Trend & Panduan

[VIDEO] Di balik Layar E-commerce: Mengintip Proses Search Engine Bukalapak

05 January 2018 | Tim iPrice

Sama seperti Google, search engine internal sebuah website juga harus dioptimalisasi supaya pengguna mendapatkan temuan yang sesuai dengan yang dicari. Bukalapak, sebagai e-commerce C2C yang menjadi platform antara penjual dan pembeli tentu memiliki jutaan produk di dalam database mereka.

Baca juga: "Bisakah Belanja Online Tanpa Rekening dan Kartu Kredit di Bukalapak?"

Menurut Agility CMS, sebanyak 30% pengguna mencari produk melalui search bar di dalam sebuah website. Sehingga sangat penting bagi e-commerce seperti Bukalapak memberikan fitur yang dapat memberikan rekomendasi saat pengguna mengetik produk di search bar mereka.

Yuk, tonton dulu video Behind The Scene tim Search Box Bukalapak di bawah ini!

Saat tim iPrice meracik proyek "Di Balik Layar E-commerce" ini, kami sangat tertarik mengenai search engine yang dikembangkan oleh Bukalapak. Untuk menjawab rasa penasaran, kami datang ke markas besar Bukalapak dan bertemu Winda Winanti, selaku Product Manager.

Winda mengatakan bahwa proses pencarian produk adalah hal yang sangat penting untuk meningkatkan user experience. Dengan meningkatkan kualitas search engine tersebut, Winda berharap pengguna Bukalapak bisa mendapatkan produk yang diinginkan dan pengalaman belanja yang lebih baik.

Terdapat dua tim yang bertanggung jawab mengembangkan kolom search bar tersebut. Pertama, tim Core Search Engineering, yakni back-end developer yang bekerja "di belakang" untuk proses pencarian yang efektif, testing performa, dan riset-riset yang bersifat jangka panjang.

Yang kedua adalah tim Shopping Growth yang bertugas untuk melakukan "translate" yang dikerjakan tim Core Search Engineering sehingga dapat digunakan dengan baik oleh pengguna Bukalapak.

Bagi Winda, tantangan yang mengasyikkan dari proses ini adalah bagaimana terus meningkatkan user experience pengguna dan tidak tertinggal dari kompetitor. Hal ini dilakukan mengingat kebutuhan masyarakat Indonesia akan e-commerce semakin tinggi sehingga sangat penting bagi pelaku e-commerce untuk membangun sistem yang adaptif, mudah, dan cepat.

Ternyata pembuatan search box dalam sebuah website e-commerce tidak semudah yang dibayangkan, ya. Jika kamu menganggap informasi ini bermanfaat, jangan lupa untuk membagikannya di media sosialmu!

Komentar Pengguna