Trend & Panduan

Fitur Rahasia Windows yang Akan Meningkatkan Skill Komputerisasi Anda

25 September 2017 | Aldo Fenalosa

Ada banyak rahasia di perangkat Microsoft Windows yang menunggu Anda ulik. Tidak hanya CLRT + S semata, lho!

Windows diciptakan pertama kali pada tahun 1985 dengan kode rilis 1.0. Dilansir dari The Guardian, ada sembilan versi utama yang telah dilepas Microsoft semenjak tahun pertama sistem operasi ini diperkenalkan. Mulai dari Windows yang grafisnya seperti tetris hingga visual definisi tingkat tinggi yang dinamis.

Microsoft mencatat ada sekitar 400 juta orang yang aktif menggunakan Windows 10 pada tahun 2016

Kepopuleran Windows sebagai sistem operasi pada jaringan komputer tidaklah terbantahkan. Tahun lalu saja, Microsoft mencatat ada sekitar 400 juta orang yang aktif menggunakan Windows 10, OS paling mutakhirnya. Barangkali Anda pun saat ini adalah pengguna Windows yang fanatik.

Tapi apa Anda benar-benar fanatik hingga merasa khatam dengan Windows yang digunakan? Coba ulik dulu sejumlah fitur rahasia Windows ini untuk membuktikannya. Jika sudah lazim dengan itu, berarti skill komputerisasi Anda sudah terbilang “dewa”.

Split Jendela Layar

Orang-orang yang multitasking cenderung menggunakan lebih dari satu jendela layar ketika mengoperasikan Windows. Tumpukan jendela layar, mulai dari Ms. Word, Excel, hingga Adobe bukan lagi pemandangan aneh di komputer mereka. Nah, window yang berlapis-lapis itu bisa Anda rapikan dengan fitur split jendela layar ini. Caranya cukup dengan drag satu per satu jendela ke sisi sebelah kiri dan kanan. Dua window akan berjejer dengan rapi. Empat window pun tidak jadi masalah. Silahkan dicoba.

Memfokuskan Jendela Layar

Akan sedikit ribet ketika ingin menyusutkan pop-up jendela terlalu banyak di layar. Alih-alih buru-buru ngeklik tombol minimize, terkadang kita justru tidak sengaja menutup layar terkait. Menyebalkan! Jika Anda kerap mengalami hal itu, coba mulai sekarang goyang-goyangkan satu window yang ingin digunakan. Seketika, pop-up jendela lain akan menyusut dengan sendirinya meninggalkan halaman window yang Anda goyangkan.

Mentransparankan Command Prompt

Biasanya jendela Command Prompt hadir dengan tampilan gelap. Sebetulnya tampilan yang kelam itu bisa diracik ulang di Microsoft Windows yang Anda gunakan sekarang. Jalankan terlebih dahulu Command Prompt pada perangkat Anda. Setelah itu klik kanan bagian Title Bar, lalu menuju Properties yang bemuara di bagian Color. Dari sana, Anda bisa sesuka hati mengubah warna latar maupun teks, bahkan hingga menjadi transparan sekalipun. Anda akan tampak sakti mandraguna dengan Command Prompt yang nyeleneh ini.

Kembali ke Desktop Secepat Kilat

Terlalu banyak tab, window dan pop-up aplikasi berserakan di layar komputer Anda? Tapi terlalu malas untuk menutupnya satu per satu? Coba arahkan pointer mouse Anda ke pojok kanan paling bawah layar, klik! Maka, Anda akan mendapati desktop yang bersih dari pop-up segala macam window. Psst, trik ini juga bisa Anda lakukan bila tidak ingin ketahuan online sosmed saat jam kerja oleh si bos.

Jadi, fitur mana yang belum pernah Anda coba? Perlu diketahui, gunakanlah OS Windows 10 agar semua fitur ini dapat bekerja seperti yang Anda bayangkan.

Komentar Pengguna