Trend & Panduan

Insights

Teknologi

Produk Terbaik

iPrice Deals

Fashion & Kecantikan

Gaya Hidup

Keluarga & Anak

Produk

Kupon

Trend & Panduan

Kamu Anak IT, Buruan Hack Printer HP dan Dapatkan USD10k!

01 August 2018 | Theresia Clara

Bagi kamu yang ingin mencoba keberuntungan, HP akan memberi ganjaran hingga USD10k jika kamu bisa hack printer mereka!

Bidang informatika atau IT adalah salah satu jurusan dengan penghasilan yang tinggi. Selain dari sisi ekonomi, yang ingin mencoba keberuntungan bekerja di luar negeri juga memiliki kesempatan yang besar. Membahas soal penghasilan, apa kamu pernah terpikir untuk mendaftarkan diri jadi hacker? Eits, maksud saya bukan hacker yang merugikan orang lain, lho!

Beberapa perusahaan raksasa seperti Google dan Facebook sering mengadakan bug bounty untuk menyempurnakan sistem keamanan mereka. Pekerjaan tetapmu adalah sebagai hacker, mencoba menerobos sistem keamanan Google atau Facebook. Jika kamu berhasil, kamu harus segera melaporkan kelemahan (bug) tersebut sebelum ditemukan dan disalahgunakan oleh hacker asli. Hingga sekarang, bug bounty alias imbalannya bisa mencapai USD100k - hampir 1,5 milyar rupiah, lho!

Sumber Foto: PCMag.com

Biasanya, hacker menyerang software, email dan media sosial. Namun, salah satu vendor printer dan komputer terbesar, HP, mulai waswas dengan printer mereka. Belum lama ini mereka mengumumkan program bug bounty pertama mereka yang menargetkan printer. Siapa yang berhasil hack printer mereka akan mendapatkan USD10k (sekitar 144 jutaan rupiah)! Wooow, kamu anak IT, tergiur untuk mencoba?

Sumber foto: Newsvoice

Ternyata, HP telah meluncurkan program ini sejak bulan Mei dan sudah ada 34 orang ‘hacker’ yang mendaftarkan diri. Menurut Shivaun Albright, Chief Technologist for Printer Security, sudah ada seorang hacker yang berhasil menemukan kesalahan serius pada printer HP dan menerima imbalan tersebut. Yang menjadi pertanyaan, mengapa HP memilih printer? Alasannya, mereka ingin berfokus pada perangkat yang terhubung dengan internet dan perangkat lain.

Umumnya, orang lebih khawatir akan keamanan smart TV atau webcam mereka daripada printer. Namun, sebenarnya printer juga rentan kena hack! HP melihat banyak orang tidak menyadari hal ini, padahal printer sudah ada sejak zaman bahela. Pada tahun 2016 lalu, ada insiden dimana tiga orang remaja berusia 20-21 tahun menciptakan Mirai botnet, sebuah jaringan yang menge-hack ratusan ribu komputer dan perangkat yang tersambung padanya seperti CCTV dan DVR. Insiden ini super viral karena berhasil menurunkan Netflix, Twitter dan Reddit.

Belajar dari kasus ini, HP pun menyadari kalau printer juga termasuk perangkat yang disambungkan pada internet dan komputer sehingga beresiko kena hack. Bagi kamu anak IT yang berminat jadi hacker-nya HP, bisa mendaftarkan diri di Bugcrowd, sebuah website khusus untuk bug bounty. Selanjutnya, kamu akan mendapat akses ke 15 printer HP yang berkedudukan di kantor pusat mereka. Sebagai catatan tambahan, imbalan USD10k ini hanya berlaku jika kamu menemakan kelemahan yang serius (misalnya hacker bisa mengambilalih printer secara keseluruhan) dan cara mengatasinya.

Bagaimana, sangat menarik, kan? Buruan daftar dan coba keberuntunganmu, siapa tahu kaya mendadak, hehe!

>> Baca juga: “Tinta Printer HP: Original Tak Mesti Mahal!”

>> Klik untuk Melihat Harga Printer Termurah

Komentar Pengguna