Semakin hari, data di komputer atau laptop akan terus menumpuk bila tidak dipindahkan ke hardisk eksternal. Di tautan ini

, Anda akan dipandu untuk memilih hardisk eksternal Western Digital yang ideal sesuai kebutuhan harian.

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Dapatkan penawaran dan kupon terkini langsung di inbox Anda!

Daftar Harga Western Digital Terbaik 2019

10 Produk Terbaik Harga Toko
Western Digital My Passport Ultra Rp 820.000 Dimensi Data
Western Digital My Passport 1TB Rp 680.000 Tokopedia
Western Digital Blue PC Desktop Hard Drive Rp 449.000 Shopee
Western Digital Green Rp 250.000 Tokopedia
Western Digital My Book 4TB Rp 1.500.000 Shopee
Western Digital Blue 1TB Rp 470.000 Shopee
Western Digital Elements 1TB Rp 529.000 Shopee
Western Digital Black Rp 800.000 Shopee
Western Digital My Passport 2TB Rp 970.000 Tokopedia
Western Digital My Book Essential Rp 1.250.000 Tokopedia
Terpopuler
Western Digital My Passport Ultra

Termurah di Dimensi Data Rp 820.000 Kunjungi Toko

Kabar tentang Western Digital

Disadari atau tidak, data-data virtual kita semakin menggelembung seiring waktu. Dan kalau data semakin banyak, otomatis memori pada gadget akan bekerja semakin berat. Maka celakalah kita yang memorinya terbatas.

Disadari atau tidak, data-data virtual kita semakin menggelembung seiring waktu. Dan kalau data semakin banyak, otomatis memori pada gadget akan bekerja semakin berat. Maka celakalah kita yang memorinya terbatas.


Western Digital Indonesia, Merayakan Keleluasan Penyimpanan Data

­­­­Jika Anda seperti kebanyakan orang, maka perlahan tapi pasti Anda mengakumulasi sejumlah data pada komputer. Entah itu data Microsoft Office, file hiburan berbentuk video atau foto, hingga data kumulatif dari memori game yang Anda mainkan.

Seiring berkembangnya layanan musik online, barangkali perangkat penyimpanan di komputer Anda juga penuh dengan berbagai film dan musik yang diunduk dari iTunes atau Spotify.

Tak ada yang salah dengan semua hal itu. Hanya, semakin banyaknya timbunan data di dalam komputer, maka biasanya performa perangkat itu akan semakin lamban. Lalu, mengapa Anda tidak mempertimbangkan perangkat hardisk eksternal sebagai media alternatif penyimpanan data?

Hardisk eksternal masa kini memiliki rentang kapasitas yang sangat besar. Terkadang lebih besar dari kapasitas memori penyimpanan yang ada di komputer atau laptop Anda. Pada produk Western Digital misalnya, ada hardisk eksternal yang berkapasitas 500 GB hingga 8 TB.

Mengapa Anda Membutuhkan Hardisk Eksternal?

Meninggalkan konten data begitu saja di komputer tanpa memiliki back-up yang memadai adalah sesuatu yang begitu riskan. Yang pasti, kebanyakan data di komputer akan membuat performa lemot. Bila komputer terserang virus, keselamatan data di dalamnya juga terancam.

Anda pun jangan terlalu cepat berpuas diri ketika komputer telah dilengkapi dengan program antivirus terbaik. Kemungkinan kehilangan data di komputer tetap tidak akan terhindari. Bisa saja hardisk internal di komputer atau laptop Anda mengalami crash dan rusak. Hilanglah data penting di dalamya.

Bila Anda memiliki data penting dalam jumlah besar, jangan menampik sejumlah scenario terburuk ini. Lebih baik mencegah daripada harus kehilangan ratusan gigabyte data penting sepanjang karir Anda.

Lebih Paham, Lebih Mudah Memilih

Hardisk eksternal di masa kini tidak lagi menjadi barang yang langka. Hampir semua orang dapat memilikinya karena harga yang terjangkau dan banyak variasi produk dari berbagai produsennya.

Saking banyaknya, orang awam tentu akan kesulitan memilih hardisk eksternal. Lalu, apa saja yang harus diperhatikan ketika memilih hardisk eksternal? Berikut kami rangkumkan triknya untuk Anda:

  • Tipe Hardisk Eksternal

Umumnya ada dua tipe hardisk eksternal di Indonesia. Tipe pertama yaitu Solid State Drives (SSD) dan tipe kedua adalah Hard Disk Drive (HDD). Hardisk eksternal tipe SSD biasanya berkemampuan sangat cepat.

