Panduan Memilih Kamera yang Cocok untuk Liburan ala Milenial

Amor Ananta

Namanya juga kids zaman now, nggak afdol kalau liburan nggak foto-foto ciamik yang siap upload di media sosial.

Siapa sih yang nggak suka liburan? Kegiatan ini memang dianggap ampuh banget untuk mengusir rasa bosan dari rutinitas sehari-hari. Terutama bagi kamu yang sibuk bekerja kantoran, pusing ngerjain skripsi, atau yang memang lagi bosan aja sama kehidupan.

Liburan emang nggak lengkap tanpa membawa kamera untuk menghasilkan foto-foto kenangan yang kece dan siap untuk dipamerkan di media sosial. Ada berbagai macam kamera yang bisa bikin jepretan jalan-jalanmu apik, mulai dari kamera digital, kamera aksi, hingga drone yang bisa mengambil pemandangan yang luas dari langit.

Tapi kamu juga perlu menyocokkan kamera dengan jenis liburanmu. Salah-salah malah membuatmu repot dan mubazir karena tidak dipakai semaksimal mungkin. Cari tahu yuk jenis kamera apa yang wajib dibawa untuk liburanmu nanti!

Kamera Mirrorless

Kamera mirrorless emang lagi ngetren banget. Mungkin dulu kamera DSLR/SLR menjadi primadona untuk para fotografer pemula, namun sekarang kamera mirrorless dianggap lebih praktis karena ukuran bodinya yang relatif kecil, ringan, dan kualitasnya yang sanggup menyaingi DSLR/SLR.

Kamera mirrorless ini cocok banget buat yang mau liburan ke daerah perkotaan, terutama bagi kamu yang demen sama street photography. Bodinya yang ringkas akan membuatmu nyaman memotret sambil jalan-jalan keliling kota.

Sekarang terdapat banyak sekali rekomendasi kamera mirrorless yang cocok untuk pemula. Kamu bisa mencoba Olympus OM-D E-M10 mark III, Sony A6000, atau Fujifilm X-A5.

Dari segi kualitas, tiga-tiganya memiliki keunggulan masing-masing, tergantung dari kebutuhan. Bagi kamu yang benar-benar pemula dan mencari kamera dengan kaya fitur dan mudah dioperasikan, mungkin Sony A6000 cocok untukmu.

Sony A6000 merupakan salah satu kamera mirrorless yang fleksibel dan canggih. Dengan sensor APS-C berkekuatan 24.3 MP tentu akan menghasilkan foto yang tajam dan jernih. Selain itu kamera ini dilengkapi dengan sistem Fast Hybrid AF yang memungkinkan pengambilan fokus objek foto yang cepat dan akurat.

Jika kamu penggemar sensor micro four thirds dengan tampilan retro, Olympus OM-D E-M10 mark III bisa menjadi pilihan. Kamera ini memang menjadi salah satu mirrorless terbaik dengan bodi yang lebih kecil dari kamera mirrorless pada umumnya. Berbekal sensor micro four thirds dan resolusi 16 megapiksel, hasil jepretan Olympus terbilang tajam dan cerah. Menariknya, kamera ini mampu merekam video 4K dan prosesor gambar yang menghasilkan 121 titik fokus otomatis, cocok juga buat kamu yang ingin sekalian vlogging.

Nah, untuk kamu yang lebih suka kamera mirrorless yang mudah digunakan dan kekinian, kamu bisa memilih Fujifilm X-A5 yang memang diperuntukkan untuk anak-anak muda. Kamera ini cocok banget buat kamu yang hobi selfie karena dilengkapi dengan layar touchscreen yang bisa diflip 180 derajat.

Kamera Pocket

Perbedaan yang cukup mencolok pada kamera pocket dibanding kamera mirrorless dan kamera DSLR/SLR adalah kamera digital memiliki built-in lens alias pengguna tidak bisa menggonta-ganti lensa seperti jenis kamera lainnya.

Untuk kamu yang awam banget soal fotografi, nggak suka ribet, dan ingin mendapatkan hasil foto liburan yang bagus serta instragrammable, maka kamera pocket adalah jenis kamera yang paling cocok untukmu.

Seperti namanya, kamera pocket memiliki ukuran yang kecil, praktis, dan mudah digunakan. Jangan skeptis dulu dengan hasil jepretannya. Kamera pocket jaman sekarang pun memiliki kualitas yang mumpuni dan tidak kalah dengan kamera mirrorless atau DSLR/SLR.

