Laptop merupakan perangkat elektronik yang cara kerjanya menyerupai komputer dengan ukuran yang lebih kecil dan mudah dibawa ke mana saja. Perangkat elektronik ini punya berbagai ukuran mulai dari 11 inch hingga yang paling besar 17 inch dengan bodi yang pipih. Tidak heran jika laptop kini sangat menunjang berbagai kegiatan seperti bekerja, belajar, hingga bersantai. Tertarik beli laptop baru? Temukan koleksi produk laptop terlengkap dari berbagai brand seperti Lenovo, Asus, HP dan lainnya di iPrice. Sebelum beli, simak juga informasi lengkap dan harga laptop paling update di sini:

Jenis Laptop | Spesifikasi Laptop yang Penting | Merk Laptop yang Bagus | Dapatkan Harga Laptop yang Lebih Murah

_

Daftar Harga Laptop Terbaik 2021

10 Produk Terbaik Harga Toko
ASUS VivoBook 14 A412FA Rp 5.099.000 Lazada
HP Notebook 14s-dk0073au Rp 3.099.000 Tokopedia
Lenovo IdeaPad Slim 3 Laptop Rp 5.150.000 Bukalapak
ASUS TUF Gaming FX505DY Rp 8.819.000 Tokopedia
Acer Aspire 3 A314-32 Rp 4.198.000 Tokopedia
Lenovo IdeaPad C340 Rp 7.000.000 Tokopedia
Apple MacBook Air 13-inch Rp 12.199.000 Lazada
Lenovo Ideapad S145 Rp 3.840.000 Tokopedia
Lenovo G40-45 Rp 3.382.500 Dimensi Data
Lenovo Ideapad S340 Rp 6.850.000 Bukalapak
Terpopuler
ASUS VivoBook 14 A412FA

Termurah di Lazada Rp 5.099.000 Kunjungi Toko

Temukan Laptop yang Terbaik dan Murah di iPrice Indonesia

Hampir semua orang telah menggunakan laptop untuk melakukan pekerjaan mereka. Perkembangan perangkat elektronik ini dapat dikatakan sangatlah pesat mengingat kebutuhan meningkat dan teknologi semakin canggih.

Kini kamu bisa menemukan berbagai macam laptop model terbaru hingga laptop murah dengan mudah di mana saja. Nah, jika kamu tertarik beli laptop dalam waktu dekat sebaiknya simak informasi lengkap di bawah ini dulu:

Sekilas Tentang Laptop

Laptop mempunyai fungsi hampir sama dengan komputer. Perbedaan yang sangat menonjol dengan komputer adalah dari bentuk dan desainnya yang lebih ramping dan ringan sehingga dapat dibawa kemanapun dan digunakan di manapun kamu berada. Berat produk ini sekitar 1 hingga 5 kg tergantung dari tipe, ukuran, bahan dasar, dan juga spesifikasi laptop itu sendiri. Sumber energinya ini berasal dari sebuah baterai yang terpasang pada bodi.

Sejarah Laptop

Sebelum memiliki bentuk yang ramping seperti saat ini, laptop memiliki bentuk yang tebal dan dinamakan komputer portable atau dynabook. Kepopuleran dynabook bermula pada tahun 1968. Kini, laptop didesain lebih ramping agar mudah dibawa ke mana saja mengingat mobilitas orang yang semakin tinggi setiap harinya.

Jenis Laptop

Ada beberapa tipe laptop di pasaran yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Beberapa di antaranya seperti:

Notebook

Notebook biasanya memiliki screen size 13 hingga 18 inci dengan berat sekitar 1.5 hingga 2 kg. Notebook biasanya dibekali spesifikasi yang mumpuni dari kapasitas RAM yang besar, kemampuan grafis yang oke hingga prosesor berperforma tinggi.

Ultrabook

Tipe laptop ini dikenal karena ukurannya yang tipis dan ringan sehingga praktis dibawa kemana-mana. Cocok untuk kamu pekerja atau pelajar yang punya mobilitas tinggi. Meskipun dimensinya lebih ringkas, tapi tipe laptop ini juga biasanya dibekali performa yang bisa mendukung kebutuhan pemakaian sehari-hari. Harga laptop tipe ini juga bervariasi tergantung brand hingga spesifikasi seperti prosesor dan fitur pelengkap lainnya.

Netbook

Netbook ini merupakan salah satu pelopor dari populernya jenis laptop yang dapat terkoneksi dengan internet. Nama Netbook ini sendiri juga berasal dari dua kata yaitu Internet dan juga Notebook. Netbook sebenarnya juga punya desain yang dirancang ringkas dengan bobot yang tidak terlalu berat. Ukuran layarnya biasanya kecil sekitar 6 hingga 13 inci dengan berat sekitar 2kg atau lebih.

Karena ukurannya yang lebih kecil, biasanya tipe ini tidak dilengkapi dengan CD Drive. Sementara dari sisi spesifikasi lainnya, biasanya netbook punya spesifikasi seperti RAM hingga kartu pengolah grafis yang tidak sebagus tipe notebook atau ultrabook lainnya. Karena spesifikasinya yang cukup standar, biasanya harga laptop tipe ini juga jadi lebih murah jika dibandingkan dengan notebook lainnya.

Laptop 2-in-1 / Convertible

Laptop satu ini merupakan laptop model gabungan laptop biasa dengan tablet PC. Laptop 2-in-1 ini biasanya dapat diputar 360 derajat dan dapat diubah menjadi beberapa posisi. Menariknya lagi, bagian layar dan keyboard ada yang dapat dilepas juga sehingga menjadi tablet. Tipe ini cukup populer di masa sekarang karena sangat memudahkan pekerjaan para profesional. Harga laptop tipe ini biasanya bervariasi tergantung merek hingga fitur lainnya yang ditawarkan.

