nah, apa saja persiapan yang sudah kamu lakukan untuk mudik? Jangan sampai hari yang kamu tunggu-tunggu jadi suram karena gak ada persiapan yang baik. Berikut adalah beberapa tips yang akan membuat mudik selancar jalan tol:

Yang Mudik Naik Mobil….

Foto: Otomotif

Jika kamu akan mudik naik mobil sendiri, pastikan kondisi mobilmu prima luar-dalam. Dari luar, misalnya apakah kaca spion oke, wiper dan lampu bekerja dengan baik, ban gak bocor atau masih ‘bergigi’. Bagi kamu yang kaca spionnya sudah bengkok karena ditabrak orang, ayo segera ganti dengan yang baru! Saat mudik, jalanan akan penuh dengan kendaraan. Jangan sampai kamu menambah macet gara-gara nabrak mobil orang lain.

Selanjutnya, coba jalankan wiper, apa masih lancar atau harus diganti. Wiper juga penting untuk keselamatan, siapa tahu pas mudik tiba-tiba hujan. Lampu mobil juga harus kamu periksa. Jika lampu mobilmu terlalu terang, segera ganti agar gak menganggu pengendara lain. Sama halnya dengan lampu mobil yang mati, jangan lupa diganti, ya! Kalau ban mobilmu masih oke, cek juga tekanannya. Tekanan ban yang baik sekitar 30-34 psi.

Dari dalam, periksalah tanggal penggantian oli dan cek volume oli mobilmu apakah masih cukup. Caranya, kamu bisa memeriksa level pada stik oli. Volume oli yang baik berada di antara garis L dan F. Setelah memeriksa oli, periksa juga air radiator, filter, selang bensin, baterai, saringan udara, AC, rem dan timing belt.

Ah, ribet, ya? Gampang, bawa saja mobilmu ke bengkel untuk dipersika! Beres, kan? Hehe! Oh ya, satu lagi. Jangan lupa siapkan persediaan makanan, minuman dan musik supaya gak kelaparan dan bosan saat macet. Aksesoris mobil seperti GPS juga akan membantu karena gak membuat baterai HP cepat habis.

Yang Mudik Naik Motor…

Foto: Biker and Bike

Nah, yang mudik naik motor juga sama, harus memeriksa kondisi motor luar-dalam. Hal-hal utama yang harus kamu cek adalah kondisi fender, rem, roda, lampu, klakson, knalpot, suspensi, kaca spion, kemudi, speedometer dan plat nomor. Jika mau beres dalam sekejap, bawa saja motor ke bengkel!

Sebagai catatan tambahan, ingatlah kalau motor diciptakan hanya untuk dua penumpang. Jadi, pastikan kamu gak membawa terlalu banyak barang saat mudik supaya posisi motor tetap stabil saat berjalan. Lalu, batasi waktu perjalanan maksimal tiga jam. Setiap dua-tiga jam, berhentilah sejenak agar tubuhmu dan motor kesayangan selalu prima.

Untuk berjaga-jaga, bawa juga jas hujan. Sekarang jas hujan sudah berdesain kekinian, lho! Ada yang modelnya atasan dan celana atau rok, ada yang motif batik, bergaya sporty dan lain-lain. Tampil gaya pas mudik, kenapa gak?

Yang Mudik Tapi Gak Punya Kendaraan dan Modal Mepet…

Foto: Backpacker Guide NZ

Mau mudik tapi gak punya kendaraan dan modal mepet? Untungnya bulan Ramadhan membuat sebagian besar orang lebih murah hati. Sebelum hari H, coba tanya pada teman, rekan kerja, tetangga hingga penjaga toko langganan apakah mereka satu kampung denganmu. Atau, setidaknya satu jalan menuju kampungmu.

Jika iya, kamu bisa minta tolong numpang mobil mereka. Meskipun Ramadhan, sebaiknya gak aji mumpung ya guys… Sebagai balas jasa, kamu bisa membayar setengah uang bensin, bawa makanan dan minuman atau gantian menyetir (jika bisa dan punya SIM).

Yang Mudik Tipe “Incess”, Gak Mau Ribet dan Kena Macet…

Foto: The Cheat Sheet

Bagi kamu-kamu yang “incess”, gak mau ribet dan kena macet, mudik naik pesawat adalah cara terbaik. Caranya, gunakan situs pembanding harga saat mengecek tiket pesawat, datangi travel fair dan berburu aneka voucher yang tersedia online. Sebagian dari kamu yang baca artikel ini mungkin sudah beli tiket pesawat berbulan-bulan lalu!

Naik pesawat pas mudik memang nyaman dan cepat, namun waspadalah! Kemungkinan jalanan menuju airport macet, jadi kamu harus berangkat dari rumah sekitar empat jam sebelum keberangkatan. Jika penerbanganmu pagi, pastikan kamu sudah memesan kendaraan umum sehari sebelumnya untuk menghindari naas gak dapat driver. Alternatif lainnya, kamu bisa menginap di hotel dekat airport supaya gak ketinggalan pesawat.

BUKA YANG BAIK, Mudik Naik Mobil Baru Gratis!

Mau yang lebih baik lagi? Buka yang baik, ya, dengan Bukalapak! Menyambut Ramadhan, Bukalapak bagi-bagi promo BUKA YANG BAIK dimana kamu bisa dapat cashback hingga 500 ribu rupiah. Yang makin baik, kamu juga bisa menang mobil MITSUBISHI XPANDER SPORT dan hadiah lainnya, lho! Jangan lupa masukkan kode voucher “BUKAYANGBAIK”, ya!

Semoga persiapan mudik kalian lancar!

Klik ini untuk keterangan selanjutnya mengenai promo BUKA YANG BAIK

Klik ini untuk keterangan selanjutnya mengenai promo MAKIN BAIK

Klik ini untuk keterangan selanjutnya mengenai promo TOP SPENDER PROGRAMME

Komentar Pengguna