Lima Seri Lego Ini Akan Buat Anda Cepat Kaya!

14 July 2017 | Aldo Fenalosa

Tahukah Anda apa persamaan bongkahan Lego dengan bongkahan berlian? Selain sama-sama membuat kaki sakit saat terinjak, kedua benda ini dapat membuat pemiliknya kaya.

Tidak perlu sulap, tidak perlu sihir. Tidak pula perlu trik memperdaya. Anda juga tidak perlu khawatir menjadi korban penipuan Dimas Kanjeng. Lego yang sejatinya merupakan instrumen permainan anak-anak, belakangan ini nilai materinya meningkat cukup signifikan.

Di zaman milenial ini, benda bata-bataan plastik yang berasal dari Denmark itu menjadi salah satu investasi menjanjikan. Menjanjikan dalam hal ini berarti sanggup menghadirkan uang yang banyak untuk seseorang. Kurang lebih sama seperti orang-orang dulu yang begitu adiksi dengan investasi emas. Mereka sangat percaya bahwa di kemudian hari nilai emas yang ada saat itu akan berlipat ganda sehingga memberi profit untuk perekonomian masing-masing pemiliknya. Nah, konsep yang sama juga terjadi pada Lego.

Malah, sejak era tahun 2000-an dimulai, posisi tawar Lego menjadi lebih menarik daripada emas. Hal ini bukan isapan jempol, ya! Situs berita Telegraph asal Inggris melaporkan bahwa dalam kurun 15 tahun terakhir hasil yang diperoleh dari investasi lego memiliki nilai yang lebih tinggi dibanding nilai return beinvestasi emas maupun saham. Percaya?

Dalam temuan yang dirangkum Telegraph, mereka yang menjadikan emas sebagai investasi biasanya akan memperoleh keuntungan tahunan sekitar 9.6 persen dalam satu setengah dekade terakhir ini. Mereka yang berinvestasi dalam saham mendapatkan keuntungan yang lebih rendah, yakni hanya 4,1 persen pertahun.

Sedangkan, orang-orang yang berinvestasi pada seri-seri Lego langka maupun edisi spesial dapat meningkatkan keuntungan hingga 12 persen per tahun seiring sejumlah seri itu resmi berhenti diproduksi. Di iPrice Indonesia, beberapa Lego sets bahkan bisa Anda temukan dengan banderol harga puluhan juta rupiah. Jangan kaget!

Investasi Lego memiliki presentase 2,4% lebih baik daripada investasi emas dalam satu dekade belakangan

Di Indonesia sendiri, Lego baru populer dalam beberapa tahun belakangan. Toko resmi Lego dibuka pertama kali pada tahun 2013. Official store-nya itu berada di kawasan strategis yang penuh keramaian, yakni di Mal Cilandak Townsquare - Jakarta.

Sebelum adanya toko resmi, Lego enthusiast masih berbatas pada segelintir kalangan saja. Mereka yang menginginkan Lego harus berusaha ekstra, seperti bergabung dengan forum-forum pecinta mainan atau titip menitip ke kerabat yang bepergian ke luar negeri.

Benda balok itu baru terlihat masif memesona setelah film versi bioskopnya yang berjudul "The Lego Movie" sukses pada tahun 2014. Popularitas Lego di Indonesia, terutama di kalangan anak-anak muda hipster ibukota, tak terbendung.

Banyak yang mulai "belajar" mencintai karakter-karakter di film "The Lego Movie" dengan cara mengoleksi versi minifigure-nya yang dijual per karakter. Karakter Lego yang telah dimiliki tidak cuma ditaruh sebagai penghias kamar atau meja kerja.

Tidak sedikit para kolektor newbie yang memamerkan karakter seperti Emmet, Unikitty hingga Benny "Spaceship" di jejaring pertemanan dunia maya mereka. Saya berani taruhan, Anda pasti juga pasti satu diantara kelompok itu.

Tapi seperti pepatah klasik “all that glitters is not gold” alias “tidak selalu yang berkilau itu indah”. Bila merujuk pada temuan investasi yang diterbitkan Telegraph, tidak semua seri Lego memiliki nilai yang lebih “berkilau” dari kilauan investasi emas ataupun berlian. Dari data yang dikumpulkan oleh sebuah situs penaksir harga investasi Lego bernama BrickPicker, ada lima seri lego yang paling mahal di muka bumi. Bila Anda mengaku sebagai salah satu Lego enthusiast, coba tebak seri apa saja. Apakah tebakan Anda cocok dengan daftar berikut ini?

Lego Millenium Falcon
Lego Star Wars seri ini dirilis pada tahun 2007 lalu dengan banderol harga US$499.99 yang bila dikonversikan dengan kurs sekarang menjadi sekitar Rp6 jutaan. Tapi, kini nyatanya Lego Star Wars seri ini bernilai Rp66 jutaan hingga Rp90 jutaan
Lego Taj Mahal
Seri lego ini dirilis pada tahun 2008 dengan harga saat itu yang hanya Rp3 jutaan. Tapi sekarang, Lego Taj Mahal dibanderol dengan harga Rp30 jutaan hingga Rp40 jutaan.
Lego Grand Carousel
Saat pertama kali dirilis tahun 2009, seri ini hanya berharga Rp3 jutaan. Enam tahun kemudian, harganya melejit hingga Rp30 jutaan di eBay.
Lego The Statue of Liberty
Lego Patung Liberty ini dapat Anda temukan di etalase virtual produk Lego dalam halaman iPrice Indonesia. Silahkan cek sendiri harga jualnya saat ini.
Lego Death Star II
Seri Lego Star Wars yang satu ini diluncurkan pada tahun 2005 dengan harga sekitar Rp3 jutaan pada saat itu. Kini, Lego Death Star II mengalami peningkatan harga hingga menjadi Rp20 jutaan.

Saking tingginya, tidak ada anak kecil yang akan dapat membeli seri Lego itu dengan uang jajan mereka sendiri. Ironi juga, ya.. Tapi daftar Lego ini tidak cuma bisa membuat Anda kaya. Lego mahal tersebut juga berpotensi mengundang kriminalitas seperti perampokan yang lalu akan membuat Anda parno setengah mati.

Hingga pada akhirnya bila tidak kuat iman, Anda hanya terobsesi dan tidak peduli hal lain kecuali Lego. Karena itu, cobalah mengontrol diri. Salah satunya ya koleksi Lego yang berharga sewajarnya, seperti kebanyakan seri yang disediakan di iPrice Indonesia.

LEGO Jurassic World Raptor Escape Rp 129.000
LEGO Jurassic World Indominus rex Breakout Rp 4.774.000
LEGO Star Wars Death Star Rp 187.000
Lego Batman Movie The Joker Notorious Lowrider Rp 625.000
LEGO Star Wars Imperial Star Destroyer Rp 1.192.236
Lego Marvel Super Heroes Series The SHIELD Helicarrier Rp 1.817.000
Lego Nexo Knights Series Lance’s Mecha Horse Rp 315.000
LEGO Minifigure Marvel Rp 29.000
Lego Ninjago Series Misfortune’s Keep Rp 185.000
Lego Classic Creative Building Sets Rp 492.000
LEGO Marvel Super Heroes Spider-Man: Ghost Rider Team-up Rp 337.250
Lego Technic Volvo Excavator Rp 2.750.000
Lego Nexo Knights Series Clay's Rumble Blade Rp 444.000
LEGO Jurassic World Pteranodon Capture Rp 630.000
LEGO Marvel Super Heroes Black Panther Pursuit Rp 455.000

Komentar Pengguna