Trend & Panduan

Insights

iPrice Deals

Produk Terbaik

Fashion & Kecantikan

Gaya Hidup

Keluarga & Anak

Teknologi

Trend & Panduan

Deretan Printer Epson yang Tak Cekik Dompet Saat Skripsi

01 September 2017 | Aldo Fenalosa

Skripsi biasanya membuat pengeluaran mahasiswa menggunung. Dan saat itulah Anda butuh printer ekonomis seperti Epson.

Fase paling mahal dalam kuliah itu yakni di awal dan di akhir. Fase awal karena biaya pendaftaran ini-itu yang menumpuk jadi satu. Kadang Anda sudah harus merelakan biaya ekstra lebih awal bila ingin mengikuti ujian saringan masuk mandiri.

Pengeluaran ketika fase skripsi juga tidak kalah banyak. Meski di atas kertas Anda tidak lagi perlu mengikuti kelas-kelas kuliah setiap Senin hingga Jum’at (bahkan Sabtu), tapi pada prakteknya berhemat bukanlah hal yang mudah.

Ada biaya-biaya tak terduga di sana. Bila ibu-ibu rumah tangga umumnya menyisihkan biaya tak terduga secara statis setiap bulan, maka Anda yang masih mahasiswa patut menyiapkan sejumlah biaya tak terduga sejak skripsi dimulai.

Skripsi dan Printer, Serta Hubungan Mesra Keduanya

Biaya tak terduga alias pengeluaran ekstra ini nominalnya tergantung pada progress skripsi Anda. Bila skripsi lancar-lancar saja tidak banyak masalah seperti revisi, maka tak perlu khawatir akan membengkaknya pengeluaran.

Tapi bila Anda sering terlibat pendalaman materi skripsi -sebut saja revisi- maka siap-siaplah alokasikan uang jajan Anda lebih banyak untuk cetak mencetak lembaran revisi yang berulang-ulang di warung printer terdekat.

Meski begitu, jangan parno dulu ketika skripsi sudah tiba waktunya. Jika Anda merasa terbebani dengan pengeluarannya, mari kompromikan. Misalnya, seleksi warung printer yang paling murah di area tempat tinggal Anda.

Atau Anda juga bisa menginvestasikan uang terlebih dulu untuk membeli perangkat printer sendiri. Sadar atau tidak, ngeprint sendiri akan lebih hemat dibandingkan terus-terusan memanfaatkan jasa warung printer. Mulai dari hemat secara teknis seperti kertas dan tinta hingga hemat yang non teknis seperti tenaga dan waktu untuk berkunjung ke warung printer. Nah sekarang, printer apa saja yang bersahabat dengan dompet mahasiswa?

Sejumlah printer masa kini hadir dengan kecanggihan yang tidak terbantahkan. Bahkan, printer 3D yang bisa mencetak objek nyata 3 dimensi bukan lagi hal baru. Tapi ingat, Anda belumlah perlu printer jenis itu bila fokus untuk mencetak lembaran skripsi saja.

Berburu Printer yang Ideal untuk Kantong Mahasiswa

Printer yang ideal untuk mahasiswa biasanya harus memenuhi kriteria seperti; harga terjangkau (akan lebih baik bila ada yang di bawah Rp500 ribu, kan?) dan responsif dalam mencetak dokumen. Tak pentinglah tampilannya. Atau kemampuan cetak 3D-nya.

Bila Anda setuju dengan kriteria itu, maka sodoran printer Epson jenis Ecotank ET-2500 patut dipertimbangkan. Printer Epson ini sengaja dibuat untuk memenuhi kebutuhan pencetakan dokumen yang masif setiap hari (seperti penggunaan harian di rumah atau kantor kecil) namun berbiaya yang efisien.

Epson Workforce Pro WF-4720DWF dapat mencetak hingga 20 halaman dalam satu menit

Berbicara kecepatan pencetakan, ada juga printer Epson Workforce Pro WF-4720DWF. Printer seri ini berbadan cukup bulky, pertanda workhorse di dalamnya. Tidak hanya sekadar untuk ngeprint, printer ini berfitur scanner, copier dan mesin fax. Pun ada sambungan USB dan Wi-Fi. Menilik beragam fungsi itu, agaknya lembaran penelitian skripsi maupun kumpulan berkas lainnya dapat digandakan sesuai kebutuhan. Terlebih, Epson mengklaim printer seri ini dapat mencetak hingga 20 halaman dalam satu menit. Kilat!

Skripsi terkadang tidak cuma soal tulisan. Ada kalanya ada banyak lembaran foto atau grafis pendukung data yang mengulas penelitian skripsi Anda. Porsi halaman ini akan jadi lebih banyak lagi bila Anda merupakan mahasiswa desain atau mahasiswa komunikasi. Dan bukan rahasia lagi cetakan lembaran foto, desain atau grafis lainnya jauh lebih mahal tarifnya di warung printer.

Namun, Anda tetap bisa mengakalinya, kok! Coba intip seri Epson Expression Premium XP-640. Kekuatan utama printer ini ada pada sistem pencetakan lima tintanya. Sistem tinta ini sangat mampu mengakomodir pencetakan foto berkualitas tinggi. Berkas-berkas grafis Anda akan tampak lebih meyakinkan dengan alat ini.

Nah, sudah tahu mau memilih printer yang mana?

Epson
L300
Dari Rp 1.620.000 ready stok..., silakan langsung di atcepson l300 downgrade dari l310 new unit 100% - tanpa tinta / no inkcocok untuk home industri percetakan, perawatan mudah tidak perlu wic key ketika wasting pad full, cukup menggunakan reseter l300unit l310 new downgrade ke l300, perawatan mudahtentu saja, garansi hilang / tidak berlaku karena telah mengalami modifikasi ( kartu garansi ikut disertakan )* jika di butuhkan testing awal ketik pada keterangan, printer akan di loading menggunakan tinta dyes xhd4000 untuk memastikan unit dapat bekerja dengan baik dan tidak cacat produksi dan akan di kuras semaximal mungkin, hingga aman dalam expedisidari printer l310 new unit downgrade firmware l300 menggunakan driver l300package :1 unit printer l300 - downgrade l310 new - tanpa tinta original / tanpa tinta initial setup1 kabel listrik, usb, driver l310, l300 & kartu garansi ( product non garansi - produk berikut telah mengalami modifikasi )- anda akan menerima 1 unit printer l300 - downgrade l310 new sdh ter loading tinta dyes xhd4000 dengan tangki tinta kosong (terkuras maksimal, utk meminimal kan kerusakan yang terjadi karena transportasi)- penggunaan tinta dyes selanjut nya dpt langsung disambung dgn mengisikan tabung infus terlebih dahulu, cleaning > nozzle cek- informasikan ke kita jika hendak di gunakan menggunakan tinta pigment / art paper, agar kita kuras kosong, tinta dyes dlm damper dan selang ( diperlukan bbrp x powerfull cleaning, setelah proses pengisian tinta pada tabung )

Komentar Pengguna