Trend & Panduan

6 Laptop Touchscreen Terbaik Untuk Pengalaman Komputasi yang Lebih Interaktif

23 January 2018 | Aldo Fenalosa

Laptop berlayar sentuh tak hanya keren, tapi juga praktis dan gesit.

Dunia semakin canggih. Penandanya bisa dilihat pada sistem pengoperasian gadget yang kini cuma perlu sentuhan lembut. Teknologi sentuhan pada permukaan layar tidak hanya bisa ditemukan pada perangkat tipe smartphone saja. Kini, touchscreen juga merambah ke perangkat dunia komputasi, contohnya yakni laptop.

Terobosan laptop touchscreen pertama kali dikenalkan ke publik oleh Hewlett-Packard alias HP. Dilansir dari situs Wired, perusahaan ini merilis seri laptop layar sentuh bernama HP Touchsmart TX2 pada tahun 2008 silam.

Setelahnya, semakin banyak produsen laptop berlomba-lomba membenamkan inovasi layar sentuh ke dalam masing-masing produk mereka. Sentuh, sentuh, sentuh tanpa perlu mengarahkan kursor atau memijit tombol-tombol fisik keyboard yang pegasnya (biasanya) keras. Enak, gesit.

Tapi kadang, semua yang enak-enak itu menyimpan secuil masalah. Beberapa orang yang telah menggunakan laptop layar sentuh berpendapat bahwa teknologi itu justru tak mampu memaksimalkan produktivitas mereka.

Alasannya, layar sentuh yang dipakai oleh laptop yang mereka gunakan cenderung terlalu sensitif atau malah tidak sensitif sama sekali ketika disentuh. Ujung-ujungnya beralih lagi ke laptop yang biasa-biasa saja.

Nah, kamu jangan sampai terjerumus ke dalam golongan orang-orang yang menyesal telah menggunakan laptop layar sentuh. Sejatinya, ada sejumlah laptop touchscreen yang kualitasnya tidak perlu diragukan. Malah benar-benar mampu membantu meningkatkan produktivitasmu saat bekerja.

Apa saja produknya? Kami telah kumpulkan menjadi satu ke dalam sebuah daftar laptop touchscreen terbaik berikut ini:

1. Microsoft Surface Book // Harga Mulai Rp 20.000.000

Laptop touchscreen Microsoft Surface Book adalah tipe gadget komputasi 2 in 1. Maksudnya, selain digunakan sebagai laptop, perangkat ini bisa dioperasikan menjadi sebuah tablet. Kamu cukup mencopot engsel yang menghubungkan bagian keyboard dengan layar.

Agaknya, Microsoft berambisi dalam merealisasikan sebuah produk yang sangat versatile lengkap dengan spek yang sangat mumpuni. Pasalnya, jeroan dan fitur-fitur yang mengonstruksikan laptop ini tergolong killer.

Prosesornya merupakan pengembangan Intel Core Skylake generasi ke-6 yang dibuat ke dalam dua versi, yakni i5 dan i7. Masing-masinig versi ini diduetkan dengan RAM minimal berukuran 8 GB dan 16 GB. Tak aka nada lagi keluhan terkait lemotnya laptop keluar dari mulutmu.

Spek yang sangat dewa itu disempurnakan dengan keberadaan layar sentuh beresolusi 3000 x 2000 (267 ppi) dan diamankan oleh lapisan gorilla glass. Jadi, kamu tak perlu khawatir layar laptop berharga mahal ini jadi cepat gores karena keseringan disentuh sana sini.

Tahun rilis: 2015
Prosesor: Intel Core i5 dan Intel Core i7
Kapasitas Harddisk: mulai 128 GB tipe SSD

Klik di sini untuk detail lebih lanjut

2. Lenovo Yoga 720 // Harga Mulai Rp 17.000.000

Laptop touchscreen Lenovo Yoga 720 ini sekilas begitu mirip dengan perangkat Apple Mackboook Air. Sama-sama berwarna perak, sama-sama berbodi tipis, sama-sama berbobot 1,3 kg.

Tapi perbedaannya ada pada aspek layar. Lenovo Yoga 720 menghadirkan layar Full High Definition (Full HD) beresolusi 1920 x 1080 piksel. Layar tersebut bertipe IPS yang bisa dioperasikan dengan sentuhan. Sedangkan layar Apple Macbook Air hingga kini masih belum touchscreen.

