• Beranda   >
  • Trend   >
  • Insights   >
  • Bakar Kalori Setelah Lebaran? Beberapa Olahraga Populer Tiktok ini Bisa Jadi Alternatif Olahraga Di Rumah saat Pandemi

Bakar Kalori Setelah Lebaran? Beberapa Olahraga Populer Tiktok ini Bisa Jadi Alternatif Olahraga Di Rumah saat Pandemi

Vivin Dian Devita

Pernahkah kalian berpikir bagaimana untuk tetap fit di masa pandemi, dimana semua aktivitas dilakukan dari rumah dengan berbagai keterbatasan untuk berpergian keluar? Maksimum pergerakan mungkin hanya dilakukan dari dapur lalu balik lagi ke kamar.

Tempat gym dan pusat olahraga juga ditutup demi menghindari kerumunan.Setelah lebaran kemarin, banyak yang mengeluh mengenai berat badan yang bergeser ke kanan karena siapa yang bisa menghindar nikmatnya opor ayam, kue nastar dan minuman manis di momen lebaran?

Melihat tren ini Tim Riset iPrice melakukan riset mengenai olahraga yang populer di TikTok. Menggunakan hastag dari setiap nama olahraga yang ada di terdaftar di Apple Watch, Tim Riset iPrice merilis riset menarik mengenai olahraga yang membakar kalori paling banyak tapi tetap ramah di kantong.

iPrice menggunakan data dari aplikasi Under Armour’s MyFitnessPal untuk jumlah kalori yang dikeluarkan. Sedangkan untuk detail harga data diambil dari platform iPrice.

Walking dan Running adalah Olaraga yang Paling Murah

5 dari 12 olahraga yang populer di Tiktok tergolong sebagai olahraga yang tidak aman dilakukan saat pandemi dikarenakan potensi kerumunan dan harus dilakukan bersama group. Olahraga sepak bola merupakan olahraga yang paling banyak peminatnya di Indonesia, Sepak Bola membakar hingga 485 kalori dengan total perlengkapannya mencapai 1.6 juta Rupiah. Lalu ada Volleyball yang membakar hingga 388 kalori dengan total harga perlengkapan sama dengan Sepak Bola.

Olahraga lainnya yang juga tidak aman dilakukan saat pandemi adalah BasketBall dan Badminton. Basketball membakar hingga 388 kalori per jam dan 339 kalori untuk olahraga Badminton. Kedua olahraga ini memiliki total harga yang sama untuk perlengkapannya yaitu 1.5 juta Rupiah.

Tapi tenang saja, ada juga olahraga yang tetap bisa dilakukan saat pandemi dengan tetap melakukan social distancing:

  • Running (533 kalori)

Berlari membakar hingga 533 kalori per jam dan tergolong sebagai olahraga yang paling ramah kantong karena total perlengkapan dibawah satu jutaan. Dan berlari juga merupakan olahraga yang membakar kalori tertinggi dibanding 12 olahraga lainnya.

  • Cycling (485 kalori)

Bersepeda masih menjadi tren di Indonesia, baru-baru ini banyak yang membicarakan soal para pesepeda yang tidak menggunakan jalur sepeda yang disediakan. Walaupun begitu bersepeda terbukti sebagai salah satu olahraga yang bisa masih aman selama pandemi dengan social distancing tentunya. Bersepeda membakar hingga 485 kalori per jamnya dengan total perlengkapan mencapai 1.6 juta.

  • HIIT (266 kalori)

HIIT merupakan salah satu olahraga yang saya suka karena dalam waktu yang singkat i bisa menghasilkan keringat yang lumayan banyak. Tapi ternyata kalori yang dibakar hanya sekitar 266 kalori berdasarkan aplikasi MyFitnessPal. HIIT merupakan olahraga yang bisa dilakukan di dalam rumah mengikuti banyak video di Youtube. Total perlengkapannya tergolong mahal yaitu sekitar 2.5 juta rupiah.

  • Walking (184 kalori)

Olahraga yang paling mudah dilakukan adalah berjalan kaki dan terbukti ini bisa membakar lebih banyak kalori daripada Yoga. Dalam satu jam jalan kaki terbukti membakar hingga 184 kalori dengan total perlengkapan hanya Rp 600 ribuan!

  • Yoga (121 kalori)

Yoga menjadi semakin populer semenjak pandemi karena yoga bukan hanya memberikan kesehatan fisik tapi juga ketenangan pikiran. Yoga merupakan olahraga yang bisa dengan mudah dilakukan bahkan di dalam kamar. Per jamnya Yoga bisa membakar hingga 121 kalori dengan total perlengkapannya hingga 950 ribuan.

Walaupun banyak limitasi selama pandemi ini untuk kita beraktifitas, beberapa olahraga rekomendasi diatas bisa tetap dilakukan untuk membakar kalori dan menjaga tubuh agar terus fit. Dari semua olahraga yang kami tulis diatas merupakan olahraga yang bisa dilakukan dengan tetap melakukan social distancing. Yoga, HIIT dan Running dan Walking adalah olahraga pilihan untuk dilakukan disekitar rumah.

Stay safe and stay healthy!

Metodologi

Daftar latihan diambil dari Apple Watch, yang diberi peringkat berdasarkan tampilan tagar Tiktok pada 10 Mei 2021. Olahraga dengan informasi harga yang tidak akurat dan tidak relevan dengan pasar Asia Tenggara (misalnya snowboarding) tidak termasuk. Jumlah kalori yang terbakar per jam diambil dari aplikasi, MyFitnessPal. Data harga diambil dari database iPrice dari 6 miliar produk.

Tentang iPrice Group

iPrice Group adalah situs meta-search yang beroperasi di 7 negara sekitar Asia Tenggara, yaitu; Malaysia, Singapore, Indonesia, Thailand, Philippines, Vietnam, dan Hong Kong.

Saat ini iPrice membandingkan dan memiliki katalog lebih dari 6 milyar dan memiliki 20-30 juta pengunjung dari berbagai regional. iPrice saat ini beroperasi dalam tiga lini bisnis: perbandingan harga untuk produk elektronik dan kecantikan; pencarian produk untuk fashion.



Artikel ini ditulis oleh Vivin Dea Devita untuk informasi lebih lanjut silahkan kontak Dea di vivin.dian@ipricegroup.com

Komentar Pengguna