Trend & Panduan

Insights

Teknologi

Produk Terbaik

iPrice Deals

Fashion & Kecantikan

Gaya Hidup

Keluarga & Anak

Produk

Kupon

Produk
Kupon
Trend
Wishlist
Hemat Sekarang!
Kategori
×
×
Keinginan Anda akan kami penuhi!
Pantau terus dan jadilah yang pertama memakai wishlist kami:
Wishlist adalah catatan belanja yang bermanfaat, dijamin!
Trend & Panduan

[PANDUAN] Serba-Serbi Jasa Pengiriman Barang Saat Belanja Online

29 November 2017 | Tim iPrice

E-commerce mana saja yang memungkinkan Anda belanja online gratis ongkir? Jasa pengiriman barang mana yang paling murah? Kupas tuntas tentang jasa pengiriman barang di artikel ini.

Ingat beberapa tahun ke belakang ketika masyarakat masih harap-harap cemas menunggu datangnya barang yang dibelinya secara online karena belum ada fitur tracking order. Kini berkat perkembangan sistem toko online yang semakin aman memungkinkan masyarakat untuk melakukan pelacakan pesanannya. Konsumen dapat mengetahui apakah barangnya sudah dikirim, sedang dalam perjalanan, atau sudah sampai di kurir.

Salah satu hal yang diharapkan oleh konsumen saat berbelanja online adalah kecepatan pengiriman dan biaya ongkir yang murah. Menurut survei yang dilakukan oleh Winmarket.id, sebanyak 14% responden berharap toko online memberikan pengiriman cepat dan gratis.

Baca juga: "Panduan Belanja Online yang Aman dan Nyaman"

Meski begitu, jasa pengiriman menjadi salah satu faktor yang paling sulit dikontrol oleh pebisnis online karena ada keterlibatan pihak ketiga, yakni logistic partner sebagai penyedia jasa pengiriman. Terlebih demografi Indonesia yang merupakan negara kepulauan menjadi tantangan tersendiri dalam menjangkau daerah-daerah terpencil. Belum lagi review dan pengalaman buruk yang dialami bersama jasa pengiriman barang semakin menggoyahkan kepercayaan konsumen dalam bertransaksi online.

Kegelisahan konsumen akan pengiriman barang tidak lantas membuat para pelaku bisnis e-commerce santai-santai saja. Hal tersebut justru meningkatkan semangat mereka dalam memperbaiki diri dan terus berinovasi untuk melayani konsumen. Salah satunya adalah tersedianya ragam pilihan jasa pengiriman barang sesuai dengan selera dan budget konsumen. Bahkan banyak e-commerce tanah air yang berlomba-lomba memberikan promo gratis ongkir.

E-commerce Mana Saja yang Memberikan Gratis Ongkir?

Kami menggumpulkan data dari 10 e-commerce besar di Indonesia. Dari tabel di bawah ini Anda akan mengetahui manakah e-commerce yang menyediakan layanan gratis ongkir dan manakah yang tidak. Dengan mengetahui layanan tersebut, Anda dapat memilih dengan cermat saat ingin berbelanja bebas biaya ongkir.

E-commerce Layanan Gratis Ongkir Bisa Track Order?
Lazada Gratis biaya kirim hanya untuk wilayah pengiriman tertentu. Ya
Bukalapak Tidak. Promo tertentu saja. Ya
Tokopedia Tidak. Promo tertentu saja. Ya
Shopee Ya, dengan minimum transaksi. Ya
Bhinneka Tidak. Promo tertentu saja. Ya
Elevenia Tidak. Ya
Blibli Gratis biaya kirim dengan ketentuan jumlah transaksi dan maksimal ongkir yang ditanggung. Lebih lengkapnya di sini. Ya
JD.ID Tidak. Ya
Zalora Ya, dengan minimum transaksi Rp 300 ribu. Ya
Mataharimall Gratis ongkir hingga Rp 15 ribu untuk produk dari MatahariStore.com Ya

Dari informasi di atas, Anda juga dapat menyimpulkan bahwa semua e-commerce besar di Indonesia telah memiliki fitur track order. Fasilitas ini memungkinkan Anda untuk melacak pesanan dari mulai konfirmasi pembayaran, barang sedang siap dikirim, barang sedang dalam pengiriman, hingga barang sudah terkirim di alamat tujuan. Fitur Track Order ini umumnya berada di salah satu menu akun e-commerce Anda.

Apakah Konsumen Bisa Memilih Ongkir Paling Murah Saat Belanja Online?

Tentu saja bisa. Sekarang terdapat banyak sekali ekspedisi pengiriman barang yang telah bekerja sama dengan e-commerce di Indonesia. Mungkin dulu Anda hanya familiar dengan ekspedisi Tiki, JNE, atau Pos Indonesia, kini telah hadir layanan pengiriman barang lain dengan harga yang kompetitif. Sebut saja Sicepat, Ninja Xpress, RPX, First Logistics, NEX Logistics, J&T Express, Wahana Prestasi Logistik, NCS, Pandu Logistics, dan Atrixpress.

Lihat panduan: "Cara Belanja Online yang Aman Tanpa Takut Ketipu"

Dengan ragamnya ekspedisi tersebut, banyak e-commerce yang memberikan kebebasan bagi Anda untuk memilih jasa pengiriman barang yang termurah ataupun yang paling cepat. E-commerce tersebut umumnya berupa e-commerce C2C (costumer to costumer) yakni Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Bhinneka, dan Bhinneka. Kebebasan memilih jasa pengiriman barang ini tentu sangat menguntungkan dari sisi konsumen karena mereka bisa memilih biaya ongkir sesuai yang diinginkan.

