Trend & Panduan

Evolusi Kamera iPhone dari Generasi Pertama hingga iPhone 11

17 September 2019 | Indira Listiarini

Untuk menjadi fotografer handal, kamu tidak harus punya kamera profesional lagi. Cukup dengan kamera iPhone saja kamu sudah bisa mengabadikan momen di sekitarmu menjadi foto yang ciamik. Apalagi 13 September 2019, Apple resmi meluncurkan rangkaian iPhone terbaru dengan kamera yang sangat canggih - iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max - tidak sekadar dua kamera, tapi kali ini tiga kamera dalam satu smartphone.

Sejak kemunculan iPhone generasi pertama, memang sudah sangat terlihat bahwa Apple sangat fokus pada desain, fungsi, serta kualitas kamera. Jonathan Ive atau akrab disapa Jony Ive - telah resign dari Apple sejak Juni 2019 - adalah otak dibalik semua desain produk Apple, termasuk iPhone generasi pertama. Mulai dari tampilan perangkat keras Apple, user interface, kemasan, proyek arsitektural iPhone Park dan toko retail Apple, termasuk desain kamera pada iPhone merupakan tanggung jawabnya.

Sepanjang kariernya sebagai desainer Apple, Jony Ive berusaha menjaga iPhone tetap tipis meskipun ada peningkatan pada spesifikasi iPhone di setiap edisi barunya. Namun pada kenyataannya, semakin tinggi spesifikasi iPhone dan semakin tipis bodi iPhone, maka ada aspek desain yang harus dikorbankan. Contohnya, ketika rangkaian iPhone 11 diluncurkan, internet khususnya sosial media ramai dengan meme atau lelucon tentang desain kamera iPhone terbaru.

Lantas apakah desain kamera iPhone semakin hari kian memburuk? Mari telusuri lebih lanjut perkembangan desain kamera iPhone dari dari generasi pertama hingga yang terbaru, iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max?

iPhone Generasi Pertama 2G hingga 3GS

Pada rentang tahun 2007 hingga 2009, kamera iPhone masih menyatu dengan bodi alias tidak menonjol seperti seri terbarunya. Rata-rata kamera memiliki diameter 4,5mm hingga 5mm dengan resolusi 2MP dan 3MP.

  • iPhone Generasi Pertama “2G” (2007) : iPhone pertama yang dibuat Apple, memiliki kamera 2MP dengan resolusi 1600 x 1200. Pada tahun itu termasuk kamera handphone dengan kualitas terbaik. Bodinya cukup tebal, namun lubang kameranya kecil dengan diameter hanya 4,5mm.
  • iPhone 3G (2008) : Tidak banyak perubahan pada kamera iPhone 3G, masih dengan kamera 2MP dan resolusi yang sama. Hanya saja diameter kameranya lebih besar 0,5mm.
  • iPhone 3GS (2009) : Meskipun seperti kembar identik dengan iPhone 3G, iPhone 3GS hadir dengan resolusi kamera lebih tinggi yaitu 3MP dan sudah dapat merekam video beresolusi VGA (640x480). Selain itu kamera iPhone 3GS sudah punya auto-focus dan auto-white balance.

iPhone 4 hingga iPhone 5

Tahun 2010 merupakan tahun yang cukup menegangkan untuk Apple. Prototype iPhone 4 yang akan diluncurkan malah hilang karena kelalaian salah satu pegawainya. Bahkan prototype itu bocor di internet dan membuat Steve Jobs cukup kesal.

Pada Apple iPhone 4 ini mungkin kamu sudah mulai menyadari ada perubahan pada kamera iPhone. Kualitas kameranya jauh meningkat menjadi 5MP dengan tambahan LED flash, termasuk kualitas rekaman video yang menjadi HD (720p). Spesifikasi kamera yang semakin tinggi dan eleman kamera yang terus bertambah, diameter kamera pun jadi lebih besar yaitu 6mm. Dan jika kamu sadar, kali ini kamera iPhone memiliki ring yang menonjol.

Generasi berikutnya, iPhone 4S masih mengadopsi desain dan besar yang sama seperti iPhone 4. Perubahan signifikan hanya terjadi pada resolusi kamera yang meningkat menjadi 8MP serta penambahan fitur face detection.

Tahun 2012 iPhone 5 muncul masih dengan desain kamera yang sama dengan iPhone 4 dan 4S namun mengalami perbaikan kualitas kamera. Perubahan justru terjadi pada iPhone 5S pada tahun 2013 dimana smartphone ini tidak lagi memiliki ring. Selain itu iPhone 5S punya dual LED flash untuk menghasilkan hasil foto dengan warna yang lebih akurat. Di samping kemunculan iPhone 5S, iPhone 5C turut serta hadir sebagai versi “low-cost” iPhone dengan bodi plastik. Kualitas kamera sama dengan iPhone 5S, tapi kamera tidak memiliki ring dan LED flash hanya satu.

Rangkaian Seri iPhone 6 hingga iPhone 5SE

Rangkaian seri iPhone 6 merupakan langkah baru Apple untuk memperkenalkan iPhone yang lebih tipis. Namun di rangkaian seri iPhone 6 inilah tonjolan kamera iPhone mulai benar-benar terlihat. Kamera iPhone 6 menonjol kurang lebih 1mm dari bodinya dan memiliki ring metal. Banyak yang tidak puas dengan desain kamera baru ini karena tak sedap dipandang. Selain itu tonjolan ini membuat iPhone tidak dapat diletakkan di tempat datar karena tidak stabil.

