Trend & Panduan

Ternyata, GPS Bukan Hanya Digunakan Sebagai Map, Lho! Ini Buktinya!

20 July 2017 | Theresia Clara

Selama ini, sebagian besar orang mengenal GPS sebagai map alias penunjuk jalan. Padahal, ada berbagai macam GPS dengan fungsi yang berbeda-beda. Penasaran?

Semenjak menjamurnya kafe-kafe gaul serta strategi marketing lewat media sosial, tiba-tiba banyak orang yang menjadi para food lovers alias pencinta makanan. Hal ini membuat popularitas GPS ikut meningkat. Bagi yang punya mobil, mereka dapat dengan mudah pergi ke kafe atau restoran yang direkomendasikan walaupun tidak mengenal daerah tersebut. Selain makanan, tempat-tempat wisata juga menjadi ikut ramai karena tidak ada lagi rasa takut tersesat di jalan. Jika ada kemauan, pasti ada jalan. Jika pakai GPS, pasti sampai di tempat tujuan!

Nah, karena inilah sebagian besar orang mengasosiasikan GPS sebagai map. Sebenarnya, GPS map adalah salah satu jenis GPS, disebut juga sebagai navigation GPS, banyak digunakan oleh pengemudi mobil. Masih ada beberapa jenis GPS lainnya dengan fungsi dan bentuk yang berbeda, seperti berikut:

GPS Tracker atau Handheld

GPS tracker atau handheld adalah jenis GPS yang bentuk dan ukurannya mirip dengan HP, mudah untuk digenggam dan dibawa kemana-mana. Karena ukurannya yang kecil, GPS ini sering digunakan untuk kegiatan outdoor sebagai peta dan kompas. Banyak orang yang suka traveling, bersepeda dan mendaki gunung menggunakan GPS tracker karena mampu menunjukkan lokasi, ketinggian, topografi dan data-data lainnya dengan akurat. Selain itu, GPS tracker juga sering digunakan oleh yang hobi memancing dan berkemah karena mampu menunjukkan lokasi terbaik untuk memancing, menemukan teman yang tersesat serta melacak tempat yang nyaman untuk berkemah. Bagi Anda yang suka melakukan kegiatan outdoor wajib membawa GPS tracker untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dan sebagai penunjuk jalan ketika tersesat.

Beberapa fitur yang akan Anda temukan pada GPS tracker adalah layar sentuh, peta yang selalu updated, memberikan pilihan jalan, kompas digital, altimeter, alarm, kamera serta dapat disambungkan pada komputer. GPS tracker juga dapat digunakan ketika mengendarai mobil, mengemudikan kapal dan pesawat, namun tentu saja tidak dapat bekerja dengan akurat.

GPS Fitness

GPS fitness adalah GPS yang digunakan orang untuk berolahraga. Sebenarnya fungsi GPS ini sama saja dengan smartwatch untuk fitness. GPS fitness dilengkapi dengan fitur-fitur lain untuk meningkatkan program latihan, sangat cocok untuk orang yang sedang dalam program latihan dan fitness. Salah satu merek GPS fitness yang sangat populer adalah smartwatch Garmin. Anda dapat menemukan GPS fitness Garmin yang paling cocok untuk Anda, entah untuk bersepeda atau berlari. Sebagian besar GPS fitness tahan air dan memiliki bodi yang sangat kuat. Jika GPS fitness Anda dapat disambungkan dengan HP, Anda dapat memilih program latihan dan fitness yang lebih rumit. Semua data akan dicatat oleh GPS fitness dan disimpan dalam cloud, seperti jalur yang Anda lalui ketika berlari, jumlah kalori yang terbakar, jarak tempuh dan lain-lain.

Beberapa fitur yang akan Anda temukan pada GPS fitness adalah stopwatch, waktu, jarak, kecepatan (termasuk kecepatan maksimal dan rata-rata), virtual partner, interval latihan, altimeter dan profil latihan, peta rute, peta tujuan, irama ayunan pedal, navigasi serta program latihan untuk berbagai olahraga.

Sebenarnya, GPS mapadalah salah satu jenis GPS, disebut juga sebagainavigationGPS, banyak digunakan oleh pengemudi mobil.

GPS Marine

GPS marine adalah jenis GPS yang digunakan ketika berada di perairan. GPS marine sering digunakan oleh kapal komersial dan rekreasi. Dengan GPS marine, nahkoda akan mendapat tingkat akurasi peta yang tepat. GPS marine mudah digunakan, aman untuk berbagai kegiatan di perairan serta dapat digunakan pada kondisi apapun. GPS marine mampu menentukan lokasi dengan sangat tepat, bahkan seluruh informasi mengenai lokasi tersebut juga dapat ditampilkan! Fungsi utama GPS marine adalah untuk mencegah bencana yang tak terduga serta sebagai peta digital yang sangat canggih. Dengan GPS marine, Anda juga dapat melihat peta pantai-pantai pesisir, danau dan perairan lainnya. Hmm, mungkin GPS marine yang digunakan kapal pesiar perusak terumbu karang di Raja Ampat tidak updated! Padahal, GPS marine harusnya selalu updated, lho!

Anyway, beberapa fitur yang akan Anda temukan pada GPS marine adalah tampilan layar yang cerah, berawarna dan peta, navigasi ke tujuan, navigasi rute perjalanan, menyimpan navigasi rute perjalanan, tombol penentu keadaan darurat serta mengetahui kecepatan, jarak dan rute. Anda juga dapat menggunakan kompas digital, mendapat gambar pada satelit, panduan otomatis, keadaan air laut (pasang atau surut), area yang didiami banyak ikan serat alaram. Karena fitur-fiturnya yang canggih, GPS marine dijual dengan harga yang mahal.

GPS Aviation

GPS aviation adalah jenis GPS yang digunakan oleh pilot dan juga dijual dengan harga yang mahal. Jenis GPS inilah yang digunakan oleh para pilot modern. Sama seperti GPS marine, Anda tidak dapat membeli GPS aviation di sembarang tempat karena harga dan statusnya yang eksklusif. GPS aviation dilengkapi dengan instrumen-instrumen pesawat yang tersusun rapi sehingga mudah digunakan oleh pilot.

Beberapa fitur yang akan Anda temukan pada GPS aviation adalah halaman untuk peta, mengetahui medan yang ditempuh, peta dari rute yang dipilih, posisi pesawat, navigasi “direct-to”, informasi dari bandara dan kriteria bandara. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui diagram taxi, bandara, kota dan pelayanan penerbangan terdekat, keadaan cuaca, membuat rencana penerbangan serta alaram ketika pesawat berada di luar rute.

Nah, GPS mana yang ingin Anda beli?

Komentar Pengguna