Spesifikasi Laptop yang Penting

Sebelum membeli laptop, sebaiknya kamu memperhatikan keenam hal berikut ini:

  • CPU (Central Processing Unit): Komponen paling penting yaitu prosesor. Komponen ini berperan penting untuk menjalankan laptop.
  • RAM (Random Access Memory): Hardware yang mempengaruhi tingkat kecepatan proses data.
  • Storage Unit: Media penyimpanan data hasil olahan dari laptop.
  • Display: Komponen penting untuk memunculkan konten.
  • Kartu grafis: Komponen ini berfungsi untuk mengolah data seperti gambar atau video yang akan ditampilkan pada display.
  • Sistem Operasi: Mengelola software dan hardware.

Merk Laptop yang Bagus

Berikut daftar brand laptop yang bagus. Sangat cocok digunakan untuk pelajar hingga pekerja :

  • ASUS
  • HP
  • Acer
  • Lenovo
  • DELL
  • Apple
  • Samsung
  • Microsoft
  • Toshiba

Tips Memilih Laptop Terbaik

Selain harga laptop yang murah, ada beberapa hal lain yang sebaiknya kamu pertimbangkan saat membeli laptop yang terbaik. Berikut beberapa tips yang bisa kamu perhatikan agar tidak salah beli laptop ya:

Pilih Tipe Laptop dan Ukuran Layar

Tentukan tipe laptop yang kamu butuhkan. Kamu bisa menggunakan screen size sebagai panduan. Saat ini tersedia laptop dengan berbagai screen size seperti 11 inch hingga 17 inch. Untuk memilih pertimbangkan kebutuhan, misalnya untuk kamu yang punya mobilitas tinggi, tipe netbook dengan screen yang kecil bisa jadi opsi terbaik.

Sementara untuk kamu yang mencari laptop berperforma tinggi untuk kebutuhan desain grafis atau gaming, akan lebih baik memilih netbook yang lebih tebal agar mampu menyimpan komponen laptop yang lebih powerful.

Tentukan Kebutuhan Jenis dan Kapasitas Media Penyimpanan

Selanjutnya pilih tipe media penyimpanan yang sesuai dengan kebutuhan. Ada tipe harddisk yang biasanya punya kapasitas besar tapi dibanderol lebih terjangkau. Ada pula tipe SSD yang biasanya lebih kecil namun menawarkan kecepatan yang lebih tinggi dari harddisk. Itu sebabanya kalau kamu butuh laptop untuk kebutuhan desain grafis atau game pilih tipe SSD saja.

Meski begitu perlu diingat harga laptop dengan tipe SSD biasanya memang lebih mahal ya. Laptop dengan tipe storage SSD berkapasitas 512 GB misalnya bisa jadi lebih mahal dari laptop standar dengan tipe harddisk yang sudah berkapasitas 2 TB.

Pilih yang Kinerja Prosesornya Sesuai dengan Kebutuhan.

Saat ini kamu bisa menemukan prosesor keluaran Intel hingga AMD yang hadir dalam berbagai seri seperti Core i3, Core i5, Core i5, Core i9, AMD A-series, hingga AMD Ryzen series. Masing-masing dirancang untuk keperluan yang berbeda.

Saat memilih tidak hanya perlu memperhatikan serinya, namun juga generasinya ya. Generasi yang terbaru tentu menawarkan performa yang biasanya lebih baik dibanding pendahulunya meskipun masih dalam tipe atau seri yang sama.

Jangan lupakan juga untuk mempertimbangkan Core atau inti processor. Semakin banyak core, maka processor biasanya punya performa yang bisa diandalkan untuk kebutuhan multitasking.

Pilih Kapasitas RAM yang Mendukung

Tidak hanya processor, RAM juga mempengaruhi kinerja laptop. Karena itu pastikan kapasitasnya mampu mendukung kinerja yang dibutuhkan. Biasanya semakin besar kapasitas RAM maka semakin mampu laptop menjalankan aplikasi berat seperti game.

Cek Daya Tahan Baterai dan Pilih Sesuai Kebutuhanmu

Ketahanan baterai memang dipengaruhi lagi dengan pemakaian laptop hingga jenis prosesor yang digunakan. Tapi untuk dukung kebutuhan pemakaian sehari-hari akan lebih baik jika kamu mempertimbangkan laptop dengan kapasitas dan daya tahan baterai yang maksimal.

Pertimbangkan Kelengkapan Konektifitas

Selain WiFi, pilih laptop yang dilengkapi port USB dan port pendukung lain seperti LAN hingga HDMI/VGA. Jika tidak lengkap misalnya karena desain yang tipis tidak memungkinkan penempatan port atau USB yang banyak, kamu bisa mempertimbangkan tambahan dongle sebagai ekstensi port-nya.

Di luar beberapa hal ini, kamu juga bisa pertimbangkan desain sesuai selera, hingga cek juga kualitas layar dan keyboard supaya kamu tahu apakah produk tersebut nyaman digunakan.

Dapatkan Harga Laptop dengan Lebih Murah

Tidak hanya menawarkan koleksi laptop dari berbagai merek terkenal seperti Lenovo, Acer hingga HP, di iPrice kamu juga bisa beli laptop dengan lebih murah. Caranya mudah! Cukup pilih laptop yang kamu mau, lalu gunakan fitur pembanding harga yang tersedia untuk menemukan penawaran harga laptop yang paling murah dari berbagai e-commerce se-Indonesia.

Kalau kamu punya kupon diskon dari iPrice kamu juga bisa menggunakannya untuk mendapatkan total harga yang semakin rumah lagi. Tunggu apalagi! Yuk, buruan belanja sekarang!

NEW