Trend & Panduan

Selain Baju Lebaran dan Tiket Pesawat, Manfaatkan THR untuk Ini!

24 May 2018 | Theresia Clara

Lebaran kian mendekat, begitu juga THR! Selain belanja baju baru dan tiket pesawat mudik, berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

Beruntunglah kamu yang beragama Islam dan bekerja di Indonesia karena setiap Lebaran kamu berhak mendapat THR! Tradisi yang kononnya mengikuti tradisi bagi-bagi angpao di Cina saat Imlek ini bahkan ada undang-undang tersendiri di Indonesia: setiap perusahaan wajib memberikan THR. Yang membuat wajah semakin sumringah, jumlah THR sama dengan gaji 1 bulan! Wuiiih, kaya mendadak saat Lebaran!

Perhitungan THR: masa kerja /12 bulan x gaji 1 bulan

Sejak tanggal 8 Maret 2016, Kementerian Ketenagakerjaan dan Transmigrasi sudah menetapkan bahwa karyawan yang baru bekerja pun berhak mendapat THR. Namun, jumlah THR yang diterima tentu tidak sama dengan karyawan yang sudah bekerja selama satu tahun. Perhitungan THR: masa kerja /12 bulan x gaji 1 bulan. Mantan pegawai pemerintah yang sudah pensiun pun sekarang bisa mendapat THR, lho! Terima kasih, Presiden Jokowi!

Nah, Ramadhan tahun ini, apa yang akan kamu lakukan setelah menerima THR? Selain belanja baju Lebaran dan tiket pesawat, beberapa ide ini bisa kamu lirik:

Lunasi Hutang dengan THR Agar Tentram

Foto: Pinterest

Saat Ramadhan, banyak orang mencari ketenangan batin dan pikiran. Agar batin dan pikiranmu senantiasa tentram bahkan setelah Lebaran, gunakan THR untuk melunasi hutang. Ayo dipikir-pikir, apa kamu ada hutang kartu kredit atau hutang pada teman, tetangga atau saudara?

Jika jumlah THRmu bisa segera melunasi hutang tersebut, alhamdulillah! Jika tidak, setidaknya bebanmu akan berkurang. Selain hutang materi, kamu juga bisa memanfaatkan THR untuk membalas hutang jasa. Misalnya memberikan baju muslim, parsel atau kue Lebaran kepada pembantu rumah tangga dan orang yang telah membantumu.

Beli Asuransi Pribadi dengan THR

Foto: asuransime

Bagi yang tidak mendapat asuransi dari kantor, saatnya kamu membeli asuransi pribadi dengan THR. Mungkin sebagian dari kalian merasa sayang menggunakan THR untuk sesuatu yang tidak kasat mata, alasannya gaji sudah pas-pasan masih harus bayar asuransi. Eits, justru karena gajimu pas-pasan maka kamu butuh asuransi!

Sebenarnya, pas-pasan atau tidak, asuransi sangat penting agar kamu tidak kelabakan mencari dana untuk berobat. Apalagi jika ternyata kamu harus operasi. Selain untuk diri sendiri, lakukan ini untuk keluargamu sehingga mereka tidak harus pinjam uang sana-sini untuk biaya berobatmu.

Beli HP Baru dengan THR

Foto: e27

Setiap Lebaran mesti pakai baju baru? Tidak semestinya! Biasanya sih, sebagian orang suka beli baju Lebaran baru agar foto di sosmed tidak sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Namun, jika ingin punya HP baru, relakanlah baju Lebaran demi HP tersebut! Soal baju, bisa kamu akali dengan aksesoris, menambah renda, mengubah model dan lain-lain. Sementara itu, handphone tidak akan terbeli jika uang belum cukup. Lho, memangnya ada HP yang bisa terbeli dengan THR?

Tentu saja hal ini tergantung dari besar gaji dan lama kerja setiap individu. Kalau pun ternyata harus nombok, setidaknya bebanmu jadi lebih ringan, kan? Beberapa HP yang bisa kamu bayar sepenuhnya dengan THR, misalnya Smartfren Andromax L, Advan S5E, Xiaomi Redmi Note 5 Pro, OPPO F7 dan Vivo V9. Jangan lupa bandingkan dulu harga handphone idaman secara online agar mendapat HP baru yang murah.

