Trend & Panduan

Khusus Anak Kos, Ini 5 Tips Hemat Penting Saat Bulan Puasa 2019

02 May 2019 | Indira Listiarini

Sudah siap menghadapi bulan puasa 2019? Khusus anak kos, sebaiknya kamu simak tips hemat ini.

Menyandang status anak kos selama bulan puasa lebih banyak tidak enaknya. Kamu pasti dituntut untuk lebih mandiri baik saat sahur maupun buka puasa. Bayangkan saja kamu harus memersiapkan hidangan sahur dan buka puasa sendiri, tidak ada anggota keluarga yang menyiapkannya untukmu. Alhasil kamu lebih banyak beli makanan siap saji dari luar dan lebih sering ikut ajakan buka puasa bersama yang tentu bikin kantung kempis. Padahal di bulan puasa 2019 ini harusnya kamu bisa lebih hemat, bukan? Nah, untuk menghindari anggaran yang membengkak selama bulan puasa, iPrice bagikan tips hemat penting saat bulan puasa 2019 khusus untuk anak kos!

Biar nggak boros beli air mineral, investasi dispenser di kamarmu

Sumber : miyako.co.id

Jarang sekali ada anak kos yang investasi di dispenser karena alasan menuh-menuhin kamar saja. Padahal produk satu ini sangat berjasa untuk kesehatan kamu di bulan puasa. Selama puasa tentu kamu tidak makan dan minum sehingga tubuh dehidrasi. Hal pertama yang harus kamu lakukan saat waktunya sahur dan buka puasa adalah minum air mineral secukupnya. Daripada setiap waktu kamu membeli air mineral kemasan, sebaiknya kamu memiliki dispenser dan mengonsumsi air mineral galon supaya lebih hemat. Harganya tidak mahal, kok. Dispenser Miyako bisa kamu dapatkan dengan harga di bawah sekitar 150ribuan. Dengan adanya stok air di dispenser, kamu tidak perlu order minuman lain saat sahur atau berbuka. Cukup bawa botol minum saja. Praktis, kan?

Buka puasa sehat, bikin jus pakai blender

Sumber : philips.co.id

Ingin yang segar-segar saat berbuka puasa? Beli jus atau es buah untuk buka puasa pasti segar banget rasanya. Tapi daripada beli jus terus di luar, bagaimana kalau kamu buat sendiri jus yang kamu inginkan dengan blender? Dengan membuat jus sendiri di rumah kos, kamu bisa lebih berkreasi dengan resep-resep yang ada di internet. Buah yang kamu pilih tentu saja buah favoritmu! Saat pulang berkegiatan kamu bisa membuat dua jus, satu untuk berbuka puasa langsung, dan satu lagi bisa disimpan untuk sahur. Selain bulan puasa ini kamu lebih sehat, dompet pun tidak kering. Apalagi harga blender brand ternama seperti Philips bisa kamu miliki hanya dengan harga di bawah 300ribu. Bujet anak kos banget, kan?

Nggak khawatir telat sahur kalau ada panggangan roti untuk buat roti bakar

Sumber : oxone-indonesia.com

Permasalahan utama anak kos saat bulan puasa adalah telat bangun untuk sahur dan tidak ada kesempatan untuk memersiapkan hidangan yang cukup mengenyangkan. Yuk, bulan puasa 2019 kali ini kamu harus mengubah kebiasaan ini. Selain memasang alarm atau minta bantuan teman untuk membangunkan kamu, coba mulai pikirkan menu sahur praktis yang bisa dibuat hanya dalam waktu 10 menit saja seperti roti bakar. Khusus buat anak kos yang mau hemat, Oxone Bread Toaster ini eco friendly alias hemat listrik. Harganya pun nggak mahal, di bawah 300ribu! Bangun telat nggak lagi jadi masalah, kan? Asal kamu punya stok air mineral, roti, selai, dan panggangan roti. Apalagi memanggang roti hanya butuh waktu beberapa menit saja. Sahur buru-buru tapi ada makanan yang masuk. Hati-hati jangan sampai tesedak roti.

Upgrade Rice Cooker kamu jadi Magic Com

Sumber : kirin.co.id

Nah, kalau kamu ingin step up your game saat bulan puasa 2019 ini, coba ikuti salah satu tips penting bulan puasa 2019 satu ini. Upgrade rice cooker kamu menjadi magic com. Peningkatan produk ini akan banyak membantu kamu, lho. Rice cooker memang bisa digunakan untuk mamasak nasi dan memanaskan makanan. Tapi lain dengan magic com yang punya fungsi lebih banyak seperti memasak bahkan mengukus. Kalau bujet kamu di bawah 300ribu, pilih Kirin KRC-088 yang memang diklaim punya fungsi 3 in 1 yaitu bisa untuk memasak, menghangatkan, dan mengukus. Kamu cari menu praktis di internet, beli bahan makanan, dan memasaknya dengan magic com. Praktis dan tentu saja lebih hemat. Bahkan dengan magic com masak lebih banyak untuk stok beberapa hari kedepan. Tidak perlu pusing lagi memikirkan menu untuk sahur dan buka puasa, kan?

Bulan puasa waktunya belajar masak, beli aja kompor portable

Sumber : rinnai.co.id

Mau tips hemat bulan puasa paling ekstrim? Beli kompor portable seperti Rinnai dengan harga sekitar 350ribuan dan mulai masak. Pernah nggak sih kamu memikirkan betapa hematnya ongkos makan kamu kalau masak sendiri? Memang sih tips satu ini yang paling bikin repot karena kamu harus benar-benar masak sebuah hidangan. Tapi ada lho yang namanya meal prep, masak sekali tapi untuk jatah makan berhari-hari bahkan seminggu. Kamu bisa praktikkan ini untuk menghemat waktumu buka puasa dan sahur. Manfaatnya tentu saja kamu tidak perlu selalu beli makanan di luar dan tidak bingung mau makan apa untuk sahur atau buka puasa. Selain itu masak sendiri tentu lebih sehat. Bebas dari bumbu oenyedap yang berlebihan, pilihan bahan yang lebih segar, dan tentu saja bersih. Tips satu ini cocok banget untuk kamu yang ingin menantang diri sendiri atau lagi deketin gebetan alias kamu bisa berdalih memersiapkan hidangan buka puasa untuknya. Cara yang jitu, bukan?

Sudah siap untuk hemat saat bulan puasa? Kalau mau lebih hemat lagi, beli saja produk-produk di atas menggunakan kupon diskon atau voucher promo. Lumayan kan untuk investasi jangka panjangmu sebagai anak kos.

Komentar Pengguna