Fans BTS, TWICE, dan Blackpink Habiskan 20 Jutaan untuk Idola Mereka

Vivin Dian Devita, Isabelle Romualdez, Deridian Nurhalim

Sudah lumrah kalau para penggemar K-pop itu sangat loyal. Tapi pernahkan kita mengukur seberapa loyal fans K-pop menghabiskan uang untuk K-pop band favorit mereka?



IPrice Group, agregator e-commerce terkemuka di Asia Tenggara, baru saja melakukan riset untuk tahu berapa banyak uang yang dihabiskan untuk membeli merchandise, tiket konser dan hal-hal berkaitan dengan idola mereka.

Menggunakan dari internal iPrice, iPrice menemukan seberapa banyak pengeluaran penggemar K-pop (rata-rata) jika dia membeli setidaknya satu merchandise per kategori, membeli semua album, dan menghadiri satu konser dalam setahun. Hasilnya mungkin akan mencengangkan.

ARMY, Onces dan Blinks mana yang paling banyak mengeluarkan uang?

Kalau kamu pecinta BTS, pasti kamu tahu berapa banyak uang yang perlu kamu tabung untuk tetap menjadi bagian dari BTS Army. BTS Army yang loyal bisa menghabiskan hingga Rp 20 jutaan. Jumlahnya tidak sedikit, dengan jumlah segitu fans ini telah mengumpulkan setidaknya 15 album studio / EP dan menghadiri 5 konser juga memiliki banyak merchandise. Worth itl!

Penggemar Blackpink, atau "Blinks," juga menghabiskan tidak sedikit untuk idola mereka. Blinks bisa menghabiskan hingga sekitar Rp 9.5 jutaan. Meskipun jumlah ini jauh lebih rendah daripada jumlah yang akan dikeluarkan oleh BTS Army atau penggemar Twice, alias "Onces,", penting untuk di highlight bahwa Blackpink adalah grup yang lebih muda daripada yang lain. Oleh karena itu, Blackpink memiliki lebih sedikit album dan konser..

Twice, di sisi lain, telah lebih dulu eksis. Seorang penggemar berat Twice dapat menghabiskan hingga Rp 11.8 jutaan setelah membeli banyak merchandise, 14 album, dan menghadiri 4 konser.

Apa Saja yang Dibeli oleh Para Super Fans?

Rupanya, membeli merchandise bisa membuat para super fans bangkrut, karena harganya menyaingi tiket konser (kecuali tentu saja, mereka taipan). Ada begitu banyak jenis merchandise yang tersedia untuk setiap penggemar K-pop, mulai dari dekorasi rumah, kartu lomo, casing smartphone hingga pakaian, apa saja!

Jika super fans untuk membeli satu item per kategori belanja (misalnya, membeli satu lightstick, kemeja, kartu lomo, dan sebagainya), orang tersebut dapat membelanjakan hingga Rp 7.8 jutaan jika dia adalah bagian dari BTS Army. Blinks akan menghabiskan sekitar Rp 5 jutaan untuk membeli merchandise sementara Once menghabiskan sekitar Rp 2.5 jutaan.

Anehnya, membeli album bisa dikatakan pengeluaran paling murah. Kabar baiknya, penggemar yang menghargai grup-grup ini atas musik mereka ( secara realistis, mungkin hanya sebagian kecil dari penggemar). Membeli semua album mungkin dikenakan biaya Rp 4.8 jutaan untuk penggemar BTS, Rp 3 jutaan untuk penggemar Blackpink, dan Rp 3.1 jutaan untuk penggemar Twice.

Menghadiri konser K-pop memberikan pengalaman berbeda bagi penggemar mereka. Tapi tahukah kamu hal apa yang menghalangi mereka untuk tidak datang ke konser? Jawabannya adalah, jika tiketnya sudah habis terjual! Tapi bukan itu intinya. Jika seorang superfans dapat membeli satu tiket konser tahunan untuk melihat idola mereka, biayanya rata-rata Rp 7,7 jutaan untuk BTS, Rp 2,2 jutaan untuk Blackpink, dan Rp 6.4 jutaan untuk Twice.

Kesimpulannya, Kamu harus cukup berkomitmen menyisihkan uang untuk idola kamu. Analoginya, iPhone 12 terbaru dapat berharga sekitar Rp 18- 21 jutaan di iPrice; jumlahnya hampir setara dengan seberapa banyak penggemar super BTS dapat menghabiskan uang untuk idola mereka! Bagi non-fans, sepertinya konyol membayangkan hal-hal yang bisa kamu beli dengan uang sebanyak itu, tapi untuk superfans, uang ini yang dihabiskan dengan bijak.

Metodologi

Data merchandise didasarkan pada jumlah harga rata-rata setiap kategori dalam database iPrice dari ratusan merchants dan miliaran produk. Data kemudian digabungkan dengan harga situs web https://www.bt21fans.com/ untuk kategori merchandise (seperti lightstick, dll.) Yang tidak termasuk dalam database iPrice. Jumlah tiket konser merupakan perhitungan rata-rata dari harga semua kelas dan semua area dari setiap tur konser. Daftar ini berdasarkan konser gabungan dan konser online mandiri yang dilakukan dalam bentuk tur masing-masing grup di Asia Tenggara dan Hong Kong. Festival musik, tur bersama, atau pertunjukan apa pun dalam acara penghargaan tidak termasuk. Harga album ketiga grup Kpop ini terbatas pada album studio dan EP berdasarkan daftar diskografi masing-masing band di daftar Wikipedia. Informasi harga album diperoleh dari empat toko musik internasional (KTown4U.com, CDJapan.co, Target.com, YGex.jp) yang menjual album dengan harga resmi. Informasi harga yang dikumpulkan adalah harga normal tanpa diskon.

Tentang iPrice Group

iPrice Group adalah situs meta-search yang beroperasi di 7 negara sekitar Asia Tenggara, yaitu; Malaysia, Singapore, Indonesia, Thailand, Philippines, Vietnam, dan Hong Kong.

Saat ini iPrice membandingkan dan memiliki katalog lebih dari 5 milyar dan memiliki 25 juta pengunjung dari berbagai regional. iPrice saat ini beroperasi dalam tiga lini bisnis: perbandingan harga untuk produk elektronik dan kecantikan; pencarian produk untuk fashion.

Artikel ini ditulis oleh Vivin Dea Devita untuk informasi lebih lanjut silahkan kontak Dea di vivin.dian@ipricegroup.com.

Komentar Pengguna