Trend & Panduan

Tiga Mirrorless Fujifilm di Bawah 9 Jutaan yang Maksimalkan Fotografimu

05 September 2017 | Aldo Fenalosa

Bila Apple keracunan dengan dunia fotografi, maka barangkali referensi brand itu akan mengintip serangkaian produk buatan Fujifilm. Sejak tren kamera mirrorless meluas, kecemerlangan Fuji kembali terlihat.

Banyak orang menggilai mirrorless buatan Fujifilm. Mulai dari level low end hingga high end. Dan bila Anda ingin tahu seri produk mirrorless apa yang berada paling atas dalam silsilah Fujifilm masa kini? Jawabannya adalah Fujifilm X-T2.

Menurut majalah STUFF asal Inggris, kamera ini sedikit lebih unggul dari Olympus OM-D E-M1 II yang berkemampuan sangat mumpuni. Tapi harganya yang masih di atas Rp20 jutaan membuat kantong kita meringis sedih. Bagi para pemula seperti kita-kita ini belumlah waktunya menghabiskan uang demi kamera level atas itu.

Fotografi bukan sekadar untuk eksistensi diri di zaman sosial media kini. Fotografi pada hakikatnya adalah proses. Proses yang mengayak kematangan berkarya. Bagaimana bisa Anda melewati proses itu? Mulailah dari kamera mirrorless yang dibuat untuk level newbie.

Anda pernah mendengar pepatah “kita perlu belajar berjalan sebelum berlari”, kan? Nah, berikut mirrorless Fujifilm yang bisa kamu gunakan untuk mendalami fotografi mulai dari permukaan. Kamera-kamera ini paling mahal hanya Rp6 jutaan, jadi tidak akan membebani pemula seperti kita-kita.

Mirrorless Fujifilm X-A10

Harga terendah kamera mirrorless Fujifilm X-A10 baru di sejumlah situs jual beli online saat ini berada di kisaran Rp6,9 juta. Beberapa toko ada pula yang menjual Rp6,4 jutaan. Harga itu sudah termasuk lensa bawaan berukuran 16-50mm f/3.5-5.6, ya.

Apa istimewanya kamera mirrorless ini? Situs Life Wire menyematkan kata-kata “best mirrorless” untuk pemula pada Fujifilm X-A10 karena kualitas dan harganya yang masih rasional. Desain kamera ini tampak sporty juga retro berkat kombinasi warna perak dan hitamnya. Teknologi mesin di dalamnya menawarkan banyak filter dan shooting mode, akan sangat membantu Anda dalam menemukan karakter foto yang diinginkan.

Mirrorless Fujifilm X-M1

Saat pertama kali dirilis, kamera mirrorless Fujifilm X-M1 ini hanya dibanderol sebesar $399 alias Rp5 jutaan. Tapi seiring banyak demand karena kualitasnya yang tidak bohong, harga kamera ini pun merangkak naik. Tahun ini, harga Fujifilm X-M1 baru berkisar pada harga Rp7 jutaan. Malah ada beberapa toko yang berani menjual hingga Rp9 jutaan karena peminat kamera ini masih tergolong banyak.

Fujifilm X-M1 adalah mirrorless bervisual premium yang ramah kantong. Gambar tajam, jernih dan detail merupakan bukti kualitasnya.

Fujifilm X-M1 adalah mirrorless bervisual premium yang ramah kantong. Itulah aspek utama yang membuat orang-orang tergila padanya. Kamera ini desainnya seperti mirrorless high-end Fuji, produksi gambarnya juga telah mengandalkan mesin dan sensor mutakhir. Gambar tajam, jernih dan detail merupakan hal yang pasti didapat dari kamera ini.

Mirrorless Fujifilm X-A3

Saat ini Fujifilm X-A3 dibanderol pada rentang harga Rp8 juta hingga Rp9 juta. Dibandingkan Fujifilm X-A10 dan Fujifilm X-M1, kamera mirrorless Fujifilm X-A3 memiliki sensor megapiksel paling besar, yakni 24 megapiksel bertipe APS-C. Keunggulan utama kamera ini akan terasa bila Anda doyan memotret objek lanskap dan hal-hal terang lainnya (termasuk foto selfie di tempat terang!). Tapi bila Anda ingin memotret objek-objek bergerak, pinggirkan dulu pilihan kamera ini karena masih tergolong lamban dalam mengunci fokus.

Sudah terbayang ingin membeli kamera mirrorless Fujifilm yang mana?

Komentar Pengguna