Trend & Panduan

Top 10 Parenting Blogs di Indonesia Versi iprice Group

28 June 2016 | Erwina Salsabila

Tahukah kamu bahwa Indonesia akan mengalami Bonus Demografi hingga tahun 2040 nanti? Berarti kita akan menikmati kondisi dimana usia produktif akan menjadi mayoritas masyarakat. Usia produktif yang semakin besar menandakan akan ada lebih banyak orang tua baru di Indonesia.

Memiliki dan membesarkan seorang Anak bukanlah pekerjaan yang mudah. Apalagi harus diiringi dengan tanggung jawab untuk bekerja seperti kebanyakan ibu jaman sekarang.

Di tulisan ini kalian bisa mendapatkan beberapa informasi berharga:

  1. 10 Daftar Blog Parenting Terbaik di Indonesia
  2. Penjelasan singkat mengenai apa yang mereka bahas
  3. Alasan mengapa mereka adalah blog parenting terbaik

Seperti yang kita tahu, kemampuan mengasuh orang tua akan berpengaruh bagi tumbuh kembang anak. Salah asuh atau kurang perhatian dapat menyebabkan anak tumbuh menjadi individu yang kasar dan tidak patuh. Oleh sebab itu, kini banyak sekali parenting class yang diadakan khusus untuk membantu para orang tua.

Namun, tidak perlu khawatir, walaupun tidak menghadiri seminar atau parenting class, kita tetap bisa mendapatkan ilmunya. Perkembangan teknologi dan informasi mempermudah orang tua melaksanakan tugas maupun mencari informasi.

Ribuan tips dan cerita untuk berbagi pengalaman menjadi orang tua dapat ditemukan dengan mudah di media cetak dan internet. Salah satu yang sering dijadikan referensi adalah website atau blog.

Untuk memudahkan kamu mencari referensi, berikut 10 blog parenting terbaik di Indonesia versi iprice Group :

  1. Bidanku

Bidanku memiliki artikel lengkap mulai dari masa kehamilan, persalinan, pasca kelahiran hingga tips parenting. Informasi yang diberikan sangat aktual, bahkan bidanku memanjakan pembaca dengan tips-tips saat hamil, menyusui, dan membiasakan anak puasa di bulan Ramadhan. Dengan fasilitas konsultasi, mereka membantu ribuan Ibu diseluruh Indonesia mendapatkan informasi gratis langsung dari bidan yang terpercaya. Wajar jika mereka memiliki lebih dari satu juta fans di Sosial Media.

Ibu Pevi Revina adalah seorang bidan dan suaminya memiliki hobi untuk blogging, hasil kerjasama dari keduanya menghasilkan bidanku.com. Ibu Pevi rajin menghadiri berbagai seminar seputar parenting, setelah itu beliau akan berbagi informasi di Blog bidanku.com. Tidak hanya memberikan informasi, Ibu Pevina dan tim berkomitmen untuk menjaga informasi yang disajikan berkualitas dan memiliki nilai lebih. Kerja kerasnya membuahkan hasil, 50% pengunjung bidanku adalah returning visitor. Kedepannya tim Bidanku ingin melebarkan sayap secara global.

Kalau soal kehamilan, bayi, dan parenting ingat bidanku! Begitu fI blog yang seringkali diliput berbagai media nasional ini.

Alasan utama terpilih:Informasi yang disajikan lengkap, mendetail dan kredibel, cocok untuk dijadikan referensi bagi para ibu.

  1. The Urban Mama

The Urban Mama adalah Blog yang didirikan atas kecintaan orangtua bagi anak-anaknya. Obrolan tentang anak-anak di salurkan melalui artikel yang menarik dan informatif. Selain memberikan tips mengenai cara merawat anak, TUM juga memiliki forum dan artikel khusus untuk Mama, seperti kesehatan, resep masakan hingga masalah keuangan.