Jadi Traveler Nusantara dengan THR

Foto: Dame Traveler

Dari Sabang sampai Merauke, banyak sekali destinasi wisata yang indah di Indonesia. Kapan lagi kamu bisa traveling tanpa hemat makan atau nonton berbulan-bulan? Daripada menghabiskan THR untuk buka puasa buffet style di hotel berbintang atau belanja baju Lebaran karya desainer, perkaya dirimu dengan traveling. Pengalaman yang kamu dapat akan menjadi bagian dari dirimu dan melekat hingga akhir hayat, lho! Beberapa destinasi di Indonesia yang akan membuat Facebook dan Instagram milikmu eksis adalah Labuan Bajo, Nias, Padang, Wakatobi, Tanjung Puting, Toraja, Wae Rebo, Raja Ampat, Morotai dan Ternate.

LOJEL cta 02 Hardcase Koper [65 cm/26 Inch] Dari Rp 1.925.000 Lojel Octa 02 merupakan koper hardcase yang dirancang dengan bahan polypropylene. Untuk desain koper Octa 02 terlihat kasual dengan pilihan warna-warni yang beragam. Untuk faktor keamanannya telah dilengkapi dengan standar penguncian Tsa. Menilik kebagian dalam koper, ternyata interior koper ini dibagi dalam beberapa ruang penyimpanan yang luas, bahkan Lojel menyediakan dua size / ukuran berbeda untuk series Octa 02. Selain itu, koper Lojel Octa 02 dibekali dengan putaran roda ganda yang dapat bergerak kesegala arah dengan smooth & lancar.  Aman dan Punya Beberapa Kantong Cadangan Menariknya, suitcase buatan Lojel ini hadir dengan ukuran yang berbeda. Meski begitu, keduanya tetap memiliki kompartemen yang leluasa untuk penunjang kebutuhan perjalanan. Seperti hal layak koper pada umumnya, dibagian kantong utama telah dilengkapi dengan zipper / resleting. Dilain sisi, koper ini terbagi dalam kantong-kantong kecil yang direkatkan dengan pengait tas. Untuk batas maksimum penyimpanan koper ini mencapai (60 L untuk ukuran M) & (100 L untuk size L). Kendati demikian, bobot koper ini tergolong ringan karena beratnya hanya berkisar 4.6 - 5.5 kg jika dalam keadaan kosong. Untuk menjaga keutuhan barang bawaan yang ada didalam koper, maka sepantasnya koper ini disokong dengan kunci pengaman ganda dengan standard kunci Tsa.  Video Lojel Octa TSA Combination Lock Operation Design Koper yang Modis & Awet Balutan hardcase berbahan Polypropylene Shell murni merupakan bentuk kepedulian Lojel terhadap produk buatannya. Dengan cangkang / bodi koper yang terlihat kokoh tentunya pengguna merasa sedikit tenang akan barang bawaan yang tersimpan didalam koper. Selain memiliki meterial bahan yang kelihatan solid, dengan keberagaman varian warna maka menjadikan koper ini terlihat semakin trendy nan stylish. Belum lagi, untuk memperlancar laju perpindahan koper Octa 2 dibekali dengan gulir roda ganda yang dapat berputar hingga 360 derajat. Tak hanya itu, dibagian tuas pegangan koper juga dibekali dengan grip / gagang yang ergonimis.   

THR Sebagai Sumber Investasi

Foto: Selagi Muda

Investasi di sini bisa dalam bentuk apa pun. Kamu bisa memanfaatkan THR untuk main saham, deposito, berinvestasi, sebagai modal usaha dan sebagainya. Sedikit-sedikit, setiap tahun dikumpulkan maka jadi bukit! Selain investasi materi, THR juga bisa kamu manfaatkan untuk ‘investasi pahala’. Artinya, sisihkan sebagian THR untuk bersedekah, memberikan sumbangan pada panti asuhan atau panti jompo. Kamu juga bisa memberikan sumbangan pada organisasi seperti WWF, UNICEF dan World Vision.

Baca juga: “Hal Seru yang Bikin Cuti Bersama Lebaran 2018 Tidak Sia-sia”

Baca juga: “Mau Kuat Puasa di Bulan Ramadhan? Baca Dulu Tipsnya”

Baca juga: “Semua Orang Bisa Jadi The Flash Saat Puasa Ramadan”

Komentar Pengguna