Dikenal sebagai brand pertama yang memperkenalkan pen tablet di dunia, Wacom kini memfokuskan produknya untuk memudahkan penggunanya. Temukan bagaimana teknologi Wacom dapat mempermudah hidup Anda di era digital hanya di artikel berikut.

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Wacom Indonesia – Pensil Pintar Di Era Digital

Jika Anda adalah tipe orang yang cukup dengan keberadaan Microsoft Office pada komputer Anda, kemungkinan besar Anda tidak cukup mengenal produk pen tablet untuk mendesain grafis secara digital. Ya, benar sekali, bahkan kini pensil untuk menggambar sudah digantikan dengan keberadaan tablet dan pensil digital yang membuat si pengguna dapat menggambar langsung di layar komputer; brand Wacom adalah salah satu pelopornya. Mungkin Anda pengguna ataupun non-pengguna Wacom tidak mengetahui bahwa ada sejarah panjang di balik produk pen tablet Wacom yang kita kenal sekarang.

Wacom Indonesia dan Proses Desain Digital

Berasal di kota Saitama, Jepang, Wacom mulai beroperasi sejak tahun 1983. Jauh sebelum internet-booming di era 90-an, jauh sebelum profesi graphic designer hangat dicita-citakan oleh anak muda. Pada awalnya, Wacom memang tidak langsung menciptakan pen tablet seperti yang kita kenal sekarang; tentu saja, komputer pun masih diproduksi secara terbatas pada masanya. Tahun 1984, Wacom membuat tablet beserta stylus nirkabel untuk pertama kalinya, dan memperkenalkannya sebagai WT Series. Tablet dengan pensil elektroniknya ini digunakan untuk navigasi yang lebih baik menggantikan mouse.

Di tahun yang sama, Wacom pun memperkenalkan ECAD (Electronic Computer Aided Design). Apa itu CAD? Ini adalah suatu software tambahan yang dikembangkan untuk dapat membantu penggunanya mendesain gambar 2 dimensi ataupun 3 dimensi dengan lebih akurat; CAD ini memang ditujukan untuk dapat menggantikan meja gambar konvensional. Dengan ECAD, Wacom mempermudah proses desain pada komputer.

Inovasi Pen Tablet Wacom Indonesia

WT Series, pen tablet pertama di dunia yang dikembangkan oleh Wacom ternyata menjadi fenomena tersendiri bagi mereka yang selama ini berkecimpung untuk mendesain gambar 2D ataupun 3D; pensil nirkabel serta papan Wacom membuat penggunanya seolah menggambar di kertas, namun menghasilkan gambar digital. Tahun berikutnya, Wacom mengembangkan pen tablet dengan ukuran lebih kecil dengan teknologi electromagnetic pada stylusnya, sehingga meningkatkan daya sensor pada stylus.

Dalam waktu lima tahun, dengan inovasi produknya terhadap ranah digital designing, Wacom kemudian dikenal luas oleh designer dari berbagai penjuru di dunia. Wacom mulai masuk ke pasaran Eropa. Tidak berhenti dengan produk pen tabletnya, di tahun 1990, Wacom memperkenalkan interactive pen tool untuk pertama kalinya dengan seri HD. Jika pen tablet Wacom pada WT series tidak memiliki layar pada tabletnya, pada seri HD Wacom melengkapinya dengan layar sehingga apa yang digambarkan pada tablet, terlihat langsung pada layarnya. Tentu saja inovasi pada pen tablet ini semakin mengukuhkan Wacom sebagai spesialis pada pen tablet untuk desain.

Wacom Bamboo dan Wacom Intuos Indonesia yang Mendunia

Adalah dua seri ini yang kemudian semakin mengembangkan nama Wacom di pasaran. Tahun 1998, Wacom mulai memproduksi Wacom Intuos, kini dikenal sebagai Wacom Intuos I, yang didesain khusus untuk kebutuhan professional. Pada zamannya, pen tablet Wacom Intuos I sudah memiliki sensor lebih dari 1024 level of pressure sensitivity yang lebih dari cukup bahkan untuk ukuran hari ini. Wacom Intuos I dilengkapi juga dengan mouse untuk menggantikan mouse biasa.

Wacom pun memperkenalkan produk pen tablet lainnya yang didesain untuk keperluan bisnis pada umumnya, Wacom Bamboo; tidak seperti Wacom Intuos yang didesain untuk keperluan professional. Kedua seri pen tablet Wacom ini, Bamboo dan Intuos mendapat penghargaan dari Good Design Award untuk desain produknya yang sederhana namun dilengkapi dengan teknologi tinggi sehingga sangat mudah bagi penggunanya untuk beradaptasi.

Wacom Indonesia Sekarang

Setelah dikenal lebih dari satu dekade sebagai produk yang paling diandalkan untuk mempermudah designer menghasilkan desain yang akurat dan juga sesuai dengan gerakan tangan penggunanya, teknologi yang dikembangkan oleh Wacom untuk produknya tidak pernah berhenti.

Belakangan, pengguna Wacom pasti mengetahui adanya sedikit perubahan pada produk Wacom. Kini Wacom Bamboo tidak lagi diproduksi sebagai pen tablet, tapi khusus untuk pen stylus. Kini semua jenis pen tablet berada dalam seri Intuos. Yang membedakan adalah Intuos untuk seri keperluan bisnis umum sedangkan Intuos Pro adalah untuk designer professional.

Untuk memudahkan Anda menemukan produk Wacom yang sesuai dengan kebutuhan Anda, berikut adalah produk Wacom berdasarkan kategorinya:

Cintiq – pen tablet interaktif dengan layar preview
Merupakan pengembangan dari seri HD di era 80-an. Anda dapat membuat desain di mana saja karena pen tablet ini dilengkapi dengan layar untuk melihat langsung hasil desain Anda.
Intuos – pen tablet legendaris dari Wacom
Untuk kebutuhan dasar dan juga pribadi, Wacom Intuos adalah pilihan yang tepat. Untuk fitur yang lebih lengkap dan powerful, untuk keperluan professional, Wacom Intuos Pro akan menjawab keperluan Anda.
Bamboo – Stylus untuk segala jenis tablet
Jika Anda adalah pribadi yang mengutamakan efisiensi, terutama dalam mencatat segala hal yang terjadi baik dalam kehidupan professional ataupun pribadi Anda, stylus Bamboo adalah pilihan tepat karena dapat digunakan untuk beragam operating system. Bamboo stylus juga memiliki beragam varian.
    • Bamboo Fineline 2
    • Bamboo Smart
    • Bamboo Duo
    • Bamboo Solo
    • Bamboo Alpha
    • Bamboo Stylus Mini

Selain pen tablet, stylus dan beragam perangkat lainnya untuk mempermudah mereka yang bekerja dalam bidang desain grafis, Wacom pun memiliki Bamboo Spark yang didesain untuk menggantikan buku catatan Anda. Dengan Bamboo Spark, buku catatan Anda kini tidak lagi kehabisan kertas, dan juga langsung terhubung dengan ponsel ataupun laptop Anda. Sayangnya, produk ini tidak dipasarkan di dalam negeri.

Teknologi lainnya yang dikembangkan oleh Wacom adalah cloud service untuk semua produknya, sehingga Anda tidak perlu kuatir lagi terhadap keamanan data grafis Anda. Serta, Anda pun dapat menyimpan data grafis yang belum selesai ke dalam cloud service ini sehingga harddisk Anda tidak akan sesak oleh beragam data grafis yang harus diselesaikan.

Dengan Wacom, Anda diajak kembali untuk menulis dan menggambar di era digital.

Anda mungkin juga menyukai