TUM memiliki kontributor dari seluruh Indonesia, sehingga tips seputar parenting yang didapatkan sangat beragam. Desain website yang menarik, membuat para pembaca betah berlama-lama di website ini. Keaktifan para kontributor di sosial media juga memudahkan kamu untuk langsung berbincang dengan mereka.

Kamu ibu yang aktif? Silahkan ikut polling atau turut berbagi cerita dengan dengan The Urban Mama.

Alasan utama terpilih:Konsep TUM yang melibatkan para ibu sebagai kontributor sangatlah menarik. TUM juga memberikan platform interaksi yang baik dengan pembaca.

  1. Mother and Baby

Di era digital ini, berbagai majalah juga melebarkan sayap mereka di Internet. Begitu pula dengan Mother and Baby. Berbasis dari sebuah majalah, Mother and Baby kini memanjakan pembaca setianya dengan sebuah situs online.

Mother and Baby memberikan berbagai artikel, mulai dari kehamilan, merawat dan mendidik anak hingga event-event seru yang bisa dihadiri para ibu. Mereka juga update topik aktual seputar parenting dari seluruh dunia. Jika kamu tertarik dengan kabar selebriti, Mother and Baby bisa mendekatkan kamu dengan para selebriti idola.

Alasan utama terpilih:Artikel yang disajikan beragam dan menarik, desain yang cantik juga membuat Ibu betah 'belajar' di Mother and Baby.

  1. Parenting

Situs Parenting memiliki edisi majalah dibawah naungan Femina Group. Situs ini memiliki informasi lengkap sejak kehamilan hingga anak usia sekolah. Artikelnya juga membahas tentang keluarga dan dunia mama, seperti tips menata rumah, langkah mudah berhenti merokok hingga seks setelah melahirkan.

Keunggulan dari situs parenting adalah mereka memberikan update mengenai film-film anak yang menarik untuk ditonton, berbagai acara untuk mama, dan lomba foto bagi buah hati tercinta. Jika kamu adalah bunda yang kreatif, kamu bisa tonton Video membuat mainan Do it Yourself yang menarik dari parenting.co.id!

Alasan utama terpilih:Parenting memberikan inspirasi bagi orang tua untuk melakukan kegiatan aktif dan mengukir memori bahagia bersama anak.

  1. Ibu dan Mama

Ibu dan Mama memiliki variasi artikel yang baik. Situs ini memiliki artikel parenting mulai dari kehamilan hingga pola asuh anak. Tidak sebatas tentang parenting, Ibu dan Mama juga memberikan ulasan untuk membantu para ibu untuk tampil cantik selama kehamilan, dengan merekomendasikan pakaian hamil, gaya, tips kecantikan khusus bagi calon ibu.

Selain untuk para ibu, berbagai rekomendasi gaya juga diberikan bagi anak-anak. Mulai dari fashion keluarga selebritis, hingga rekomendasi untuk memadupadankan fesyen yang matching bagi ibu dan anak.

Alasan utama terpilih:Ibu dan Mama memberikan perhatian khusus bagi Bunda agar lebih bahagia. Ibu yang bahagia berarti anak-anak yang sehat dan ceria.

  1. Katalog Ibu

Katalog Ibu menyediakan informasi yang baik mengenai perlengkapan bayi, mulai dari cara memilih gendongan, dot susu, hingga permainan apa yang cocok sesuai dengan umur anak. Sehingga membantu Ibu untuk memilih peralatan yang tepat dan terbaik untuk si buah hati.

Situs ini memiliki sub section yang rapih sehingga akan memudahkan para bunda untuk mencari artikel yang sesuai dengan kebutuhan. Katalog ibu juga memberikan informasi beragam seputar kesehatan, mulai dari manfaat buah, sayur hingga penyakit yang perlu diwaspadai seperti osteoporosis, torch dan heart burn bagi ibu hamil.

Alasan utama terpilih:Artikel kesehatan dari Katalog Ibu sangat beragam dan lengkap sehingga dapat menjadi referensi yang sesuai bagi segala kebutuhan Ibu.

