Trend & Panduan

Insights

Teknologi

Produk Terbaik

iPrice Deals

Fashion & Kecantikan

Gaya Hidup

Keluarga & Anak

Produk

Kupon

Produk
Kupon
Trend
Wishlist
Hemat Sekarang!
Kategori
×
×
Keinginan Anda akan kami penuhi!
Pantau terus dan jadilah yang pertama memakai wishlist kami:
Wishlist adalah catatan belanja yang bermanfaat, dijamin!
Trend & Panduan

Tips Parenting dari Korea untuk Milenial

30 May 2018 | Theresia Clara

Selain menyuguhkan drama percintaan, ternyata ada juga siaran TV Korea yang memberikan tips parenting untuk milenial!

Tanggapan kalau zaman now milenial lebih memilih menikmati masa lajang daripada menikah rasanya kurang tepat di Indonesia. Hukum di Indonesia menyatakan umur legal untuk menikah adalah 19 tahun untuk pria dan 16 tahun untuk wanita. Namun, di beberapa daerah sudah banyak pasangan yang menikah atau dinikahkan di bawah batasan umur tersebut. Sementara itu, di kota-kota besar rata-rata pasangan menikah di awal 20 tahunan.

Dengan kemajuan teknologi, milenial yang telah menikah dan memiliki anak cenderung mencari tips parenting lewat internet. Apa kamu salah satunya? Jika iya, ternyata selain internet kamu juga bisa mendapat tips parenting dari siaran TV Korea, lho! Siaran TV yang saya jadikan panutan untuk artikel ini adalah “The Return of Superman”.

...ternyata selain internet kamu juga bisa mendapat tips parenting dari siaran TV Korea, lho!

Siaran TV asal Korea ini adalah reality TV show mengenai para celebrity dad yang harus mengurus anak mereka selama dua hari tanpa bantuan istri. Selain menampilkan anak-anak yang imut, “The Return of Superman” juga menjadi inspirasi bagi orangtua. Berikut adalah beberapa tips parenting yang bisa diikuti milenial:

Biarkan Si Kecil Mengutarakan Keinginannya

Foto: Soompi Forums

Kamu pasti senang dong, melihat anak yang sudah cas-cis-cus walaupun umurnya masih muda? Ternyata, kemampuan berkomunikasi dimulai dari rumah, yaitu interaksi orangtua dan anak. Ada satu episode dimana Uhm Taewoong akhirnya menyadari mengapa anaknya lambat berbicara.

Setiap kali anaknya menginginkan sesuatu, ia tidak pernah bertanya atau membiarkan anaknya mengutarakan keinginan tapi langsung memberikan. Akhirnya, Si Anak jadi tidak tahu cara meminta! Hal ini juga berdampak pada kemampuan berkomunikasi. Nah milenial, meskipun kamu sudah tahu keinginan anakmu, biarkan ia mengutarakannya. Jika caranya meminta salah, ajarilah yang benar.

Alih-alih Melarang, Jelaskan pada Anak

Foto: Soompi Forums

Selain melalui siaran TV Korea, tips parenting yang satu ini juga dapat dilihat pada orangtua bule. Di Asia, sebagian orangtua sangat protektif dan diktator terhadap anak. Sedikit-sedikit tidak boleh. Jika anak tidak menurut, langsung dimarahi dan dihukum! Alih-alih memarahi, milenial bisa belajar untuk bersabar dan jelaskan pada anak konsekuensi jika melakukan hal tersebut.

Misalnya, kamu tidak suka melihat anakmu lari-larian di jalanan aspal karena takut ia terjatuh. Alih-alih melarang, jelaskan padanya kalau ia bisa terjatuh dan terluka. Atau, kamu juga bisa mencontoh cara Shin Ae-ra, yaitu memberikan alternatif yang lebih aman. Seperti menyarankan berlari di atas rumput dan mendemonstrasikan konsekuensi yang terjadi. Hal ini juga mampu mempererat hubungan antara orangtua milenial dan anak.

Hargai Anak dengan Menatap Matanya

Foto: HubPages

Kadangkala manusia sulit untuk mengutarakan perasaan, terlebih lagi anak-anak dengan kemampuan berbicara yang terbatas. Salah satu cara untuk membaca perasaan anak adalah dengan menatap matanya. Dibandingkan orangtua jaman dulu, milenial cenderung memiliki segudang aktivitas sehingga selalu terburu-buru. Dalam siaran TV “The Return of Superman”, hal ini disorot saat Uhm Tawoong mengecat kuku anaknya.

