Dapatkan aneka peralatan diving dan snorkeling Tusa dengan harga termurah di iPrice Indonesia! Tapi simak artikel ini agar tidak salah pilih alat.

Olahraga Rekreasi Tusa
Pakaian Tusa
_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Sebelum Diving atau Snorkeling, Siapkan Alat-alat Berikut!

Indonesia dikaruniai lautan luas yang indah dan kaya akan biota laut. Sebut saja Raja Ampat, Bunaken, Wakatobi dan Pulau Komodo. Tidak hanya orang Indonesia yang suka berkunjung ke sana, banyak juga turis asing dari berbagai negara yang suka diving di sana! Bahkan, mungkin ada lebih banyak turis asing yang berkunjung ke sana daripada warganergara Indonesia sendiri. Aiih, sedihnya! Sebagai warganegara Indonesia, memang paspor kita masih kalah ‘powerful’ dengan paspor negara lain yang bebas pergi kemana saja tanpa visa. Meskipun begitu, jangan bersedih! Indonesia memiliki ribuan pulau dan objek wisata yang sangat menarik, malah sebenarnya eksotis.

Membahas tentang keindahan laut Indonesia, semuanya dapat dilihat secara langsung dengan mata kepala sendiri jika Anda snorkeling atau diving. Jika benar-benar ingin melihat keindahan laut, diving adalah pilihan yang tepat karena snorkeling hanya membolehkan Anda melihat dari jarak jauh. Peralatan diving juga lebih banyak dari snorkeling. Anda membutuhkan baju selam, fin dan aksesoris diving, semuanya tersedia secara online di iPice Indonesia. Baju selam untuk diving berbeda dengan baju renang. Kalau snorkeling Anda dapat memakai baju renang, untuk diving Anda harus memakai baju selam khusus diving.

Baju selam untuk diving Tusa bermodel tertutup – lengan panjang, celana panjang serta kerah turtleneck, selain itu desainnya one piece seperti jumpsuit. Sebagian besar baju selam untuk diving terbuat dari neoprene, yaitu bahan yang tebal dan kuat serta dilengkapi dengan pelindung lutut. Pelindung lutut ini berfungsi untuk melindungi lutut Anda agar tidak terluka ketika menabrak atau bergesekan dengan terumbu karang. Perlu diketahui kalau tidak semua tempat diving menyediakan baju selam, kalaupun ada mungkin ukurannya tidak sesuai dengan Anda. Jika Anda bertekad untuk menyelami hobi ini, lebih baik membawa baju diving sendiri. Beberapa pilihan baju selam Tusa yang tersedia secara online adalah Tusa 5mm Long - Ds-5a20m-4z - Diving Snorkeling Wetsuit, Tusa Projection Rash Guards [BK] Men dan Tusa Projection Rash Guards Ladies [GP].

Fin atau sirip dalam bahasa Indonesia adalah sebutan untuk sepatu renang khusus diving. Fin Tusa terbuat dari karet dan desainnya menyerupai sirip ikan. Dengan memakai fin, kaki Anda akan terlindungi saat diving dan dapat bergerak lebih mudah di dalam air. Memiliki fin sendiri juga sangat penting karena belum tentu Anda menemukan ukuran fin yang tepat di tempat sewa. Ukuran fin yang tidak tepat tentunya akan membuat kaki Anda sakit jika kekecilan atau terasa berat dan tidak nyaman jika kebesaran. Selain fin, ada juga alas kaki dengan desain yang menyerupai sepatu. Beberapa pilihan fin atau alas kaki untuk diving dan snorkeling Tusa yang tersedia adalah Tusa Fins Solla Full Foot Kuning Size ML, Tusa Fins Solla Open Heel Pink Size S dan Tusa Boots Imprex Shortie Hitam Size 11.