Anda bisa memindahkan data berkapasitas besar dalam waktu singkat. Hanya saja, perangkat SSD memiliki harga yang cenderung mahal. Anda harus mergoh kocek yang sama untuk tiga HDD ketika ingin memiliki satu SSD berkapasitas besar.

Tipe kedua, yakni HDD, jamak digunakan orang-orang di masa kini. Selain karena harganya lebih terjangkau dari SSD, varian produk HDD juga jauh lebih banyak.

Mana yang lebih baik antara SSD atau HDD? Jika berbicara keamanan dan kecepatan, maka SSD lebih unggul karena tidak menggunakan moving part. Tapi kembali lagi, bila Anda mempertimbangkan uang, maka HDD adalah jawaban yang ideal. Di bagian atas halaman ini ada berbagai HDD merek Western Digital yang bisa Anda pilih.

  • Ukuran Hardisk Eksternal

Seberapa besar kapasitas penyimpanan yang Anda butuhkan untuk “mengawetkan” data dari komputer? Well, hanya Anda yang dapat menjawab pertanyaan ini dengan tepat.

Bila Anda lebih dominan oleh file dari Microsoft Office dan sejenisnya, maka tak perlulah menghabiskan uang lebih banyak untuk membeli hardisk eksternal berkapasitas lebih dari 500 GB. Setidaknya, hardisk eksternal berkapasitas 350 GB sudah cukup untuk menampung data ketikan Anda.

Tapi jika Anda adalah orang yang hobi mengoleksi musik dan film, maka pilihlah hardisk eksternal yang berkapasitas besar. Lebih besar lebih baik. Belum lagi bila Anda memiliki pekerjaan yang berhubungan dengan file media seperti rekaman video atau suara. Setidaknya, pilihlah hardisk eksternal yang berkapasitas 1 TB.

  • Tingkat Keamanan Hardisk Eksternal

Jika Anda sangat berorientasi pada keamanan hardisk eksternal, maka bacalah dengan teliti spesifikasi sekuritas dari perangkat itu. Terkadang sejumlah hardisk eksternal tidak memiliki sistem sekuritas yang memadai. Hardisk eksternal seperti itu hanya memberi layanan ruang penyimpanan.

Tapi, sejumlah hardisk eksternal lain menawarkan fitur sekuritas yang dapat meminimalisir kerusakan pada data. Bentuk keamanannya bisa berupa back-up otomatis dan sebagainya. Semakin menjanjikan sistem sekuritasnya, maka semakin mahal pula banderol hardisk eksternalnya.

  • Level Kecepatan Hardisk Eksternal

Ketika berbicara tentang kecepatan perpindahan data yang bisa dihantarkan, maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu tipe USB apa yang dipakai pada hardisk eksternal. Rata-rata hardisk eksternal saat ini masih menggunakan USB level 2.0.

Bila Anda ingin kecepatan yang lebih tinggi, maka pilihlah hardisk eksternal yang telah dilengkapi USB tipe 3.0. Hardisk eksternal Western Digital sendiri telah menggunakan USB tipe ini untuk mempersingkat waktu perpindahan data.

  • Jaringan Hardisk Eksternal

Jika Anda adalah orang yang termasuk dalam tipe pengguna komputer tunggal, maka tak perlu mengkhawatirkan berapa banyak jaringan yang bisa kompatibel dengan hardisk eksternal.

Tapi bila Anda adalah orang yang harus bekerja dengan banyak komputer, maka pertimbangkanlah hardisk eksternal yang memiliki kemampuan Network Attached Strorage (NAS).

Fitur ini dapat membuat back-up data dari sejumlah komputer dan mengizinkan akses secara bersamaan pada masing-masing komputer itu. Ibaratnya, hardisk eksternal Anda adalah induk penyimpanan data.

Karena fitur spesial itu, banderol harga hardisk eksternal tipe ini lebih mahal dibandingkan produk sejenis.

Tapi ingatlah, apapun hardisk eksternal yang Anda pilih, sesuaikanlah dengan kebutuhan real

Positif Seller NEW