Namun tidak semua e-commerce memiliki fitur ini, seperti Elevenia, Blibli.com, Zalora, Mataharimall.com, dan JD.ID. Kebanyakan mereka memiliki ekspedisi sendiri untuk memastikan barangnya sampai di tangan konsumen dengan lebih cepat dan murah. Blibli.com dengan Blibli Express, Lazada dengan Lazada Express, JD.ID dengan J-Express, dan lain-lain.

Jasa Pengiriman Barang Manakah yang Paling Murah dan Paling Cepat?

Terdapat lebih dari 10 ekspedisi pengiriman barang yang sudah bekerja sama dengan e-commerce besar di Indonesia. Seperti yang sudah disebutkan di atas, beberapa toko online memberi kemudahan bagi pelanggan untuk memilih ekspedisi pengiriman barang yang disukainya. Dengan fitur ini, pelanggan bisa cek ongkir yang lebih murah dan cepat.

Baca juga: "Strategi Cerdas Menemukan Diskon Belanja Online"

Sebagai perbandingan, kami melakukan eksperimen kecil-kecilan untuk mengumpulkan tarif masing-masing ekspedisi yang telah bermitra dengan sejumlah e-commerce. Metodenya adalah dengan membandingkan tarif reguler dan waktu pengiriman untuk paket seberat 1 kg dari Jakarta ke Surabaya dari masing-masing ekspedisi. Untuk lebih lengkapnya, silakan simak tabel di bawah ini.

Jasa Pengiriman Paket Reguler 1 Kg Jakarta - Surabaya Estimasi Waktu Pengiriman
JNE 17000 2-3 hari
Ninja Xpress 15000 2-3 hari
First Logistics 16500 2-3 hari
Pos Indonesia 38000 2 hari
RPX 18000 2-4 hari
TIKI 19000 2 hari
NEX Logistics 18000 1-2 hari
J&T Express 38000 N/A
Wahana Prestasi Logistik 10000 3 hari
NCS 14000 N/A
Pandu Logistics 20000 2 hari
Atrixpress 17000 2 hari
Sicepat 19000 1-2 hari
*Data ini dikumpulkan dari masing-masing website resmi ekspedisi per tanggal 28 November 2017.
* N/A menandakan tidak tersedianya data estimasi waktu pengiriman saat melakukan cek tarif di website resmi.

Dari data pada tabel di atas, kita bisa menyimpulkan tarif termurah untuk paket reguler seberat 1 kg dari Jakarta ke Surabaya dipegang oleh Wahana Prestasi Logistik dengan biaya ongkir hanya Rp 10.000. Sedangkan untuk estimasi waktu pengiriman tercepat dipegang oleh NEX Logistics dan Sicepat. Sementara tarif rata-rata dari semua ekspedisi sebesar Rp 19.900.

Bagaimana Cara Melacak Status Order Pengiriman?

Berdasarkan tabel pertama di atas, bisa disimpulkan bahwa semua e-commerce besar di Indonesia sudah memiliki fitur track order dalam layanannya. Biasanya fitur ini tersedia pada menu profil akun Anda. Contohnya di website Zalora, pada “Akun Saya” Anda bisa melihat terdapat menu “Lacak Pesanan”. Di dalam menu ini Anda bisa melihat nomor pesanan, nomor resi, ekspedisi pengiriman yang digunakan, dan detail tanggal waktu pengiriman barang.

Mau cek resi JNE dan Wahana sekaligus? Kini terdapat website yang dapat mengecek resi dari 40 ekspedisi pengiriman di Indonesia, yaitu cekresi.com. Hal ini sangat memudahkan Anda saat belanja online dari berbagai toko online sekaligus, sehingga tidak perlu repot-repot mengecek website mereka satu-persatu, kan?

Kesimpulan: Pilih Murah atau Cepat?

Memilih destinasi pengiriman barang memang gampang-gampang susah. Dari segi konsumen tentu cenderung memilih ekpedisi yang paling murah. Namun harga yang terlalu murah kadang memiliki resiko pengiriman barang yang tidak kunjung datang, melebih waktu estimasi, hilang, dan lain-lain. Sedangkan semakin singkat waktu pengiriman, biaya ongkir pun akan semakin mahal.

Maka, kembali lagi pada kebutuhan Anda sebagai konsumen. Jika Anda membutuhkan barang tersebut secara cepat, tidak apa-apalah memilih ekspedisi pengiriman yang terkenal cepat meski harus membayar agak mahal. Sedangkan bila Anda tidak terlalu membutuhkan barang tersebut dalam waktu dekat dan sedang hemat, tarif ekspedisi yang paling murah bisa menjadi pilihan. Selalu cermat dalam mengambil keputusan, ya!

Baca juga: "Barang Anda Tidak Kunjung Datang? Jangan Malu Hubungi Costumer Service!"

Tidak Perlu Takut Lagi Belanja Online

Ketakutan terbesar saat melakukan transaksi online bukan hanya pada penjual-penjual nakal, tapi juga barang yang tak kunjung datang atau hilang saat sedang on the way pengiriman. Tapi mulai hilangkan ketakutan tersebut berkat iklim jual beli online di Indonesia yang semakin membaik tiap tahunnya.

Dengan adanya sistem kontrol pengiriman barang yang lebih ketat membuat konsumen bisa melakukan pelacakan barangnya secara up to date. Jika terjadi sesuatu dalam pengiriman barang Anda, costumer service toko online yang bersangkutan pun siap membantu. Sehingga tidak perlu takut lagi, ya!

Komentar Pengguna