Apakah Anda hobi bersepeda? Baca artikel ini untuk mengetahui peralatan yang wajib Anda miliki untuk menunjang hobi Anda.

Tas West Biking
Sepatu West Biking
Aksesoris Mobil West Biking
Fitness West Biking
Olahraga Rekreasi West Biking
Pakaian West Biking
Penerangan West Biking
Perbaikan Rumah West Biking
Perlengkapan Taman West Biking
Handphone & Tablet West Biking
_

Bersepeda dengan Aman Yuk dengan Aksesoris Berikut Ini

Bersepeda merupakan olahraga yang tidak memerlukan uang banyak, kok! Namun, tidak lengkap rasanya jika Anda belum memiliki seluruh aksesoris pendukung olahraga sepeda ini. Tujuan mengenakan aksesoris berikut agar Anda nyaman bersepeda, menghindari luka karena kecelakaan akibat kurangnya safety, dan juga mencegah cedera saat bersepeda. Berikut ini terdapat aksesoris yang perlu Anda kenakan saat bersepeda.

Helm

Helm ini merupakan perlengkapan yang wajib Anda kenakan saat berolahraga sepeda. Dengan mengenakan helm, Anda bisa meminimalisir cedera pada kepala saat terjadi kecelakaan. Pilihlah helm sesuai dengan ukuran kepala Anda.

Botol Minum

Botol minum sangat berguna bila Anda sedang kehausan di jalan. Anda bisa berhenti lalu minum sebentar untuk mencegah Anda dari dehidrasi atau kekurangan cairan. Bawalah botol minum yang khusus untuk bersepeda sehingga Anda bisa menyelipkannya di bawah sadel sepeda.

Lampu Sepeda

Lampu sepeda juga penting bagi Anda yang suka berolahraga sepeda saat malam hari. Lampu sepeda ini biasanya menggunakan dinamo untuk menghidupkan lampunya. Letakkan lampu sepeda ini di depan, sejajar dengan ban depan. Ada juga yang diletakkan di dekat rantai sepeda.

Sarung Tangan

Bike gloves atau sarung tangan ini juga perlu Anda kenakan saat berkendara dengan sepeda. Gunanya untuk melindungi tangan Anda dari panas matahari dan juga memberikan kenyemanan saat Anda bersepeda jarak jauh. Anda bisa memilih sarung tangan yang empuk pada telapak tangan untuk kenyamanan lebih.

Stopwatch

Bagi Anda yang menjadikan hobi bersepeda ini ke tingkat kompetisi, maka Anda membutuhkan stopwatch untuk menghitung pace Anda saat bersepeda. West Biking menyediakan stopwatch waterproof yang tahan cuaca seperti hujan sehingga tidak masalah bila Anda memasangnya pada stang sepeda.

Peralatan yang Wajib Dimiliki Jika Anda Hobi Bersepeda dari West Biking Indonesia

Bersepeda merupakan hobi yang sangat menyenangkan, apalagi jika Anda merupakan tipe orang yang senang berkendara dengan cara menggowes ini ke mana-mana. Entah itu ke kantor, ke taman, atau ke kampus, bersepeda menjadi kegiatan yang menyenangkan sekaligus menyehatkan. Tidak jarang orang bersepeda ke tempat-tempat khusus seperti bersepeda gunung dan tempat-tempat yang jauh dari pemukiman. Tentu seperti kendaraan lain pada umumnya, sepeda juga memiliki resiko seperti jatuh, ban pecah, hingga rantai yang copot. Mengatasi hal tersebu, Anda perlu memiliki berbagai macam peralatan di bawah ini untuk menunjang hobi bersepeda Anda:

Pompa Ban

Jika mengalami ban pecah, sudah pasti angin di dalam ban sepeda Anda berkurang dan habis. Bawalah pompa ban agar ban yang telah diganti/ditambal dapat diisi angin kembali. Beberapa peralatan yang Anda butuhkan adalah kunci L, obeng, pembuka ban, dan pembuka rantai.

Cable Tie

Cable tie dapat digunakan untuk mengikat apa saja yang perlu diikat. Alat ini sangat berfungsi terlebih ketika sedang bersepeda sendirian dan mengalami putus rantai. Caranya cukup sambungkan 2 pin dari 3 titik masing-masing pin yang putus menggunakan cable tie. Cable tie berguna untuk mengikat rantai sementara Anda menyambungnya dengan pembuka/penyambung rantai. Dengan demikian menyambung rantai menjadi mudah karena rantai tidak ditarik oleh Rear Deraileur (RD).

Penambal Ban Darurat

Menambal saat pecah ban butuh waktu lebih lama dibandingkan dengan menggantinya. Penambal darurat yang terdiri dari lem dan lembaran karet akan efektif jika Anda tidak membawa ban cadangan atau jika semua ban cadangan sudah dipakai. Saran saya, selalu cek penambal yang Anda miliki karena dalam kurun waktu tertentu bisa jadi lemnya tidak lagi lengket dan karetnya jadi mengeras.

Ban Dalam

Sebuah ban dalam cadangan wajib disiapkan jika Anda bersepeda di tempat yang jauh dari peradaban. Ban dalam cadangan memang dapat digantikan oleh penambal ban. Namun bagaimana jika ban pecah dengan lubang atau robek yang cukup besar? Ban cadangan tidak selalu baru. Bisa jadi ban yang telah pecah dan ditambal sebelumnya menjadi penyelamat Anda. Maka dari itu bawalah selalu ban dalam cadangan jika tidak ingin repot-repot menambal ban saat bersepeda.

Anting/RD Hanger

Memasuki musim hujan akan menciptakan banyak lumpur di jalur tanah. Celakanya lumpur tidak hanya mengotori tapi juga dapat merusak sepeda terutama di bagian RD. Lumpur yang menumpuk di rantai dapat menyebabkan pergerakan rantai menjadi kurang lancar. Hal tersebut dapat mengakibatkan RD tertarik maksimal dan mematahkan anting/RD hanger. Jika tidak ada anting cadangan, ikatkan RD dengan frame menggunakan cable tire.

Kabel Shifter

Kabel shifter sama pentingnya dengan anting RD. Jika kabel shifter/operan putus, rantai secara otomatis akan pindah ke gigi yang paling kecil (gigi 1 untuk depan, dan gigi 7-11 untuk belakang). Dengan berkurangnya pilihan speed pada sepeda, secara tidak langsung menyebabkan kayuhan menjadi kurang efektif. Namun hal ini tidak perlu Anda khawatirkan jika sering mengecek kondisi kabel shifter karena umumnya kabel shifter putus jika telah mencapai usia maksimal pemakaian. Dengan demikian lebih baik mengganti kabel shifter yang sudah tua daripada harus mengganti kabel shifter saat sedang bersepeda.

Brake Pad

Brake pad menjadi sebuah pertaruhan nyawa jika tidak berfungsi dengan baik, terlebih ketika Anda sedang bersepeda berhadapan dengan turunan curam. Banyak masalah yang menyerang brake pad diantaranya terkena cipratan minyak dan sudah tipis sehingga kemampuan mengeremnya berkurang bahkan tidak ada. Jika terkena minyak, bersihkan dulu rotor dengan sabun dan ganti brake pad dengan yang baru. Dengan demikian rem sepeda Anda dapat bekerja dengan baik dan menjadi penyelamat di turunan curam.

NEW