Di samping layar sentuh, laptop Lenovo Yoga 720 ini juga memiliki touchpad yang diklaim penuh presisi dan mampu meminimalisir panah kursor yang melompat-lompat. Touchpad itu sendiri diberi nama Windows Precision.

Tahun rilis: 2017
Prosesor: Intel Core i5 dan Intel Core i7
Kapasitas Harddisk: mulai 256 GB tipe SSD

Klik di sini untuk detail lebih lanjut

3. Acer Spin 5 // Harga mulai Rp 10.999.000

Laptop touchscreen Acer Spin 5 ini adalah perangkat komputasi yang tergolong paling murah di kelasnya. Meski paling murah, perangkat ini tetap mampu memberikan pengalaman komputasi interaktif yang maksimal. Bukan laptop layar sentuh yang murahan.

Layar laptop Acer Spin 5 yang berukuran 12,3 inci ini hadir dengan resolusi Full High Definition (Full HD) 1920 x 1080 piksel. Layar itu mengakomodir sentuhan apapun hingga 360 derajat. Interaksi dengan layar sentuh akan terasa lebih enak karena spek layarnya itu.

Selain layar, keunggulan utama laptop Acer Spin 5 terletak pada ketersediaan port yang banyak. Mulai dari port USB 3.0, port USB 2.0, port HDMI, hingga slot untuk kartu memori tipe SD.

Tahun rilis: 2017
Prosesor: Intel Core i3 dan Intel Core i5
Kapasitas Harddisk: mulai 128 GB tipe SSD

Klik di sini untuk detail lebih lanjut

4. HP Spectre x360 // Harga Mulai Rp 11.190.000

Rasanya sulit mengabaikan HP Spectre x360. Perangkat komputasi 2 in 1 ini memiliki layar yang beresolusi hingga 4K. Bezel layarnya telah disempurnakan hingga menjadi sangat tipis. Layar sentuhnya itu juga dilengkapi oleh mode privasi untuk menjaga kenyaman Anda ketika berselancar di dunia maya atau ingin membuka data yang rahasia.

Bukan hanya layar yang jadi titik perhatian para insinyur di HP. Mereka juga meracik keyboard, trackpad hingga sistem suara dengan lebih maksimal. Speaker-nya sendiri dipasok dari merek audio yang reputasinya sangat dihormati, yakni Bang & Olufsen.

Melalui laptop touchscreen yang satu ini, kamu akan dapat merasakan bahwa dunia teknologi zaman sekarang memang sudah terlalu canggih perkembangannya.

Tahun rilis: 2017
Prosesor: Intel Core i5 dan Intel Core i7
Kapasitas Harddisk: mulai 128 GB tipe SSD

Klik di sini untuk detail lebih lanjut

5. Dell XPS 13 // Harga Mulai Rp 13.500.000

Sangat tidak fair rasanya bila tidak memasukan Dell XPS 13 ke dalam daftar laptop touchscreen ini. Lihat saja tampilan visualnya yang sungguh menggoda. Bezel layar sentuh yang sangat tipis, baterai awet, dan tentu saja touchscreen yang sangat user-friendly.

Laptop Dell XPS terbaru memiliki dua pilihan resolusi layar. Yang satu berbekal layar sentuh Full HD (1920 x 1080 piksel), yang satu lagi berbekal QHD (3200 x 1800 piksel).

Secara keseluruhan, laptop ini adalah perpaduan dari craftmanship, performa, dan daya baterai. Craftmanship yay a terlihat dari visual desain bodi yang ramping namun kokoh berbalut material premium.

Tahun rilis: 2017
Prosesor: Intel Core i7
Kapasitas Harddisk: Hingga 1 TB tipe SSD

Klik di sini untuk detail lebih lanjut

6. Asus ZenBook Flip UX360 // Harga Mulai Rp 13.800.000

Jika kamu mencari laptop touchscreen terbaik yang berbaterai mumpuni, maka nama Asus ZenBook Flip UX360 layak berada di dalam daftar prioritas. Dilansir dari LifeWire, perangkat yang menggunakan sistem operasi Windows 10 ini mampu bertahan selama 12 jam untuk penggunaan multitasking ringan.

Tipe layar sentuh IPS dipilihkan Asus untuk perangkat yang satu ini. Layar itu mampu mengakomodir tayangan yang Full HD berkat resolusi 1980 x 1080 piksel.

Tahun rilis: 2016
Prosesor: Intel Core M3
Kapasitas Harddisk: 512 GB tipe SSD

Klik di sini untuk detail lebih lanjut

Komentar Pengguna