Trend & Panduan

Fashion & Kecantikan

Gaya Hidup

Keluarga & Anak

Teknologi

Insights

Produk
Kupon
Trend

Penyakit Bahaya yang Mengintai Jika Anda Malas Sikat Gigi

06 September 2017 | Indah Mustikasari

Hayooo jangan malas untuk sikat gigi tiap pagi dan malam sebelum tidur. Karena ternyata terdapat penyakit yang tidak terduga-duga diakibatkan karena Anda malas sikat gigi, lho! Yuk cari tahu apa saja bahayanya.

Meskipun gigi dan mulut adalah bagian kecil pada tubuh, namun sebenarnya kesehatan gigi dan mulut sangat penting untuk dirawat karena bagian ini sangat berperan dalam berbicara dan mengunyah makanan. Bayangkan jika gigi Anda bermasalah, pasti Anda merasa sangat tidak nyaman dalam berbicara dan juga saat makan dan minum, bukan? Bahkan ada pepatah yang mengatakan bahwa lebih baik sakit hati ketimbang sakit gigi. Karena sakit gigi dapat menghambat produktivitas Anda akibat ketidaknyamanan yang ditimbulkan.

Masalah umum pada gigi yang kerap kali terjadi biasanya diakibatkan karena malas menggosok gigi sehingga plak dan kotoran dari makanan dan minuman mengumpul dan menempel sehingga membuat gigi ngilu. Namun selain gigi dan gusi yang nyut-nyutan, ternyata ada banyak penyakit lain yang mengintai akibat gigi yang jarang dirawat. Dan daftar penyakit ini bukan penyakit sembarangan! Awas hati-hati!

Bau Mulut

Masala yang cukup mengganggu akibat dari malas merawat kesehatan gigi adalah munculnya bau mulut. Bau mulut membuat kepercayaan diri Anda menurun karena Anda kerap memberikan aroma tidak sedap saat sedang berbicara dengan orang lain. Teman-teman Anda pun jadi malas dekat-dekat karena bau mulut yang ditimbulkan tersebut. Untuk mencegah bau mulut, Anda harus menjaga pola makan yang sehat, menyikat gigi dua kali sehari, dan melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi setiap enam bulan sekali.

Diabetes

Kondisi mulut kering dan tingginya bakteri dalam mulut akibat jarang sikat gigi akan memperburuk kesehatan tubuh. Apalagi jika Anda memiliki resiko diabetes. Makanan manis yang Anda konsumsi seperti permen, cake, dan minuman-minuman manis lainnya, jika tidak dibersihkan akan menjadi bakteri yang menumpuk di gigi Anda. Bakteri dari sisa-sisa makanan manis akan berdampak pada kenaikan gula darah dalam tubuh Anda.

Studi menyebutkan terlalu banyak bakteri di sela-sela gusi akan memicu pembusukkan jaringan ikat pada gigi dan melemahkan kekebalan tubuh.

Osteoporosis

Menjaga kesehatan gigi dan mulut dapat membantu menjaga tulang Anda tetap kuat. Penelitian yang dilakukan oleh National Institute of Health menyebutkan bahwa jika terlalu banyak bakteri di sela-sela gusi akan memicu pembusukkan jaringan ikat pada gigi dan melemahkan kekebalan tubuh. Hasil penelitian tersebut juga mengaitkan keropos tulang atau osteoporosis akibat kesehatan gigi dan mulut yang buruk. Hiii!

Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian yang menduduki peringkat atas dunia. Salah satu cara untuk mencegah Anda mengalami penyakit jantung adalah dengan menjaga kesehatan gigi dan mulut. Loh kenapa? Sebab gigi dan mulut menyimpan banyak bakteri yang jika tidak dibersihkan dengan baik akan memicu berkembang biaknya pathogen. Pathogen yang berkaitan dengan penumpukan plak di dalam arteri. Plak yang terdapat dalam arteri ini yang akan memicu serangan jantung dan stroke.

Ternyata kebiasaan sepele namun bila diabaikan akan menimbulkan penyakit-penyakit serius seperti di atas. Makanya mulai hari ini jangan lagi meremehkan kegiatan menyikat gigi. Biasakan untuk rutin menyikat gigi Anda dua kali sehari setiap pagi dan malam menjelang tidur. Untuk membuatnya semakin bersih, Anda bisa menggunakan dental floss yang terbukti efektif untuk membersihkan sisa-sisa makanan di sela-sela gigi. Selain itu, buat agenda rutin memeriksa gigi Anda ke gokter setiap enam bulan sekali. Yuk mulai merawat gigi dan mulut Anda sekarang juga!

Cari Semua Produk

Komentar Pengguna