Trend & Panduan

Insights

Teknologi

Produk Terbaik

iPrice Deals

Fashion & Kecantikan

Gaya Hidup

Keluarga & Anak

Produk
Kupon
Trend
Caranya
x
Trend & Panduan

6 TV LED Terbaik Di Bawah 5 Juta yang Bikin Nonton Serasa di Bioskop

17 January 2018 | Aldo Fenalosa

Zaman berubah, tampilan TV pun ikut berubah. Sekarang semua orang agaknya ingin punya TV LED terbaik untuk memenuhi kebutuhan hiburan mereka.

Bila berbicara TV, dulu kebanyakan orang hanya mempertimbangkan seberapa besar ukuran layar yang diperlukan untuk dapat menonton dengan nyaman. Ada juga kelompok yang tidak mementingkan ukuran layar (misalnya anak kosan), asal TV sudah berwarna maka lengkap sudah kebahagiaan mereka. Tak peduli TV itu buatan China atau malah tak bermerek sekalipun.

Di zaman now, memilih TV terbaik adalah salah satu persoalan yang semakin pelik. Mirip-mirip sulitnya dalam menentukan kepala daerah, apakah menjatuhkan pilihan pada yang agamais atau yang negarawan. Gimana enggak, semakin ke sini semakin banyak inovasi yang ditawarkan produsen TV. Ada yang aspek inovasinya yang masih masuk akal seperti bodi tipis, hemat listrik, dan awet. Ada pula aspek inovasi yang sebenarnya belum perlu-perlu amat (apalagi buat kebanyakan orang Indonesia), seperti gambar 3D, layar cekung, bla bla bla.

Tapi di balik semua itu, sebenarnya ada satu harapan umum orang-orang yang ingin membeli TV, yakni bisa menonton visual gambar yang berkualitas. Angannya bahkan kalau bisa seperti menonton layar bioskop yang jernih.

Selain aspek inovasi, tipe TV juga terbagi atas tipe layar yang digunakan. Ada layar LCD, ada layar LED. Tapi belakangan, banyak orang menjatuhkan pilihan pada TV LED karena pertimbangan konsumsi energi listrik dan ketahanan pemakaian.

Dilansir dari Liputan6, TV LED disebut lebih efisien dalam penggunaan listrik karena sistem cahaya emitting diode. Selain itu, rata-rata TV LED dapat bertahan dengan pemakaian di atas 75 ribu jam. Lalu, apa TV LED terbaik untuk kantong pas-pasan (baca: bajet di bawah Rp 5 juta)? Kami punya daftarnya untukmu.

1. Samsung K5100 // Harga Mulai Rp 3.800.000

Desain bodi TV LED Samsung K5100 ini terlihat cukup lumayan. TV ini dirangkai tanpa menggunakan banyak kabel, terlihat simpel dan praktis. Terlebih, TV ini dibekali 4 kaki yang bentuknya dapat diatur sesuai keinginan.

Tidak akan menjelimet ketika posisinya diubah-ubah. Kamu pun dapat menaruhnya di ruang manapun.

Pada aspek gambar, layar resolusi tinggi Samsung K5100 menggunakan teknologi Clean View yang diklaim memvisualkan gambar sejernih kristal. Warna yang dipancarkan juga akan tampak lebih hidup karena adanya fitur Wide Color Enhancer.

Kelengkapan
Full HD: Ya, 1920x1080p
Port USB: Ya
Port HDMI: Ya
Port Audio Out: Ya
Digital Broadcasting: DVB-T2

Klik di sini untuk detail lebih lanjut

2. LG 32LH510D // Harga Mulai Rp 2.390.000

TV LED LG 32LH510D ini hadir dengan konsep desain bodi yang menyesuaikan zaman, yakni menggunakan nuansa metalik pada balutan permukaan bezelnya. Positifnya lagi, keatraktifan warna metalik itu akan memperkaya nuasa ruangan tempat TV ini nantinya ditaruh.

Ada empat kaki dipakai untuk menopang TV ini jika kamu mau menaruhnya di bidang datar. Hanya saja, kaki-kaki itu tidak seperti kaki Samsung K5100 yang lebih mudah diatur bentuknya menyesuaikan kebutuhan.

Pada aspek gambar, TV LED ini menggunakan display beresolusi 1366x768 yang sudah HD. Warna yang dipancarkan juga cukup hidup karena berbekal teknologi Dynamic Color dari LG. Tak hanya itu, TV LG 32LH510D juga sudah berbekal fitur penerima saluran TV digital bertipe DVB-T2. Fitur ini bisa dipakai untuk melacak stasiun TV digital tanpa menggunakan antena.

