Trend & Panduan

Mengapa Anda Masih Membutuhkan Perekam Suara?

29 September 2017 | Aldo Fenalosa

Mengandalkan alat perekam dari ponsel pintar saja tidak akan cukup memberi hasil rekaman yang bagus.

Setiap ponsel pintar zaman sekarang biasanya telah dilengkapi fitur perekam suara untuk mendukung kebutuhan audio penggunanya. Tapi fitur perekam suara yang ada pada ponsel itu sejatinya tidak memberi hasil rekaman yang maksimal bila dibandingkan perangkat perekam yang benar-benar khusus dibuat untuk menangkap suara.

Tahukah Anda bahwa agar lebih efisien, biasanya produsen ponsel melakukan sejumlah “pengorbanan” untuk menambahkan fitur perekam ke dalam produk mereka. Alat perekam pada ponsel cenderung menggunakan penyaring bernama high-pass filter. Filter ini menghilangkan suara-suara noise berfrekuensi di bawah 300 hertz. Hanya saja, suara yang dihasilkan dari filter ini cenderung kecil dan terasa jauh. Selain itu, detail-detail suara juga tidak dapat direkam karena adanya filter ini pada ponsel.

Hasil rekaman dari fitur iPhone 6 menjadi yang paling buruk dibandingkan dengan perangkat khusus yang dibuat oleh produsen seperti Sony, Yamaha dan Olympus untuk merekam suara

Situs Thewirecutter.com pernah melakukan percobaan terkait perekam suara. Dalam percobaannya, situs teknologi ini juga mengikutsertakan fitur perekam dari iPhone 6. Setelah pengujian selesai, hasil rekaman dari fitur iPhone 6 menjadi yang paling buruk dibandingkan dengan perangkat khusus yang dibuat oleh produsen seperti Sony, Yamaha dan Olympus untuk merekam suara. Produk Apple itu sendiri hanya terlihat baik dalam aspek kejelasan suara karena memiliki fitur noise-cancelling.

Keunggulan Alat Perekam Suara

Selain kualitas suara, secara umum ada sejumlah aspek lain yang membuat alat khusus perekam suara jauh unggul di atas fitur perekam pada ponsel pintar. Pertama, alat khusus perekam suara memiliki daya baterai yang panjang sehingga Anda dapat menggunakannya untuk kebutuhan perekaman seperti wawancara, rapat, atau seminar.

Kedua, kapasitas perekaman tidak bergantung pada ketersediaan memori sisa dari ponsel. Biasanya perangkat perekam suara memiliki ruang penyimpanan bawaan berkapasitas 4 GB. Ketersediaan slot memori eksternal juga mudah ditemukan pada perangkat perekam suara yang berharga di atas 700 ribu rupiah.

Ketiga, perangkat perekam tidak membutuhkan media spesifik seperti kaset, CD atau mini disc untuk menyimpan rekaman suara karena langsung disimpan dengan format digital ke dalam kartu memori, baik itu kartu memori internal maupun eksternal. Data digital ini juga menjad mudah digunakan dan diedit ketika Anda membutuhkannya. Keempat, pengoperasian perangkat rekam cukup sederhana karena navigasi yang mudah diatur serta tombol-tombol fitur yang jelas fungsinya.

Alat Perekam Suara yang Ideal

Ada banyak alat perekam yang bisa Anda pilih di pasaran. Namun tak perlu khawatir bila Anda tidak memiliki pengalaman memilih alat perekam suara yang ideal. Kami merangkum sejumlah hal yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih perekam suara, yakni:

  • Perekam dengan tampilan layar dan sistem tombol navigasi yang mudah dibaca maupun dioperasikan. Perhatikan juga apakah alat Anda dapat digunakan dengan satu tangan.
  • Mampu memindahkan data ke perangkat komputer atau perangkat pengolah lain melalui port
  • Daya baterai yang dapat diisi ulang melalui port USB maupun baterai
  • Pilihlah perekam suara yang dapat merekam dalam berbagai ekstensi format dan berbagai bit rate.

Opsi Ekstra

Pada umumnya, alat perekam suara memiliki tombol rekam, jeda dan tombol berhenti. Perangkat rekam yang diproduksi sekarang juga telah mendukung dua tipe memori penyimpanan, yakni memori internal dan memori eksternal. Produsen alat rekam seperti Sony dan Olympus biasanya memberi kapasitas memori internal di atas 2 GB. Sony juga tidak pelit untuk memberi slot memori eksternal pada perangkatnya.

Selain memori penyimpanan, sejumlah alat perekam suara juga dilengkapi dengan jack eksternal yang bisa Anda sambungkan ke mikrofon tambahan atau headphone. Beberapa perangkat rekam moderen juga dibuat dengan kelengkapan fitur noise-filtering. Fitur ini memberi efek suara yang lebih jernih meski Anda berada di ruangan besar yang boros echo.

Komentar Pengguna