Selebriti Korea tersebut terlalu berkonsentrasi untuk menyelesaikan tugasnya hingga tidak sekali pun menatap mata putrinya. Menurut pakar pertumbuhan dan perkembangan anak, ketiadaan kontak mata bisa membuat anak merasa reaksi dan pendapat mereka tidak dihargai. Akibatnya, anak jadi susah meluahkan perasaan. Dengan menatap mata Si Kecil, milenial bisa paham apakah anak merasa takut, bingung, penasaran atau senang.

Jangan Lupakan Anak Sulung

Foto: Pinterest

Milenial yang mengurus anak tanpa pembantu pasti kewalahan. Apalagi jika mereka dan pasangan sama-sama bekerja, pasti repot sekali! Untuk kamu yang memiliki lebih dari satu anak, coba ingat-ingat kembali apa kamu hanya menumpukan perhatian pada Si Adik. Jika iya, hal tersebut akan membuat anak sulungmu sedih dan menjauh, lho!

Mungkin kamu berpikir sebagai anak sulung pasti lebih dewasa dan mandiri. Dalam siaran TV Korea tersebut, Juno sebagai anak sulung curhat kalau ia merasa kedua orangtuanya hanya memperhatikan adiknya. Ia ingin diperhatikan, tapi tidak tahu cara mengutarakannya pada orangtua. Walaupun anak sulungmu sudah mandiri dan bertanggung jawab, tetaplah berikan perhatianmu padanya.

Batasi Mainan dan Gadget

Foto: Tumblr

Zaman sekarang, anak kecil sudah pandai bermain handphone dan tablet. Sebagian milenial memanfaatkan kedua gadget ini agar anak tidak rewel. Karena tidak ada waktu batasan, akhirnya anak jadi kecanduan, malas dan tidak bersosialisasi! Ada satu episode dalam siaran TV “The Return of Superman” yang mengekspos cara bermain si kembar tiga milik selebriti Korea, Song Il Kook.

Daehan, Minguk dan Manse Song tidak memiliki banyak mainan, bahkan mereka tidak bermain handphone atau tablet! Menurut Song Il Kook, ia sengaja tidak memanjakan ketiga anaknya dengan mainan dan gadget agar mereka lebih kreatif saat bermain. Terbukti, ketiganya terlihat sangat aktif seperti berlari-larian, berbicara, roleplay, bergulat dan lainnya. Tips parenting ala Korea yang satu ini juga mengajarkan anak untuk tidak materialistis.

Latih Anak Agar Mampu Beradaptasi

Foto: m.blog.naver.com

Dibandingkan sepuluh, dua puluh tahun yang lalu, kids zaman now memiliki kehidupan yang nyaman. Bagi sebagian milenial yang tinggal di kota dan dari kalangan berada, anak-anak mereka tidak pernah merasa susah sejak kecil. Pulang-pergi naik mobil, tidur di kamar ber-AC, baju selalu bersih, bahkan pulang sekolah tas dibawakan oleh driver! Niat memberikan yang terbaik, tapi di masa depan malah menyusahkan anak!

Tips parenting yang bisa milenial contoh dari selebriti Korea, Song Il Kook adalah dengan mengajak anak untuk out from their comfort zone. Kalau kamu dan anak-anak tinggal di kota, bawalah mereka rekreasi di alam terbuka atau pedesaan. Biarkan mereka bermain di sawah, memanjat pohon, naik kendaraan umum, melihat binatang liar dan kehidupan anak-anak lain yang berbeda dengan kehidupan di kota.

Awalnya mungkin anakmu sulit beradaptasi, namun jangan menyerah! Sering-seringlah mengekspos mereka pada hal-hal baru, lambat laun mereka akan terbiasa. Tips parenting ini sangat penting diterapkan milenial agar anak ‘tahan banting’ dan mampu bersaing di masa depan.

Baca juga: “Lima Perawatan Bayi Baru Lahir Terpenting yang Harus Diketahui Orangtua”

Baca juga: “Tiga Barang Ini Harus Anda Berikan Kepada Anak Agar Tumbuh Mandiri”

Komentar Pengguna