Salah satu kamera pocket yang paling best seller dan unggul adalah Canon PowerShot G7X Mark II yang dilengkapi dengan layar touchscreen dan bisa diflip untuk keperluan selfie. Kamera ini dijamin nggak akan mengecewakanmu meski memotret di tempat yang kurang cahaya sekalipun karena memiliki sensor yang cukup besar (1” CMOS), lensa 24-100mm f/1.8-2.8, dan juga ISO yang mencapai 12800.

Buat kamu yang nggak suka membawa kamera yang berat-berat, maka Canon PowerShot G7X Mark II sangat cocok buatmu dengan bobot hanya 319 gram saja.

Selain Canon, Sony juga memproduksi kamera pocket berkualitas yang bisa kamu pilih sesuai dengan budget yang kamu miliki.

Action Cam

Buat kamu yang berniat liburan yang penuh dengan kegiatan fisik seperti naik gunung, berselancar, atau bermain kayak di sungai, ada baiknya kamu membawa kamera aksi (action cam) yang kecil dan praktis. Karena nggak mungkin kan lagi arung jeram tapi sambil motret pakai kamera DSLR?

Keuntungan action cam ini tidak lain dari kepraktisan dan ukurannya yang sangat mini. Selain itu action cam dilengkapi dengan fitur waterproof, sanggup dibawa menyelam hingga kedalaman 30 meter, dan lensa wide-angle yang bisa mencakup pemandangan dengan lebih luas. Sehingga cocok banget nih untuk kamu yang hobi aktivitas ekstrem seperti diving, touring, sepeda gunung, dan lain-lain.

Harganya yang cukup mahal akan sayang bila hanya digunakan untuk group selfie atau foto-foto narsis. Sehingga pastikan kamu memilih kamera yang tepat sesuai dengan kegiatanmu saat liburan ya.

Sekarang banyak kok merek action cam yang bagus dan terjangkau. Bahkan GoPro yang dikenal memiliki action cam mahal akhirnya merilis GoPro Hero dengan harga 2 jutaan rupiah saja. Kalau kamu nggak terobsesi dengan video 4K, mungkin kamu bisa mencoba GoPro Hero, Xiaomi Yi, atau Brica B-Pro 5 Alpha Edition.

Untuk kamu yang punya budget lebih dan mencari action cam profesional selain GoPro, intip juga Garmin VIRB Ultra 30 yang dilengkapi dengan layar sentuh, baterai gahar 1250 mAh, image stabilization, dan video Ultra HD 4K/30 fps dengan harga sekitar 6,6 juta rupiah.

Kamera Drone

Fungsi kamera drone adalah untuk mengambil video atau foto dari ketinggian, atau bisa disebut dengan aerial photography. Kamera drone ini dikendalikan dengan remote control dan menggunakan baterai sebagai sumber tenaga.

Bagi kamu yang hobi foto-foto pemandangan dari ketinggian, kamera drone akan sangat cocok untuk dibawa liburan. Kamera drone juga bisa digunakan untuk stok video bila kamu hobi vlogging atau bikin film-film kece.

Keuntungan menggunakan kamera drone ini adalah hasil video atau foto yang tidak biasa nan estetik. Selain itu kamera drone juga cocok bagi kamu yang senang explore tempat-tempat baru dan menemukan hidden place yang tidak terduga saat liburan.

Kelemahan membawa kamera drone saat liburan adalah bobotnya yang relatif berat dan memakan tempat. Selain itu kamera drone tidak bisa disimpan sembarangan dalam tas sehingga membutuhkan tas khusus, yang pastinya agak ribet kalau dibawa kemana-mana.

Meski produsen mulai meluncurkan kamera drone yang ringan dan berkualitas seperti DJI yang baru-baru ini mengeluarkan DJI Mavic Air, namun harganya dibanderol cukup mahal untuk kantong berbudget pas-pasan yakni sekitar $799 atau 11 jutaan rupiah.

Untuk kamu yang masih pemula dalam dunia aerial photography dan lagi mencari kamera drone yang terjangkau, mungkin bisa mencoba Syma X5SC-1 RC Quadcopter, JXD Mini UFO, atau Cheerson CX-10WD-TX. Kamera drone tersebut dibanderol di bawah 1 jutaan saja.

Nah demikian lah jenis kamera yang wajib dibawa saat liburan. Sebelum kamu membeli kamera baru, pastikan dulu jenis kamera apa yang cocok buatmu. Jika kamu senang liburan ke daerah perkotaan, mungkin kamera mirrorless atau kamera pocket saja sudah cukup. Jika kamu orangnya senang berpetualang dan berbagi hasil video liburanmu, mungkin bisa dipertimbangkan untuk membeli action camera atau kamera drone. Selamat memilih!

Komentar Pengguna