6 Tenda Camping Ultralight Terbaik Berbudget Di Bawah 1 Juta

18 January 2018 | Aldo Fenalosa

Tenda camping ultralight adalah alat yang paling dicari orang-orang yang tidak mau repot membawa beban berat saat naik gunung atau berpetualang ke alam terbuka. Untungnya kini sudah banyak tenda camping ultralight terbaik di pasaran.

Tapi terkadang, harga tenda camping terbaik yang kita mau tidak berbanding dengan bajet yang dimiliki. Jika kamu juga mengalami masalah seperti ini, maka kami punya jawabannya. Kami telah menyusun daftar tenda camping ultralight terbaik yang banderol harganya masih di bawah Rp 1 juta. Berikut daftarnya:

1. Naturehike Cloud Up 2 // Harga Mulai Rp 965.000

Tenda camping ultralight pertama yang kami rekomendasikan adalah Naturehike Cloud Up 2. Tenda tersebut terdiri dari dua lapis dinding. Lapisan dinding dalam menggunakan bahan 20D nilon yang breathable. Lapisan dinding luar juga menggunakan nilon. Pada bagian alas, tenda ini menggunakan bahan polyester yang tahan air.

Tenda Naturehike Cloud Up 2 dilengkapi dua pintu yang memudahkan akses penggunanya. Selain material yang breathable, tenda camping ultralight ini juga memiliki sejumlah ventilasi guna memaksimalkan sirkulasi udara. Jadi, ketika kamu kemping di saat teriknya cuaca, tak perlu khawatir menjadi kepanasan maupun pengap.

Di samping itu, tenda ini juga tahan terhadap angin berkat rangka yang kokoh dan kaitan pasak yang cukup padat. Kamu tak perlu takut kemping di area terbuka tanpa pepohonan.

Aspek Tinjauan
Bobot: 1,5 kg
Dimensi (panjang x lebar x tinggi): 275 x 150 x 110 cm
Tahan air: Ya
Kapasitas: 2 orang
Varian warna: 4 (abu-abu, merah, oranye, hijau)

Klik di sini untuk detail lebih lanjut

2. Consina Superlight 2 // Harga Mulai Rp 555.000

Tenda camping ultralight selanjutnya yaitu Consina Superlight 2. Polyester 190T menjadi material dominan pada dinding tunggal tenda ini. Karena hanya berdinding tunggal, maka waktu paling ideal menggunakan tenda ini adalah ketika musim kemarau. Berbicara desain, Consina Superlight 2 cukup minimalis. Consina tidak menyertakan vestibule pada produk ini.

Lapisan bawah tenda Consina Superlight 2 tergolong tipis dibandingkan tenda lain di daftar ini karena hanya menggunakan material Oxford 150D. Maka, kamu wajib menggunakan matras sebagai alas tambahan agar tidak mengurangi kenyamanan di dalamnya. Namun, keunggulan utama tenda ini ada pada bobotnya yang sangat ringan.

Aspek Tinjauan
Bobot: 1,2 kg
Dimensi (panjang x lebar x tinggi): 260 x 140 x 100 cm
Tahan air: Tidak
Kapasitas: 2 orang
Varian warna: 2 (kuning, merah)

Klik di sini untuk detail lebih lanjut

3. Eiger Storm 1 // Harga Mulai Rp 620.000

Dari namanya saja, tenda camping ultralight buatan Eiger ini ditujukan untuk cuaca yang cukup buruk (baca: badai). Maka, durabilitas adalah aspek yang paling menonjol pada Eiger Storm 1.

Tenda ini terdiri dari dua lapisan dinding. Pada bagian dinding luar (flysheet), terdapat sebuah ventilasi yang berfungsi untuk mengalirkan uap hasil panas tubuh orang yang berada di dalam tenda. Karenanya, kamu tak perlu khawatir kepanasan saat berada di dalam tenda ini. Ventilasi itu juga berfungsi untuk meminimalisir tetes embun di dalam tenda.

Lapisan dinding dalam didominasi oleh jaring untuk menjaga kestabilan sirkulasi udara. Selain itu, bahan jaring ini juga akan memudahkan penglihatan ketika kamu ingin menikmati alam dari dalam tenda. Tenda ini juga aksesibel karena memiliki dua pintu yang terletak pada bagian kanan dan kiri. Eiger juga menyediakan lima tali pancang dan 24 pasak yang akan menjaga kestabilan berdirinya tenda.

