Trend & Panduan

Insights

Teknologi

Produk Terbaik

iPrice Deals

Fashion & Kecantikan

Gaya Hidup

Keluarga & Anak

Produk

Kupon

Trend & Panduan

Tahukah Kamu, Indonesia Mengimpor 2,4 Juta Kilogram Jam Tangan dalam 6 Bulan Terakhir

05 September 2017 | Guggy Yusuf Pratama

Walaupun banyak yang menggunakan jam tangan di Indonesia, tapi kita masih melakukannya secara impor ternyata.

Ada banyak para pengguna jam tangan di Indonesia ini. Kami juga yakin salah satu dari kamu yang membaca ini juga pasti pengguna jam tangan. Atau malah, kamu sedang menggunakan jam tangan pada saat membaca ini.

Kamu juga pasti tahu kan kalau ada banyak merek jam tangan di pasaran Indonesia. Sebut saja beberapa seperti Swatch, Casio, Fossil dan masih banyak lagi merek lainnya. Jenis-jenisnya juga beragam, dari mulai jam analog, digital dan chronograph.

Tapi, tahukah kamu kalau sebenarnya jam tangan yang ada di Indonesia itu masih di impor dari negara lain. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), Indonesia sudah mengimpor jam tangan hingga 2,4 juta kilogram dari selama bulan Januari hingga Juni 2017 ini. Dalam nilai uang, semua itu mencapai angka 41 juta dolar AS atau 546,3 miliar rupiah. Dari semua jam tangan impor itu, jenis yang paling banyak adalah jenis jam tangan digital.

Alasan utama banyaknya jam tangan yang di impor ke Indonesia karena belum adanya pabrik jam tangan di Indonesia. Mungkin itu juga karena belum ada investor yang berani menginvestasi besar-besar dibidang tersebut. Dengan permintaan yang cukup besar, mau tidak mau Indonesia harus mengimpornya dari negara luar. Walaupun begitu impor jam tangan digital ini relative tidak terlalu besar dibandingkan dengan alat elektronik lainnya.

Waktu adalah uang

Itu semua juga dikarenakan pangsa pasar dari jam tangan digital yang belum terlalu besar. Kalau kamu hidup di kota-kota besar, mungkin kamu akan melihat banyak penggunanya. Namun tidak begitu dengan kota-kota kecil lainnya di seluruh Indonesia. Lebih tepatnya, pasaran dari jam tangan digital ini masih belum tersebar dengan baik di seluruh Indonesia.

Jadi mari kita dukung terus para pejuang pabrikan di Indonesia di bidang apapun itu. Yah, kalau kamu ada uang lebih, mungkin kamu bisa memulai bisnis pabrik jam tangan digital di Indonesia.

Komentar Pengguna