Nintendo Switch dan PlayStation 4 mendominasi Asia ditengah Musim Pandemi

11 May 2020 | Đặng Đăng Trường, Vivin Dian Devita, Erwin Hilao

Nintendo Switch menjadi game konsol populer secara global.

Rilisnya Animal Crossing pada Maret bulan lalu menjadi saat yang tepat, menghasilakan kenaikan penjualan yang luar biasa. Analisis yang dilakukan oleh NDP Group melaporkan minggu lalu bahwa penjualan Nintendo Switch pada bulan Maret 2020 lebih dari dua kali lipat dari waktu yang sama pada tahun lalu.

Negara-negara di Asia Tenggara yang sedang menerapkan sistem lockdown demi mencegah luasnya penyebaran virus Covid-19 juga tidak lepas dari target market pemasar Nintendo. Iprice Group merilis riset mengenai game konsol paling popular digunakan oleh para gamers di Asia.

iPrice menganalisis 1,5 juta pencarian yang dilakukan pada platform belanja online yang mencakup negara Malaysia, Singapura, Indonesia, Thailand, Vietnam, Filipina, dan Hong Kong.

Hasil menunjukkan bahwa meskipun Nintendo Switch konsol game yang paling populer, memimpin di 5 dari 7 negara, pada akhirnya gagal melawan kompetitor utama mereka yaitu PlayStation 4 di Vietnam dan Indonesia.

Di Indonesia, negara terpadat ke-4 di dunia, minat untuk Switch hanya berkisar 61% dari minat untuk PS4. Data mengejutkan lainnya, konsol ke-3 yang paling dicari di Indonesia adalah PlayStation 3 yang sudah berusia 13 tahun, menjadikan Indonesia sebagai rumah bagi PlayStation.

Semetara di Vietnam, hal serupa juga terjadi karena minat untuk Switch jauh dibawah minat untuk PS4. Urutan ke-3 diduduki oleh Microsoft Xbox One. PlayStation 4 berada di urutan kedua dibawah Switch di negara Malaysia, Singapura, Filipina, dan Hong Kong. Berpindah ke tren di Thailand, Xbox One berhasil beringsut di depan PS4 untuk berada di posisi ke-2.

Secara keseluruhan, Nintendo Switch masih merupakan konsol game yang paling diminati di Asia, hal ini erat kaitannya dengan adanya aturan social distancing yang diterapkan di negara tersebut menjadikan banyak orang yang beralih ke permainan.

Dari pertengahan Maret hingga pertengahan April, minat untuk Nintendo Switch pada platform belanja online di wilayah ini melonjak 245%. Sebagai perbandingan, minat untuk PS4 hanya meningkat sebesar 135%. Total permintaan untuk Switch sekarang 1,6 kali lebih tinggi dari itu untuk PS4.

Mario adalah properti Nintendo

Hasil riset iprice juga melihat dalam waktu yang sama, pencarian untuk semua konsol game di 7 negara meningkat 115% secara keseluruhan dibandingkan periode sebelumnya. Vietnam memimpin dengan peningkatan 432%, diikuti Singapura sebesar 241% dan Thailand sebesar 208%.

For article in English please visit iPrice Vietnam.

Artikel ini diartikan ke Bahasa Indonesia oleh Dea, untuk kontak dan partnership bisa melalui email berikut: vivin.dian@ipricegroup.com

Tentang iPrice Group

iPrice Group adalah situs meta-search yang beroperasi di 7 negara sekitar Asia Tenggara, yaitu; Malaysia, Singapore, Indonesia, Thailand, Philippines, Vietnam, dan Hong Kong.

Saat ini iPrice membandingkan dan memiliki katalog lebih dari 500 juta produk dan mendapatkan sekitar 20 juta kunjungan per bulan secara regional.

Komentar Pengguna