Trend & Panduan

5 Modem 4G Terbaik 2017 untuk Internetan di Manapun, Harganya Kurang Dari Sejuta

29 November 2017 | Aldo Fenalosa

Kalau kamu masih memimpikan internet cepat untuk keperluan daring, maka tak perlu sungkan memberdayakan jaringan 4G yang kini sudah masuk Indonesia.

Sejumlah provider telekomunikasi di Indonesia belakangan memang berbaik hati menawarkan layanan paket internet murah dalam jaringan 4G pada pelanggannya.

Sayangnya, belum semua smartphone bisa menangkap jaringan 4G. Terlebih smartphone generasi lama yang mentok pada jaringan 3G.

Tapi jika kamu punya modem 4G, maka kesempatan menggunakan internet cepat jadi lebih besar. Pancaran jaringan 4G dari modem wifi itu dapat diterima dengan mudah oleh semua smartphone karena sistem kerjanya sama seperti pancaran sinyal wifi biasa. Kamu pun tak perlu repot cari tahu cara mengubah Hp 3G menjadi 4G.

Nah, modem 4G apa saja yang bisa kamu berdayakan untuk itu? Simak daftarnya!

Smartfren Andromax MiFi M2Y // Harga Mulai Rp 257.000

Smartfren Andromax MiFi M2Y cocok untukmu yang punya banyak gadget. Sebab, modem 4G yang satu ini bisa disambungkan pada 32 perangkat secara bersamaan. Kecepatan 4G LTE dari pancaran modem ini pun tergolong kencang. Metrotvnews.com mengulas, kecepatan download-nya bahkan bisa mencapai 29,53 Mbps.

Pro : Baterai 2000 mAh (Maksimum 10 jam waktu kerja LTE dan 350 jam waktu siaga).
Kontra : Terbatas pada provider Smartfren.

Klik tautan ini untuk mengetahui detail produk.

Huawei E5573 // Harga Mulai Rp 569.000

Modem 4G Huawei E5573 adalah perangkat wifi portabel yang menjawab kebutuhan para traveller, terutama yang doyan ke luar negeri. Sebab, semua kartu 4G dari berbagai operator bisa dipasangkan pada modem ini. Ketersediaan salurannya juga cukup banyak karena dapat mengakomodir hingga 16 sambungan dengan perangkat lain.

Pro : Bisa dipakai untuk semua provider di Indonesia, bahkan luar negeri.
Kontra : Tidak punya slot SD card.

Klik tautan ini untuk mengetahui detail produk.

ZTE MF825A // Harga Mulai Rp 220.000

Modem portabel buatan ZTE ini dijual dengan bundel operator Bolt dan Smartfren. Di samping penggunaan sebagai modem portabel, ZTE MF825A juga bisa dicolok ke router merek TP-Link agar dapat digunakan oleh perangkat komputer berbasis internet kabel. Kecepatan jaringan 4G dari perangkat ini sangat memadai untuk penggunaan harian. Pada area Jakarta misalnya, kamu bisa memanfaatkan kecepatan download hingga 22,60 Mbps.

Pro : Modem 4G yang berharga sangat terjangkau. Ada tambahan antena penguat sinyal.
Kontra : Terbatas untuk penggunaan operator Bolt dan Smartfren.

Klik tautan ini untuk mengetahui detail produk.

Sierra Mifi 760 S // Harga Mulai Rp 799.000

Bukan tanpa alasan situs Cnet memberi rating 3,5 bintang pada modem 4G ini. Alasan pertamanya yakni keawetan baterainya yang cukup lama. Alasan lain yakni bisa dikonfigurasikan dengan banyak operator. Di Indonesia, modem wifi ini bisa membaca kartu provider Telkomsel, XL, Indosat Ooredoo, dan Tri.

Pro : Kecepatan download mampu mencapai 100 Mbps di area LTE.
Kontra : Harganya tergolong mahal. Hanya mampu mengakomodir 10 koneksi secara bersamaan.

Klik tautan ini untuk mengetahui detail produk.

Huawei E3372 // Harga mulai Rp 460.000

Modem 4G ini hanya seukuran USB flaskdisk sehingga sangat mudah dibawa kemana-mana. Kamu tinggal colok ke port USB di laptop. Meski ukurannya kecil, Huawei E3372 memiliki kecepatan download hingga 150 Mbps.

Pro : Memiliki slot SDHC ukuran mikro dan terminal untuk antenna eksternal.
Kontra : Hanya bisa digunakan pada port laptop dan router wifi.

Klik tautan ini untuk mengetahui detail produk.

Komentar Pengguna