Trend & Panduan

Huawei P20 dan P20 Pro Dilengkapi Tiga Kamera Leica, Serius?

30 March 2018 | Theresia Clara

Di film “Pacific Rim”, kaiju alias monster datang tak terduga. Kali ini, dunia gadget heboh dengan kehadiran Huawei P20 dan P20 Pro, HP ‘monster’ ciptaan Huawei yang dilengkapi tiga kamera Leica!

Biasanya, gebrakan baru dalam dunia gadget yang paling sensasional berasal dari vendor raksasa seperti Apple dan Samsung. Namun, beberapa hari lalu vendor asal Tiongkok, Huawei, membuat semua orang terbelalak dengan meluncurkan Huawei P20 dan P20 Pro yang dilengkapi tiga kamera Leica! Betul, kalian tidak salah baca. TIGA, saudara-saudara!!!

Eits, tapi ternyata bukan dua-duanya. Huawei P20 dilengkapi dengan dua kamera utama sementara Huawei P20 Pro menjadi handphone pertama di dunia yang memiliki tiga buah kamera. Selama ini, Huawei memang populer dengan kolaborasi mereka dengan Leica, merek asal Jerman yang memproduksi lensa dan kamera papan atas. Namun, ditengah maraknya HP dengan dual camera, siapa sangka Huawei akan meluncurkan Huawei P20 Pro dengan tiga buah kamera utama? Tidak tanggung-tanggung, merek Leica pula!

Huawei P20 Pro, HP Pertama dengan Tiga Buah Kamera Utama

Foto: popsci.com

Apa saja fungsi dan kecanggihan dari ketiga kamera utama pada Huawei P20 Pro? Kamera utama pertama pada Huawei P20 Pro sebesar 40 Mp dan dipersenjatai dengan A.I Image Stabilization (AIS). Kamera utama kedua sebesar 8 Mp dan memiliki Optical Image Stabilization, sementara kamera utama ketiga sebesar 20 Mp dengan lensa mono.

Setiap lensa pada kamera Leica tersebut memiliki aperture yang berbeda, mulai dari f/1.6 hingga f/2.0. Artinya, hasil fotomu akan senantiasa terlihat tajam, fokus, terang dan mengagumkan dalam kondisi cahaya apapun! Selain itu, HP Huawei ini juga mampu melakukan Hybrid Zoom sebanyak lima kali. Fotomu tidak akan menjadi buram dan kualitasnya tetap bagus walaupun diambil dari jarak jauh, deh!

Ck,ck,ck! Dengan handphone berkamera canggih seperti ini, kamu tidak perlu lagi mengidam-idamkan kamera Leica yang super mahal itu. Dengan Huawei P20 Pro, kamu sudah mendapatkan HP baru sekaligus kamera Leica! Bagaimana dengan kamera selfie Huawei P20 dan Huawei P20 Pro? Kedua HP Huawei ini dipersenjatai dengan kamera selfie sebesar 24 Mp. Asyik, kan?

Desain Huawei P20 dan P20 Pro Meniru iPhone X?

Foto: BGR.com

Setelah peluncuran kedua HP Huawei ciamik ini, banyak orang berkomentar kalau Huawei meniru desain iPhone X. Memang benar, layar AMOLED Huawei P20 dan P20 Pro super lebar, ‘dagu’-nya sempit serta ‘berponi’. Namun, sebenarnya Huawei bukanlah vendor pertama yang menciptakan handphone dengan desain yang menyerupai iPhone X.

Saat Mobile World Congress yang berlangsung di Barcelona awal bulan Maret, beberapa vendor HP juga mengeluarkan HP baru dengan desain serupa. Salah satunya adalah ASUS dengan ZenFone 5 terbaru mereka. Menurut Global Head Marketing mereka, ASUS tidak meniru desain iPhone X tapi mengikuti permintaan pasar. Benar juga sih, dalam dunia gadget, semua yang baru dan on-demand lambat laun akan diikuti juga oleh vendor lainnya.

Handphone dengan Case Kaca Ala Northern Lights

Foto: cnet.com

Para traveler, sebagian besar dari kalian pasti ingin menyaksikan Northern Lights atau Aurora Borealis dengan mata kepala sendiri, kan? Apalagi yang hobi fotografi! Sambil menabung, kamu bisa melakukan persiapan lainnya dengan memiliki Huawei P20 Pro. Huawei P20 Pro memiliki case belakang yang mengkilap dan memancarkan gradasi warna biru, ungu, hijau dan hitam – seperti Northern Lights!

Meskipun Northern Lights hanya dapat diabadikan dengan DSLR, namun dengan smartphone Huawei tersebut kamu bisa selfie saat mengunjungi Desa Sinterklas atau naik papan luncur yang ditarik oleh Siberian Husky. Menggenggam Huawei P20 Pro yang berwarna Twilight akan membuatmu menonjol dan menjadi pusat perhatian!

Spesifikasi Huawei P20 dan Huawei P20 Pro

Agar lebih mudah membandingkan kedua HP Huawei tersebut, berikut adalah spesifikasinya:

SPESIFIKASI HUAWEI P20 HUAWEI P20 PRO
Layar 5,8 inci - IPS LCD 6,1 inci - AMOLED
Platform Android 8.1 (Oreo), Hisilicon Kirin 970, Octa-core Android 8.1 (Oreo), Hisilicon Kirin 970, Octa-core
Memori dan RAM 128 Gb, RAM 4 Gb 128 Gb, RAM 6 Gb
Baterai 3400 mAh 4000 mAh
Pilihan Warna Black, Gold, Pink, Blue Twilight, Black, Midnight Blue, Pink Gold

Lalu, berapa harganya? Huawei telah mengumumkan bahwa harga Huawei P20 adalah 679 Euro (sekitar sembilan jutaan rupiah) dan 899 Euro (hampir mencapai tiga belas juta rupiah). Bagi para Apple dan Samsung fanboy, apa kamu sekarang merasa menyesal membeli iPhone X dan Samsung S9? Hehe!

Baca juga: “iPhone 9 vs Samsung Note 9 – Mana yang Lebih Laris, Ya?”

Baca juga: “Nokia Banana Phone is Back dan Lebih Imut, Beli Gak Ya?”

Komentar Pengguna