Aspek Tinjauan
Bobot: 2,7 kg
Dimensi (panjang x lebar x tinggi): 260 x 240 x 100 cm
Tahan air: Ya
Kapasitas: 1 orang
Varian warna: 1 (oranye)

Klik di sini untuk detail lebih lanjut

4. Hewolf Ultralight 4 Seasons // Harga Mulai Rp 504.712

Dengan bobot tenda Hewolf Ultralight 4 Seasons yang hanya sekitar 1,3 kiloan, kamu tak perlu merasa terbebani ketika membawanya untuk pergi kemping ke gunung atau ke pantai. Kemasan tenda ini sendiri cukup unik. Bila kebanyakan tenda disimpan dalam tas yang memanjang, maka tenda Hewolf Ultralight 4 Seasons dibuat melingkar.

Bukan hanya demi estetika semata, kemasan melingkar itu sengaja dibuat agar memudahkan proses pendirian tenda nantinya. Caranya, buka tas bundarnya, lalu kembangkan srangka dan strap yang bersifat elastis. Meski menggunakan bahan yang elastis, tapi tenda ini cukup kokoh ketika berdiri, kok. Sebab, kaki Hewolf Ultralight 4 Seasons dibuat dari material galvanized iron yang diklaim sangat stabil.

Desain tenda camping ultralight cukup simpel, dengan satu pintu dan satu jendela. Meski hanya ada masing-masing satu pintu dan jendela, tapi tenda ini cukup breathable dan sejuk berkat teknologi air cooling dan material jaringnya yang juga anti nyamuk.

Aspek Tinjauan
Bobot: 1,35 kg
Dimensi (panjang x lebar x tinggi): 200 x 140 x 110 cm
Tahan air: Ya
Kapasitas: 2 orang
Varian warna: 1 (biru)

Klik di sini untuk detail lebih lanjut

5. Great Outdoor Monodome 2 Ultralight // Harga Mulai Rp 344.000

Tenda Great Outdoor Monodome 2 Ultralight juga tipe tenda yang sederhana karena hanya terdiri dari satu lapisan dinding. Material yang digunakan didominasi oleh polyester 170T. Karena hanya berbasis satu dinding, tenda Great Outdoor Monodome 2 Ultralight cukup praktis didirikan. Kamu bisa dengan mudah mendirikan tenda ini meski tak pernah punya pengalaman merakit tenda sebelumnya.

Serupa dengan tenda Hewolf Ultralight 4 Seasons, tenda Great Outdoor Monodome 2 Ultralight juga hanya memiliki 1 pintu tanpa vestibule. Rangka berbahan fiberglass adalah salah satu aspek yang membuat bobot tenda ini cukup ringan. Tapi, meski hanya menggunakan fiberglass, tenda ini cukup kokoh dan tahan angin.

Aspek Tinjauan
Bobot: 1,5 kg
Dimensi (panjang x lebar x tinggi): 205 x 140 x 100 cm
Tahan air: Ya
Kapasitas: 2-3 orang
Varian warna: 1 (biru)

Klik di sini untuk detail lebih lanjut

6. Merapi Mountain Firebird Ultralight // Harga Mulai Rp 770.000

Ditilik dari namanya, kamu tentulah sudah bisa menerka bahwa tenda camping ultralight yang satu ini adalah produk buatan pabrikan lokal. Tenda Merapi Mountain Firebird Ultralight memiliki dua lapisan dinding untuk memastikan ruang di dalam tenda selalu dalam keadaan nyaman.

Dinding pertama tenda (inner) dibuat dari bahan 190 T Polyester dan Mest B3. Sedangkan pada bagian luar (flysheet), dibuat dari bahan water resistant polyester. Untuk meminimalisir kebocoran atau rembesan air saat hujan, sambungan jahitan tenda camping ultralight tersebut dilapisi seam tape.

Kamu sendiri tak harus repot mencari area dengan permukaan keras agar bisa mendirikan tenda ini. Merapi Mountain Firebird Ultralight utamanya diciptakan untuk kemping di puncak gunung yang permukaannya tidak bersahabat. Meski medannya lunak ataupun keras, kamu tetap akan merasakan kenyamanan karena sifatnya yang free standing tent.

Aspek Tinjauan
Bobot: 1,7 kg
Dimensi (panjang x lebar x tinggi): 200 x 140 x 105 cm
Tahan air: Ya
Kapasitas: 2 orang
Varian warna: 1 warna (merah)

Klik di sini untuk detail lebih lanjut

Komentar Pengguna