Setelah baju selam dan fin, Anda membutuhkan aksesoris snorkeling atau diving Tusa seperti sarung tangan, kacamata dan jam tangan. Ada kacamata snorkeling Tusa yang sudah dijual lengkap dengan selang udara, namun ada juga yang dijual secara terpisah. Nah, bagi Anda yang sanagt mementingkan kebersihan, misalnya tidak suka berbagi gelas, sendok atau makanan dengan orang lain, sebaiknya memiliki selang udara sendiri. Jika Anda tidak memiliki selang udara, maka ketika sampai di tempat sewa Anda akan memakai selang udara yang telah dipakai ratusan orang lainnya, terutama bagian mulut. Hiiiy! Beberapa pilihan aksesoris diving dan snorkeling Tusa yang tersedia secara online adalah Tusa Snorkel Hyperdry Elite II Kuning, Tusa Visio Tri-ex Dry Combo dan Tusa Solar Dive Computer Hitam.

Untuk yang Baru Pertama Kali Diving…

Jika ini adalah pertama kalinya Anda akan diving, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui. Aturan diving yang benar adalah Anda harus mengikuti kelas diving dan memiliki sertifikat yang menyatakan Anda lulus. Namun, jika pergi ke tempat-tempat wisata Anda dapat diving walaupun tanpa sertifikat. Di sana akan ada instruktur diving yang memberikan penjelasan dan arahan, ia juga akan ikut menyelam ke dalam air bersama Anda. Dengarkan penjelasan dari instruktur baik-baik tentang cara melihat kadar oksigen dalam tabung, cara bernapas dan lain-lain. Jika instruktur berbicara dalam bahasa Inggris dan Anda tidak mengerti, mintalah orang lain untuk menerjemahkan penjelasan tersebut.

Kacamata diving atau google sangat penting agar Anda dapat mellihat keindahan laut dengan jelas dan nyaman. Pilihlah kacamata diving yang pas di wajah. Agar pasti, miliki kacamata diving sendiri karena belum tentu di tempat penyewaan tersedia kacamata diving yang ukurannya pas dengan Anda. Jika ada air yang masuk ke dalam masker, angkat kepala sedikit, buka masker dan dorong air dengan hembusan napas dari hidung. Lakukan hal tersebut dengan cepat, ya!

Ketika diving, jangan menahan napas Anda karena dapat menimbulkan kecelakaan pada paru-paru. Bernapaslah dengan normal, hirup udara dalam-dalam lewat mulut dan keluarkan udara lewat mulut juga. Kapasitas udara yang masuk dan keluar harus simbang. Instruktur diving Anda pasti juga memberikan kode isyarat tangan sebelum Anda masuk ke dalam air. Hapalkan baik-baik isyarat tangan tersebut. Mengacungkan jempol artinya naik ke permukaan, sebaliknya jika jempol menunjuk ke bawah maka artinya menyelam lebih dalam. Jika telapak tangan bergoyang seperti ombak laut, artinya ada masalah. Nah, jika telapak tangan menarik garis horizontal di leher arinya oksigen sudah habis!

Sebagai pemula, jangan menyelam jauh-jauh dari pemandu agar dapat diselamatkan jika sewaktu-waktu mengalami masalah. Perhatikan sekeliling Anda, jangan keasikan melihat ikan dan terumbu karang. Yang paling penting, jangan menyentuh apapun di dasar laut, bisa-bisa Anda terkena racun dari ikan atau tumbuhan laut lainnya. Perlu diketahui juga semakin dalam Anda menyelam, maka tekanan air pada telinga akan semakin kuat sehingga telinga menjadi sakit. Jika telinga terasa sakit, tekan dan hembuskan nafas dari hidung dalam keadaan hidung tertutup. Apabila telinga masih terasa sakit, cobalah untuk menelan ludah. Masih sakit juga? Segera acungkan jempol Anda kepada instruktur diving dan naik ke permukaan, kalau tidak gendang telinga Anda akan rusak.

Segera dapatkan produk olahraga rekreasi Tusa, pakaian Tusa, sepatu Tusa dan tas Tusa termurah di iPrice Indonesia! Selamat berbelanja, snorkeling dan diving!

Anda mungkin juga menyukai

NEW