Trend & Panduan

10 Foundation Kosmetik Halal Terbaik di Indonesia 2018

18 July 2018 | Surya Laili Islami

Nggak cuma makanan, kosmetik kamu udah halal belum?

Apa sih bedanya make up yang halal dan enggak? Ya, sertifikasi halal produk kecantikan bergantung pada bahannya. Meski sudah mengantongi klaim halal dari Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI, tidak semua kosmetik mencantumkan label halal pada kemasannya. Untuk kebutuhan mendasar beauty enthusiast, berikut iPrice telah merangkum produk-produk foundation yang sudah mengantongi sertifikasi halal:

HD Perfect Image Foundation Lt Pro

Pro: Hasil akhir matte dan tahan hingga 6 jam tanpa primer. Tidak cakey, ringan, sehingga cocok untuk penggunaan sehari-hari. Packaging memiliki pump, jadi aman dan tidak luber kemana-mana saat pemakaian.

Cons: sheer coverage, dan memiliki tekstur yang cukup lengket.

Infallible Pro-Matte 24HR Foundation L'oreal

Pro: produk ini memiliki daya full coverage. Selain itu, formulanya juga terasa ringan di wajah dan tidak cakey. Selain tahan lama, foundation satu ini juga memiliki shades yang cukup banyak, mulai dari yang light hingga dark skin sekalipun.

Cons: tidak cocok untuk kulit kering.

Ultra Cover Liquid Matt Foundation Make Over

Pro: formula produk tergolong ringan untuk digunakan sehari-hari, sehingga rendah kemungkinan membuat kulit break out. Shades tergolong friendly untuk orang Indonesia karena memiliki under tone pink. Tahan lama dan tidak cakey.

Cons: untuk klaimnya yang matte dan oil control tidak bekerja secara maksimal setelah beberapa jam usai pemakaian. Namun, hal tersebut tidak terlalu mengganggu, karena foundation ini tidak gampang luntur. Jadi akan menimbulkan kesan dewy.

Mineral Botanica Air Cushion Foundation

Pro: untuk jenis cushion, harga produk ini tergolong murah dan bisa diisi ulang. Memiliki wangi yang lembut. Bersifat melembabkan, dan pilihan shade merupakan warna umum untuk skin tone orang Indonesia.

Cons: perlu beberapa kali pengaplikasian untuk menutupi noda jerawat di wajah.

Wardah Lightening BB Cream

Pro: Produk ini begitu ringan sehingga cocok untuk digunakan sehari-hari. Cocok untuk berbagai jenis kulit, terutama kulit kering. Alas bedak satu ini juga dapat digunakan untuk kulit sensitif, karena tidak ada kandungan parfum di dalamnya.

Cons: teksturnya begitu cair, tetapi masih bisa menutupi luka minor jerawat. Untuk bekas jerawat dan warna kulit tidak rata, bisa diakali dengan mengaplikasikan produk ini dua atau tiga kali.

Pixy BB Cream

pro: mudah di-blenddan terasa ringan di wajah. Memiliki kandungan SPF 30 PA++, sehingga tidak perlu lagi mengaplikan tabir surya atau sunscreen sebelum make up.

cons: hanya memiliki tiga shades warna, sehingga sulit untuk menemukan warna yang cocok.

BB Everyday Beauty Balm Cream SPF 30 Wardah

Pro: Sesuai dengan namanya, produk wardah satu ini cocok digunakan sehari-hari dengan ketahanan 5-8 jam. Dengan harga yang murah, BB cream ini memiliki kandungan utama aloe vera dengan water break technology, sehingga bersifat melembabkan kulit. Selain itu bio hyaluronic acid-nya juga mampu mengontrol produksi minyak berlebih pada wajah.

Cons: coverage sheer, sehingga tidak mampu menutupi bekas jerawat dengan sempurna.

Beauty Bliss BB Cream Emina

Pro: tidak cakey dan mudah diratakan. Mediumcoverage, sehingga mampu menutupi kemerahan dan noda jerawat di wajah untuk pemakaian sehari-hari. Dengan harga yang murah, produk ini memberikan kesan dewypada wajah.

Cons: belum mengandung SPF. Produk ini tidak memiliki keterangan warna pada kemasannya, sehingga membingungkan ketika memilih tanpa mencobanya terlebih dahulu.

Pond’s Flawless White BB+Cream

Pro: cocok untuk segala jenis kulit, dan bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Klaim flawless-nya benar-benar bekerja, apalagi jika diaplikasikan Bersama moisturizer. Selain itu, coverage produk ini tergolong medium, sehingga dapat menutupi noda wajah dengan baik.

Cons: tekstur pekat, sehingga perlu mengaplikasikan moisturizer sebelum menggunakan produk ini.

Purbasari Daily Series Foundation

Pro: memberikan sensasi dingin dan lembab ketika pemakaian. Cocok untuk kulit kering karena memiliki ekstak markisa yang menjaga kulit agar tetap dewy. Memiliki kandungan UV filter. Selain itu tube botolnya tergolong kecil, sehingga tidak khawatir terlalu banyak saat menuangkannya.

Cons: tidak bisa diaplikasikan dengan sponge atau beauty blender. Jadi memang harus menggunakan jari atau kuas. Tidak cocok untuk kulit berminyak, dan tidak tahan lama.

Nah, apakah kamu pernah mencoba salah satu dari 10 daftar tadi?

Komentar Pengguna