Tren di Indonesia, Perlengkapan Indoor Plant mulai marak dibeli saat 10.10

15 October 2020 | Vivin Dian Devita

Periode sale e-commerce akhir tahun sudah dimulai minggu kemarin, biasanya sale ini akan dilakukan berbasis tanggal unik setiap bulannya seperti 10.10, 11.11 dan 12.12. Untuk periode 11.11 diingat dengan periode Single Days dan 12.12 di Indonesia sering disebut dengan Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional).

Periode sale ini bisa dijadikan acuan bagi pebisnis untuk mengetahui tren produk apa yang sedang menjadi incaran para online shoppers di Indonesia.

iPrice melakukan analisis menggunakan data dari Google Analytics untuk mengetahui Top 5 barang yang memiliki impression atau search interest tertinggi selama periode 5-10 Oktober kemarin. Dari analisis ini kami menemukan bahwa gadget dan rak tanaman merupakan dua produk yang paling banyak dicari selama periode sale tersebut.

Smartphone Masih Menjadi Primadona

Sudah menjadi tren membeli smartphone identik saat periode sale. Tidak heran banyak periode flash sale di e-commerce yang menawarkan harga smartphone dengan diskon hingga 90%.

Periode ini iPrice menemukan merk smartphone Oppo dan Vivo berada di urutan atas sebagai smartphone yang peningkatan search interest-nya paling tinggi selama periode sale 10.10. Impression yang dimiliki untuk keyword ini mencapai angka 360 ribuan selama periode 5-10 oktober kemarin.

Hal ini bisa dikaitkan dengan selama periode new normal, work from home dan belajar dari rumah turut berpengaruh dalam tren produk purchase di Indonesia. Kebanyakan anak-anak sekolah diharuskan belajar online dengan menggunakan smartphone atau perangkat gadget untuk menghadiri proses belajar mengajar selama pandemi ini.

Data dari Antara menyebutkan unduhan aplikasi kategori pendidikan meningkat sebanyak 20% dibanding periode sebelum pandemi. Sale produk elektronik bisa diprediksi akan ada lagi selama periode sale bulan selanjutnya melihat tingginya demand akan smartphone pada musim pandemi.

Bercocok Tanam Mulai menjadi Tren

Karena pada masa ini hampir semua aktivitas dilakukan di rumah, sudah lumrah timbulnya keinginan untuk menghias rumah menjadi lebih nyaman dan apik.

Iprice menemukan tingginya pencarian keywords “” pada periode kemarin mencapai angka hampir 250 ribuan.

Jika kita mulai memperhatikan tren di social media tanaman indoor maupun outdoor mulai menjadi hobi. Karena gardening juga dikenal sebagai rutinitas yang bisa dikategorikan therapeutic hobby atau hobi yang menenangkan disebut juka stress relief jika ditekuni.

Merawat Diri dengan Skincare Lokal saat Pandemic

Produk skincare satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi wanita Indonesia. Produk rangkaian skincare asal Indonesia ini sudah menjadi booming sejak 2018 lalu karena efektifitasnya mengatasi masalah kulit.

Bersertifikat halal dan sudah memiliki izin BPOM juga menjadi market strategy yang kuat mengingat penduduk Indonesia yang mayoritas muslim cenderung memilih produk dengan label Halal.

Pada periode sale 10.10 kemari keyword “Ms Glow” memiliki search interest yang hampir mencapai 120 ribuan. Keyword ini menduduki posisi ketiga sebagai keyword dengan search intrest tertinggi selama periode 5-10 oktober kemarin menurut data Google Analytics.

Sepeda dan Vape juga Trending

Jika pada bulan Juli lalu iPrice sempat juga membuat riset mengenai tren keyword jenis sepeda di Indonesia. Pada periode kali ini sepeda Kembali menjadi keyword yang paling banyak dicari pada periode 10.10 kemarin.

Sepeda dikategorikan sebagai produk hobi outdoor. Keyword “Sepeda” memiliki peningkatan search interest hingga 63 ribuan. Untuk periode 5-10 oktober kemarin.

Kegiatan outdoor sepeda sepertinya masih menjadi tren hingga bulan oktober ini.

Rokok elektrik atau Vape juga masuk sebagai produk dengan search interest yang tinggi selama periode 10.10 ini. Untuk pencarian keyword “Vape” search interestnya mencapai 56 ribuan selama 5 hari kemarin walaupun tidak sebanyak produk lainnya. Vape mulai banyak dicari di Google sebagai produk yang mulai dibeli secara online.

--

Metodologi

Temuan dari studi ini disorot berdasarkan produk atau kategori dengan impression terbanyak di seluruh database iPrice melalui Google Analytics dari 5 Oktober - 10 Oktober 2020. Impression dihitung setiap kali produk atau kategori yang disebutkan ditampilkan di halaman hasil pencarian atau situs lain di Jaringan Google.

Tentang iPrice Group

iPrice Group adalah situs meta-search yang beroperasi di 7 negara sekitar Asia Tenggara, yaitu; Malaysia, Singapore, Indonesia, Thailand, Philippines, Vietnam, dan Hong Kong.

Saat ini iPrice membandingkan dan memiliki katalog lebih dari 5 milyar dan memiliki 25 juta pengunjung dari berbagai regional. iPrice saat ini beroperasi dalam tiga lini bisnis: perbandingan harga untuk produk elektronik dan kecantikan; pencarian produk untuk fashion.

Artikel ini ditulis oleh Vivin Dea Devita untuk informasi lebih lanjut silahkan kontak Dea di vivin.dian@ipricegroup.com

Komentar Pengguna