Trend & Panduan

Insights

Teknologi

Produk Terbaik

iPrice Deals

Fashion & Kecantikan

Gaya Hidup

Keluarga & Anak

Produk

Kupon

Trend & Panduan

Sony Xperia Z1 Vs Sony Xperia Z1 Compact: Apa sih Bedanya?

08 October 2017 | Guggy Yusuf Pratama

Ada Sony Xperia Z1 dan ada juga Sony Xperia Z1 Compact. Kamu tahu gak bedanya apa?

Seperti yang kamu tahu, perkembangan di bidang teknologi sangat pesat. Lebih khususnya untuk gadget-gadget seperti tablet dan juga smartphone. Itu semua karena banyaknya produsen yang ikut mencari peruntungan di sana.

Sony adalah salah satu merek produsen gadget yang sudah sangat terkenal dan diketahui oleh semua orang di dunia. Walaupun pada awalnya tidak memfokuskan dirinya di bidang smartphone, namun akhir-akhir ini produk mereka semakin baik saja.

Ada satu seri yang cukup menarik dan memiliki banyak peminat, yaitu seri Xperia Z. Lebih menarik lagi, mereka sempat meluncurkan dua buah smartphone yang sangat serupa tapi tak sama.

Pada akhir tahun 2014 lalu, Sony meluncurkan smartphone bernama Sony Xperia Z1. Namun, beberapa bulan kemudian Sony juga meluncurkan varian barunya yang dinamakan Sony Xperia Z1 Compact.

Tidak seperti iPhone yang selalu memunculkan dua varian secara bersamaan dengan perbedaan yang tidak terlalu banyak, Sony memberikan dua perbedaan yang cukup drastis diantara keduanya. Mau tahu apa saja perbedaan dari keduanya? Nih, kita kasih rahasianya.

Ukuran Body

Dilihat dari ukuran layar, terdapat perbedaan yang signifikan antara Z1 Compact dengan Z1. Z1 Compact berukuran 4,3 inch, lebih kecil dibanding Xperia Z1 yang berukuran 5 inch. Hal ini membuat Z1 Compact terasa lebih mudah digenggam dan nyaman saat dioperasikan dengan satu tangan.

Sama halnya dengan resolusi layar yang juga memiliki kepadatan piksel berbeda. Z1 Compact memiliki kepadatan piksel sebesar 342, sementara Xperia Z1 sebesar 441 dengan resolusi 720p Full HD. Meski sekilas terlihat sama, namun body atau back panel Z1 Compact terbuat dari high-rigid plastic sheet, sedangkan Z1 dari tempered glass.

Kualitas Layar

Z1 Compact ternyata memiliki kualitas tampilan layar yang lebih baik ketimbang Z1. Belajar dari pendahulunya, Sony telah memperbaiki mode sudut pandang pada smartphone yang telah hadir di Indonesia bulan April ini. Tingkat kontras cahaya dan hitam lebih ditingkatkan sehingga hasil yang didapat terlihat lebih realistis.

Jika dilihat dari sisi kamera, keduanya tetap memiliki resolusi yang sama sebesar 20.7 MP (kamera utama) dan 2 MP (kamera depan). Hasilnya pun sama-sama terlihat natural. Sementara itu, untuk fiturnya sendiri, kedua smartphone ini dilengkapi dengan ½.3” sensor size, geo-tagging, touch focus, face and smile detection, image stabilization, HDR dan Panorama.

Sony - Make. Believe

Kapasitas Baterai

Memang besarnya kapasitas baterai tidak melulu menjadi permasalahan apabila dilihat dari sisi efisiensi pemakaian. Semuanya kembali tergantung dari cara pemakaian Anda. Jadi, bukan berarti dengan kapasitas yang lebih besar, pemakaian bisa lebih lama. Xperia Z1 Compact memiliki kapasitas baterai 2300mAh, lebih kecil daripada Z1 yang sebesar 3000mAh.

Keduanya tetap dilengkapi dengan fitur penghemat daya. Lewat teknologi Stamina Mode, keduanya tetap bisa digunakan selama mungkin, dengan baterai yang lebih awet selama digunakan. Selain itu, kemampuan fitur ini pun bisa memberikan perlindungan lebih pada baterai smartphone, seperti tidak mudah rusak, mengembung, bocor dan kerusakan lainnya.

Di balik semua perbedaan itu, ternyata masih ada juga beberapa hal yang serupa di bfagian dalamnya. Contohnya seperti sistem operasi, CPU dan prosesor, keduanya menggunakan benda yang sama. Sistem operasi Android Jelly Bean, CPU Quad-core 2.2 GHz dan prosesor Qualcomm Snapdragon 800 tersedia pada Sony Xperia Z1 dan Sony Xperia Z1 Compact.

Nah kalau kamu sudah tahu semuanya, kira-kira kamu bakal memilih yang mana? Sony Xperia Z1 atau Sony Xperia Z1 Compact nih?

Komentar Pengguna