  1. Family Guide Indonesia

Family Guide adalah sebuah majalah yang diterbitkan gratis setiap dua bulan sekali. Situs ini menawarkan beberapa aktivitas yang berkaitan dengan kegiatan anak. Mulai dari h6 film, tempat bermain yang seru untuk dikunjungi, hingga beberapa rekomendasi aktivitas seru dan berkesan yang bisa dilakukan bersama si buah hati.

Para Ibu bisa mencoba rekomendasi seperti membuat scrapbook bersama, dan menceritakan dongeng bagi anak-anak. Family Guide Indonesia tidak hanya memberikan informasi terkait ibu dan anak namun juga beberapa rekomendasi bagi sang Ayah. Sesuai dengan nama situsnya, kebahagiaan anak bukan hanya terletak pada peran ibu namun juga Ayah dan seluruh anggota keluarga.

Alasan utama terpilih:Selain fokus kepada Ibu, Family Guide Indonesia juga memberikan berbagai rekomendasi dan tips khusus ayah dalam kegiatan parenting.

  1. Rumah Inspirasi

Saat anak memasuki usia sekolah, orang tua akan sibuk sekali mencari sekolah yang tepat. Rumah inspirasi menawarkan alternatif lain, yaitu home schooling. Bukan hanya memberikan informasi teoritis, keluarga Sumardiono menerapkan sistem pendidikan ini kepada tiga anaknya.

Selain mengenai home schooling, keluarga Sumardiono juga membahas tips-tips parenting secara umum. Bagi para orang tua yang ingin menerapkan sistem pendidikan ini dirumah, dapat membaca pengalaman keluarga Sumardiono yang sangat inspiratif. Tidak heran, website ini memiliki lebih dari 40.000 fans di Facebook dan 11.787 followers di Twitter.

Alasan utama terpilih:Dedikasi keluarga Sumardiono terhadap dunia pendidikan anak yang telah diterapkannya dapat menjadi inspirasi bagi orang tua di Indonesia.

  1. Klinik Bayi

Klinik bayi merupakan situs yang fokus pada bidang kesehatan. Editor nya merupakan seorang dokter spesialis anak bernama Dr Widodo Judarwanto. Segala informasi mengenai kesehatan bayi dapat ditemukan disini.

Beberapa tips mendetail yang sangat bermanfaat seperti gejala yang harus diwaspadai saat bayi terjatuh dari tempat tidur serta penanganannya, juga informasi mengenai ASI dan susu formula merupakan informasi yang penting bagi ibu.

Alasan utama terpilih:Informasi seputar kesehatan bayi dibahas secara mendetail dan beragam, solusi yang direkomendasikan juga datang langsung dari ahlinya.

  1. The Asian Parent Indonesia

The Asian Parent adalah situs parenting terbesar di Asia Tenggara, memiliki cabang di lima negara dan empat Bahasa (Inggris, Bahasa Indonesia, Bahasa Malaysia dan Thai). Situs ini memberikan informasi lengkap tentang kehamilan, bayi, hingga usia sekolah. Terdapat artikel khusus untuk ibu seperti kesehatan, kecantikan, fesyen, hingga belanja. Semuanya ditulis dengan gaya bahasa yang menyenangkan.

Bunda juga dapat menemukan artikel yang menghibur seperti cara menghias kue ulang tahun anak, hingga tips untuk membina hubungan yang hangat dan penuh kasih sayang dengan suami.

Alasan utama terpilih : Artikel disajikan dengan cara yang menghibur, The Asian Parent juga memberikan berita seputar parenting dari seluruh dunia yang menarik untuk disimak.

Tim iprice mengucapkan terimakasih kepada TOP 10 Parenting Blogs di Indonesia atas komitmennya menyebarkan informasi untuk anak Indonesia yang sehat dan Ibu yang bahagia!

Punya rekomendasi situs lain? Silahkan tulis di kolom komentar.

Komentar Pengguna