Play-Doh: Mainan Sederhana nan Bermanfaat untuk si Kecil

28 September 2017 | Guggy Yusuf Pratama

Bingung mau beli mainan apa buat si buah hati? Coba dulu Play-Doh yang sederhana, murah dan sangat bermanfaat.

Anak-anak zaman sekarang sudah lebih banyak terpaku dengan gadget. Padahal bermain dengan gadget sangatlah tidak baik untuk mereka yang berusia dini.

Ada banyak alasannya kenapa produk-produk seperti smartphone dan tablet kurang bagus untuk mereka. Pertama, menatap layar gadget dalam waktu yang cukup lama akan merusak matanya. Apalagi anak-anak tersebut masih belum memiliki daya tahan yang terlalu baik untuk matanya.

Kedua, dengan menggunakan gadget mereka akan kurang bergerak dan hanya terpaku padanya. Dengan begitu daya tahan tubuh mereka juga akan sangat menurun dan tidak baik untuk mereka nantinya. Terakhir, bermain dengan mainan yang sebetulnya akan lebih menambah daya kreatifitas mereka berbanding hanya bermain smartphone saja.

Untuk itu lebih baik si kecil diberi mainan yang lebih meningkatkan daya fikir otaknya. Contohnya seperti Play-Doh yang memberikan kebebasan kepada krativitasnya. Tidak percaya? Ini alasan kenapa Play-Doh sangat baik untuk sang buah hati.

Alat Stimulasi Motoris

Play-Doh terbuat dari bahan seperti lilin yang dengan mudah bisa diubah sesuai dengan keinginan. Dengan bahan dari lilin tersebut, anak-anak bisa meremas, memotong dan menekan-nekannya.

Dengan begitu otot-otot si buah hati akan lebih terlatih. Pada nantinya, semua otot yang sudah terlatih itu akan membantunya di saat dewasa.

Play-Doh Fun Factory Rp 42.000 Hasbro Play-Doh Fun Factory, Lilin mainan anak, 2 buah, 2 warna, 3 tahun, Anak laki-laki/Perempuan
Play-Doh Make N Mix Zoo Rp 205.000 Hasbro Play-Doh Make'n Mix Zoo, Tanah liat modeling, Warnawarni, Anak-anak, 3 tahun, Anak laki-laki/Perempuan, Kotak
Play-Doh My Little Pony Rarity Style And Spin Set Rp 215.000 Hasbro Play-Doh My Little Pony Rarity Style And Spin Set, Lilin mainan anak, 5 buah, 5 warna, 3 tahun, Anak laki-laki/Perempuan, 507 g
Play-Doh Sweet Shoppe Swirl n Scoop Ice Cream Rp 535.000 Hasbro Play-Doh Sweet Shoppe Swirl 'n Scoop Ice Cream, Lilin mainan anak, 5 buah, 5 warna, 3 tahun, Anak laki-laki/Perempuan
Play-Doh Sweet Shoppe Cookie Creations Rp 130.000 Hasbro Play-Doh Sweet Shoppe Cookie Creations, Lilin mainan anak, Biru, Hijau, Merah muda, Violet, Kuning, 5 buah, 5 warna, 3 tahun, Anak laki-laki/Perempuan

Mengembangkan Kreativitas

Play-Doh juga menyediakan banyak alat-alat bantu bermain lainnya selain lilin tersebut. Seperti contohnya cetakan atau pembentuk lilin. Alat-alat tersebut akan membantu mereka berimajinasi membuat bentuk-bentuk yang mereka inginkan.

Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Mainan lilin Play-Doh memiliki warna-warna yang beragam dan variatif. Percampuran warna-warna yang ada juga akan menciptakan warna yang baru dan menarik. Perbedaan warna-warna ini akan membangkitkan kemampuan kognitif sang anak. Selain itu, rasa keingintahuan si kecil juga akan meningkat seiring dengannya.

You can play with anything if it's Play-Doh

Mengembangkan Kemampuan Sosialisasi

Keuntungan yang satu ini bisa didapatkan ketika sang anak sedang bermain Play-Doh dengan teman-temannya. Tentu saja ketika bermain dengan teman lainnya mereka akan saling berkomunikasi satu sama lain. Namun sambil bermain Paly-Doh tingkat sosialisasinya akan lebih meningkat dibanding hanya teman mengobrol saja. Dengan begitu skill komunikasi dan sosialisasi si kecil akan lebih baik bahkan ketika mereka dewasa nantinya.

Mengenal Huruf dan Angka

Karena Play-Doh dalam bentuk lilin, maka sang anak bisa membentuknya sesuka hati mereka. Sebagai orang tua, Anda bisa membantu mereka mengenal angka dan huruf menggunakannya. Seperti kata orang banyak, bermain sambil belajar.

Itu saja beberapa alasan kenapa Play-Doh akan sangat bermanfaat untuk si buah hati. Jadi sudah yakin beli Play-Doh untuk mainan si kecil kan?

Komentar Pengguna