Kelengkapan
Full HD: Tidak, sebatas HD 768p
Port USB: Ya
Port HDMI: Ya
Port Audio Out: Ya
Digital Broadcasting: DVB-T2

Klik di sini untuk detail lebih lanjut

3. Sony Bravia KDL32R300C // Harga Mulai Rp 3.000.000

Sony Bravia KDL32R300C berdesain thin bezel yang dituangkan warna hitam. Bagian depan TV ini tergolong minimalis, hanya memperlihatkan logo Sony sebagai manufakturnya dan power light.

Kaki-kakinya dibuat dari material plastik. Walau begitu, kaki-kaki itu cukup kokoh menopang TV agar senantiasa stabil saat ditaruh di atas permukaan datar. Hanya saja, kaki-kaki itu tidak bisa diatur sesuai keinginan karena diciptakan menyatu di setiap sisinya.

Kecerahan layarnya tergolong standar. Hanya saja, TV LED ini cukup efisien dalam pemakaian energi. Karena itulah kami tetap memasukkannya sebagai salah satu TV LED terbaik dalam daftar ini.

Kelengkapan
Full HD: Tidak, sebatas HD 720p
Port USB: Ya
Port HDMI: Ya
Port Audio Out: Ya
Digital Broadcasting: ATSC, QAM

Klik di sini untuk detail lebih lanjut

4. Panasonic TH-32D302G // Harga Mulai Rp 2.200.000

Model TV LED Panasonic TH-32D302G sejatinya tidak berbeda jauh dengan produk lain dalam daftar ini. Tapi bila dilihat lebih rinci, bagian bezel perangkat hiburan yang satu ini cukup presisi sehingga memunculkan nuansa estetika tersendiri saat disandingkan dengan dekorasi lain.

Menilik layarnya, Panasonic TH-32D302G menggunakan panel IPS LED. Panel ini memberikan daya hantar cahaya tinggi dan sudut tayang yang lebar. Berkat panel itu juga, energi yang digunakan untuk memancarkan kecerahan jadi lebih efisien.

Kelengkapan
Full HD: Tidak, sebatas HD 768p
Port USB: Ya
Port HDMI: Ya
Port Audio Out: Ya
Digital Broadcasting: Tidak

Klik di sini untuk detail lebih lanjut

5. Philips 4100 series 40PFA4150S // Harga Mulai Rp 4.000.000

TV LED Philips 4100 series 40PFA4150S ini hadir dengan teknologi terkini untuk mengoptimalkan visual benda-benda bergerak. Dinamai dengan Perfect Motion Rate, video benda bergerak yang divisualkan akan tetap terlihat tajam. Akan sangat memanjakan mata ketika kamu menonton film aksi, acara olahraga, atau bahkan bermain game.

Selain teknologi tersebut, Philips juga menekankan kecerahan gambar dengan menggunakan fitur Digital Crystal Clear. Perusahaan itu mengklaim, setiap gambar yang ditayangkan akan keluar dengan kontras, warna, dan ketajaman yang optimal.

Menyinggung bodinya, salah satu TV LED terbaik versi kami ini memiliki bezel yang sangat tipis agar kamu tidak merasakan ada batasan ketika sedang menikmati tontonan.

Kelengkapan
Full HD: Ya, 1920x1080p
Port USB: Ya
Port HDMI: Ya
Port Audio Out: Ya
Digital Broadcasting: Tidak

Klik di sini untuk detail lebih lanjut

6. Sharp Aquos LC40LE265M // Harga Mulai Rp 4.049.000

Tercermin dari harganya, TV LED Sharp Aquos LC40LE265M memiliki sejumlah fitur mumpuni untuk mengoptimalkan sistem hiburanmu. Pertama, layar Full HD-nya sungguh sangat jernih berkat sistem Edge-lit LED backlight.

Kedua, kamu bisa menonton sistem TV PAL, NTSC, maupun SECAM sekaligus di TV ini. Ketiga, Sharp Aquos LC40LE265M memiliki teknologi Ultra-Fine Motion 200 yang dapat menjaga ketajaman gambar meski menyorot benda-benda bergerak. Teknologi ini mirip seperti yang ada pada Philips 4100 Series.

Selanjutnya (ini sangat langka ditemukan pada TV LED), yakni sistem speaker berbasis 10w stereo. Sistem output suara yang langsung dibenamkan ke dalam bodi TV itu diklaim Sharp mampu menghantarkan suara yang sama jernihnya seperti kejernihan gambar yang ditayangkan.

Kelengkapan
Full HD: Ya, 1920x1080p
Port USB: Ya
Port HDMI: Ya
Port Audio Out: Ya
Digital Broadcasting: Tidak

Klik di sini untuk detail lebih lanjut

Komentar Pengguna