Dari iPhone 6 hingga 6S Plus, Apple tetap mempertahankan desain kamera iPhone yang menonjol dan memiliki ring metal. Perubahan hanya terjadi pada kualitas kamera iPhone 6S dan 6S Plus menjadi beresolusi 12MP.

Uniknya setahun setelah iPhone 6S dan 6S Plus muncul, Apple melansir iPhone 5SE yang dikutip dari Mashable merupakan sebuah anomali. Smartphone ini memiliki bodi iPhone 5S namun kameranya adalah gabungan dari iPhone 6S dan 5S (kamera belakang 12MP dan kamera depan 1.2 MP). Selain itu kamera belakang iPhone 5SE tidak menonol melainkan datar seperti rangkaian iPhone 5 dan 5S. Meskipun begitu, iPhone 5SE adalah iPhone terakhir yang kameranya tidak menonjol.

Lalu bagaimana desain kamera iPhone setelah kehadiran iPhone 5SE?

iPhone 7 hingga iPhone 8

Tahun 2016, iPhone melansir smartphone terbarunya yaitu iPhone 7 dan 7 Plus. Pada kedua seri iPhone ini terlihat bahwa desain kamera belakang berubah cukup drastis. Pertama, iPhone 7 kini tidak lagi menggunakan ring metal, Apple justru mencampur tonjolan kamera tersebut dengan bodi iPhone sehingga terlihat menyatu. Desain ini sudah cukup membaik dari sebelumnya, walaupun tonjolan kamera tetap ada.

Kedua, sesuai namanya dengan embel-emble “Plus”, iPhone 7 Plus dibekali kamera sekunder dengan lensa “2x telephoto” tepat di sebelah kamera utama. Desain kamera horizontal dan keduanya dalam satu frame lonjong. Tentu saja desain kamera lebih menonjol dari sebelumnya. Bagi banyak orang, mereka tak masalah dengan kamera yang menonjol ini asalkan setimpal dengan profesionalitas kamera. Kamera yang menonjol ini pun turut menyatu dengan bodi seperti iPhone 7.

iPhone 8 dan 8 Plus masih mengikuti formula desain iPhone 7 dan 7 Plus. Namun yang membedakannya adalah Apple membawa kembali ring metal untuk seri iPhone 8 dan 8 Plus.

iPhone X

Tahun 2018 merupakan momen penting Apple. Mereka memperkenalkan iPhone X, seri terbaru iPhone tanpa tombol Home dan hadir dengan dual kamera vertikal yang besar. Kamera utama, kamera sekunder, dan LED flash berada dalam satu frame sebesar 24.19mm x 11.7mm x 1.22 mm.

Kualitas kamera iPhone X sendiri tak berbeda jauh dengan iPhone 8 Plus. Perbedaannya hanya pada kamera sekunder X memiliki f/2.4 sementara 8 Plus memiliki f/2.8. Hingga iPhone XS dan XS Max muncul, Apple masih mempertahankan desain kamera yang sama, dual kamera vertikal.

Di tahun yang sama Apple turut menghadirkan iPhone XR, versi “low budget” untuk seri X. Berbeda dengan seri iPhone X lainnya, iPhone XR hanya memiliki satu kamera saja dengan desain yang lebih minimalis. Kamera iPhone XR masih tetap menonjol, tetapi tidak dengan ring metal atau ring yang menyatu dengan bodi. Desain kamera iPhone XR melainkan benar-benar membuat kamera menonjol tanpa menyatu dengan bodi dan ring.

iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max

Pada seri terbaru iPhone di tahun 2019 ini, iPhone menghadirkan smartphone dual kamera pada iPhone 11 dan memperkenalkan sistem tiga kamera pada iPhone 11 Pro dan 11 Pro Max. Ketiga kamera ini punya banyak fitur baru untuk iPhone seperti fitu wide, ultra wide, dan telephoto yang lebih canggih. Dipastikan kamu akan merasakan pengalaman kamera pro-level dalam sebuah smartphone.

Namun, desain kamera iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max ini menjadi lelucon bagi banyak orang. Desainnya dianggap buruk. Sampai-sampai internet diramaikan dengan meme atau lelucon tentang kamera iPhone ini. Bahkan ada yang mengatakan bahwa desain kamera ketiga iPhone ini memicu tyrophobia.

Berbeda dengan seri iPhone X dan iPhone 8, desain kamera iPhone 11, Pro, dan Pro Max jauh berubah. Tonjolan kamera menjadi double. Tonjolan pertama berbentuk kotak bak wadah untuk kamera dan LED flash. Kemudian tonjolan kedua adalah kamera itu sendiri. Bukan hanya itu saja, bahkan diameter kamera lebih besar dari kamera-kamera iPhone sebelumnya. Bentuk ini benar-benar unik hingga memicu banyak perbincangan dan perdebatan.

Meskipun desainnya mengalamiperdebatan, tak dapat dipungkiri jika masing-masing kamera iPhone ini memiliki kelebihan yang saling melengkapi :

  • iPhone 11 : dua kamera belakang, 12 MP Wide dan 12 MP Ultra Wide.

  • iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max : tiga kamera belakang, 12 MP Wide, 12 MP Ultra Wide, dan 12MP Telephoto.

Bagaimana pendapatmu tentang desain kamera iPhone generasi pertama hingga iPhone 11? Seri iPhone mana yang menjadi favoritmu?

Komentar Pengguna